Connect with us

Market

Daftar Kripto yang Potensi Naik dan Turun di Bulan Oktober 2023

Published

on

Ilustrasi aset kripto

Pasar kripto menyambut gembira bulan Oktober 2023 dengan harapan bisa terjadi momen bullish yang cukup lama. Dibanding bulan sebelumnya, September yang relatif netral untuk pasar kripto. Hal ini terlihat dalam kasus Bitcoin (BTC) dan berbagai altcoin.

Oktober diharapkan menjadi bulan yang lebih positif untuk altcoin yang memiliki potensi untuk masuk ke momen bullish. Bahkan beberapa di antara altcoin teratas dapat mencapai level tertinggi (all-time high/ATH) baru sepanjang masa.

Meskipun begitu di sisi lain, bulan Oktober yang dimulai dengan peningkatan yang signifikan, ada sejumlah kripto yang juga potensi bearish, karena memiliki pandangan negatif dan menunjukkan bahwa kondisi terburuk masih akan datang.

Berikut adalah daftar aset kripto yang potensi naik dan turun di Oktober 2023 yang dikutip dari BeInCrypto.

Daftar Kripto Potensi Bullish

Injective (INJ)

Grafik 3 Hari INJ/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik 3 Hari INJ/USDT. Sumber: TradingView.

Harga INJ mengalami kenaikan signifikan sejak awal tahun. Pergerakan ke atas menyebabkan penembusan garis tren resistensi menurun, yang sebelumnya telah terjadi sejak titik tertinggi sepanjang masa. Setelah itu, altcoin mencapai level tertinggi tahunan baru di US$ 9,97 pada bulan April.

Sejak itu, harga Injective telah berkonsolidasi di dalam segitiga simetris, yang dianggap sebagai pola netral . Namun, karena segitiga terjadi setelah pergerakan ke atas, penembusan dari segitiga tersebut adalah skenario harga yang paling mungkin terjadi di masa depan.

Selain itu, jumlah Eliott Wave mendukung peningkatan yang berkelanjutan. Untuk menentukan arah suatu tren, analis teknikal menggunakan teori Elliott Wave, yang melibatkan mempelajari pola harga jangka panjang yang berulang dan psikologi investor.

Jika hitungannya benar, maka harga INJ mendekati akhir gelombang keempat, setelah itu diperkirakan akan terjadi kenaikan kelima dan terakhir. Prediksi harga INJ yang bullish ini akan menjadi tidak valid jika tembusnya garis support segitiga di US$ 6,50. Jika hal ini terjadi, INJ bisa turun 40% menjadi US$ 4,25.

Advertisement

OKB (OKB)

Grafik Harian OKB/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik Harian OKB/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Tentukan Arah Harga Bitcoin di Oktober 2023: Menuju Rp 465 Juta?

Pergerakan harga OKB mirip dengan INJ, terutama karena jumlah gelombangnya. Dengan cara yang sama seperti Injective, harga diperdagangkan di dalam segitiga simetris, yang kemungkinan merupakan gelombang empat dari lima gelombang pergerakan ke atas.

Harga dengan cepat mendekati akhir pola, yang pada saat itu kemungkinan besar akan terjadi pergerakan yang menentukan. Jika ini terjadi, kemungkinan area puncak berikutnya adalah US$ 72. Targetnya ditemukan dengan memproyeksikan panjang segitiga ke level breakout (garis putih) dan retracement Fib eksternal 1.61 dari penurunan terbaru. Targetnya 67% di atas harga saat ini.

Toncoin (TON)

Grafik Mingguan TON/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik Mingguan TON/USDT. Sumber: TradingView.

Harga TON telah berada di bawah garis tren resistensi menurun sejak awal tahun. Hal ini menyebabkan level terendah US$ 0,96 pada 11 Juni. Namun, harga menciptakan sumbu bawah yang sangat panjang (ikon hijau) dan terus meningkat sejak saat itu. Pada bulan September, TON keluar dari garis resistensi menurun yang disebutkan di atas, mencapai level tertinggi US$ 2,60.

Jika kenaikan terus berlanjut, perpanjangan Fib 1.61 dari penurunan terbaru adalah US$ 4,08. Ini adalah 85% di atas harga saat ini dan sedikit di bawah harga tertinggi sepanjang masa di US$ 4,90. Jika reli kehilangan momentum, TON bisa turun 27.50% dan mencapai garis resistance menurun di US$ 1,60.

Daftar Kripto Potensi Bearish

Apecoin (APE)

Grafik Harian APE/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik Harian APE/USDT. Sumber: TradingView.

Harga APE telah jatuh di bawah garis tren resistensi menurun sejak 12 April. Garis tren telah divalidasi berkali-kali, terakhir pada tanggal 14 Agustus (ikon merah). Penolakan tersebut mempercepat laju penurunan dan menyebabkan titik terendah baru sepanjang masa di US$ 1,06 pada tanggal 17 September. Sejak saat itu, harga telah meningkat.

Meski meningkat, APE belum mencapai garis tren resistance menurun. Selain itu, ia diperdagangkan di bawah area horizontal US$ 1,40, yang kemungkinan akan memberikan resistensi. Namun, jika harga gagal menembus resistance US$ 1,40, harga dapat turun sebesar 12% dan jatuh ke area support horizontal US$ 1,05 .

Chiliz (CHZ)

Grafik Harian CHZ /USDT. Sumber: TradingView.
Grafik Harian CHZ /USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Trader Sebut 2 Token Kripto Potensi Naik 24% pada Pekan Ini, Apa Itu?

Sama halnya dengan APE, harga CHZ telah jatuh di bawah garis tren resistensi menurun sejak awal tahun. Penurunan tersebut mencapai titik terendah US$ 0,055 pada 11 September. Harga melambung setelahnya dan terus meningkat sejak itu.

Chiliz hampir mencapai resistensi horizontal utama di US$ 0,065. Area tersebut kadang-kadang bertindak sebagai support dan resistance sejak bulan Juni. Jadi, sangat penting bagi harga untuk melewatinya agar tren dianggap bullish.

Penolakan dari area US$ 0,065 kemungkinan besar akan menyebabkan penurunan 10% hingga support terdekat di US$ 0,057.

Advertisement

EOS (EOS)

Grafik Mingguan EOS/USD. Sumber: TradingView.
Grafik Mingguan EOS/USD. Sumber: TradingView.

Harga EOS telah menurun di bawah garis resistensi menurun sejak Juni 2021. Baru-baru ini, harga tersebut ditolak oleh garis tersebut pada bulan April 2023 dan mempercepat laju penurunannya.

Kemudian, harga turun dari area support horizontal US$ 0,90 di bulan Juni. Terobosan tersebut menyebabkan harga terendah US$ 0,50 di bulan Agustus, hanya sedikit di atas harga terendah sepanjang masa di US$ 0,47.

Jika harga EOS menembus area US$ 0,50, harga bisa turun sebesar 80% dan mencapai support Fib berikutnya di US$ 0,12. Namun, jika harga tembus, harga bisa naik 50% ke area US$ 0,90.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apa pun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas berisiko tinggi.

Popular