Connect with us

Market

Harga Bitcoin Sempat Naik Mendekati Level US$ 26K, tapi Tak Bertahan

Published

on

Bitcoin zona merah

Harga Bitcoin (BTC) sempat melonjak sekitar 2% pada Kamis (7/9) dini hari hingga mendekati level US$ 26.000. Namun, lonjakan ini tidak berlangsung lama, apa penyebabnya?

Mendekati posisi terendah enam bulan di awal sesi, harga Bitcoin dengan cepat melonjak dengan kenaikan di atas US$ 25.900. Sentimen positif pendorongnya adalah kabar dari Financial Accounting Standards Board (FASB) yang menyetujui apa yang dipandang sebagai perlakuan akuntansi yang menguntungkan bagi perusahaan yang menyimpan kripto di neraca mereka dan ARK Invest menyerahkan dokumen pengajuan untuk ETF Ethereum spot.

Namun, reli tersebut dengan cepat memudar, dengan Bitcoin melepaskan semua kenaikan sesinya dan kembali ke bawah US$ 25.700, kira-kira pada level 24 jam yang lalu. Ether mengikuti aksi harga yang sama dan juga datar di US$ 1.630.

Berita Ekonomi masih Bearish

Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Lebih dari 40 Ribu Miliarder Kripto di Seluruh Dunia Memegang Bitcoin

Dikutip CoinDesk, pasar kripto berada di bawah tekanan pada Kamis (7/9) pagi setelah Institute for Supply Management (ISM) untuk bulan Agustus lebih kuat dari perkiraan 54,5. Angka tersebut naik dari sebelumnya 52,7 dan melampaui perkiraan ekonom sebesar 52,5.

Berita tersebut merupakan konfirmasi lebih lanjut bahwa perekonomian AS terus berkembang, sehingga tidak perlu lagi Federal Reserve mempertimbangkan pelonggaran kebijakan moneter. Hal ini menyebabkan suku bunga lebih tinggi dan harga Bitcoin turun di bawah US$ 25.400.

Saham-saham utama AS dan Bitcoin menunjukkan penurunan menyusul pernyataan Presiden Federal Reserve Boston, Susan Collins yang mengisyaratkan kenaikan suku bunga lebih lanjut.

Sektor teknologi, yang sebagian besar terwakili di S&P 500 dan Nasdaq, sangat terkena dampaknya karena sensitivitasnya terhadap perubahan suku bunga. Di tengah ketidakpastian ekonomi dan kekhawatiran inflasi, investor memantau dengan cermat keputusan Federal Reserve, yang memengaruhi perilaku pasar kripto.

Advertisement

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi.

Popular