Connect with us

Market

Harga Bitcoin Gagal Bertahan di Level US$ 28K, Disebabkan Faktor Ini

Published

on

Ilustrasi bear market. Sumber: Shutterstock.

Setelah awal yang kuat di bulan Oktober dan melewati US$ 28,000, harga Bitcoin (BTC) telah memasuki retracement besar dengan penurunan sebesar 1,87% dan diperdagangkan sekitar US$ 27.576 pada waktu berita ini dimuat. Penurunan harga baru-baru ini terjadi karena lonjakan imbal hasil obligasi telah mengurangi permintaan akan investasi berisiko.

Pada hari Senin (2/10), Bitcoin melampaui angka US$ 28.500, didorong oleh meningkatnya optimisme mengenai adopsi kripto yang lebih luas setelah peluncuran dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) AS berdasarkan kontrak berjangka Ethereum. Namun, produk-produk ini tidak menghasilkan antusiasme sebesar produk-produk Bitcoin yang diperkenalkan pada tahun 2021.

Berbicara tentang perkembangannya, Cici Lu McCalman, pendiri penasihat blockchain Venn Link Partners berkata :

“Peningkatan harga hanya berlangsung singkat karena kondisi makro masih hawkish terhadap suku bunga. Kenaikan imbal hasil Treasury AS membebani Bitcoin.”

Imbal Hasil Obligasi AS

Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Daftar Kripto yang Potensi Naik dan Turun di Bulan Oktober 2023

Imbal hasil (yield) Treasury AS tenor 10-tahun mendekati tingkat yang belum pernah terjadi sejak tahun 2007, mencerminkan meningkatnya antisipasi terhadap kenaikan suku bunga jangka panjang oleh Federal Reserve (The Fed) untuk memerangi inflasi. Kondisi keuangan yang lebih ketat ini menimbulkan tantangan bagi aset seperti saham dan kripto.

Menurut Presiden The Fed Cleveland, Loretta Mester, ada kemungkinan menaikkan suku bunga Fed sekali lagi pada tahun ini. Dia menekankan bahwa keputusan kebijakan akan dipengaruhi oleh kemajuan aktual menuju tujuan mandat ganda The Fed.

Advertisement

Hal tersebut termasuk mengevaluasi apakah kemajuan substansial dalam inflasi di AS yang diamati selama tiga bulan terakhir terus berlanjut dan apakah kondisi pasar tenaga kerja, meskipun moderat, tetap kuat.

Ada Nasib Baik Buat Bitcoin Kali Ini?

Secara historis, kuartal keempat merupakan periode yang baik bagi Bitcoin (BTC) dan pasar kripto yang lebih luas untuk jangka waktu yang lama. Bitcoin telah mengalami lonjakan nilai sebesar 67% pada tahun ini, menandai pemulihan sebagian dari penurunan signifikan pada tahun 2022. Namun, nilai tersebut masih jauh dari nilai tertinggi sepanjang masa sebesar US$ 69.000 yang dicapai selama pandemi.

Analis merasa nyaman dengan tren musiman historis Bitcoin, dengan Oktober secara historis menjadi bulan yang kuat untuk mata uang kripto. Selama dekade terakhir, Bitcoin rata-rata mengalami peningkatan sebesar 24% di bulan Oktober, berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Ilustrasi aset kripto Bitcoin dan XRP. Sumber: FX Empire.
Ilustrasi aset kripto Bitcoin dan XRP. Sumber: FX Empire.

Baca juga: ETF Ethereum Futures Pertama Resmi Disetujui SEC, Harga ETH Naik?

Menurut Kaiko, dominasi Bitcoin dalam lanskap perdagangan kripto AS semakin meningkat, menyumbang 71% volume perdagangan di bursa Amerika pada bulan September. Angka ini melampaui angka 66% yang tercatat selama turbulensi perbankan di bulan Maret.

Salah satu kemungkinan alasan pergeseran ini adalah pedagang institusional berpotensi beralih ke Bitcoin karena meningkatnya imbal hasil riil dan memburuknya sentimen risiko global, seperti yang dikemukakan oleh Kaiko.

Pada hari Senin, Bitcoin memberikan terobosan kuat di atas US$ 28.000 meningkatkan harapan untuk reli berikutnya ke US$ 31.000 . Namun, penurunan hari Selasa (3/10) ini di bawah US$ 27.900 menunjukkan bahwa kenaikan tidak sepenuhnya terkendali.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

Advertisement

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apa pun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas berisiko tinggi.

Popular