Connect with us

Altcoin News

Harga XRP Naik 100% Setelah Ripple Menang Lawan SEC

Published

on

Ilustrasi aset kripto XRP. Sumber: FX Empire.

Harga XRP dilaporkan melonjak hingga 100% setelah Ripple dinyatakan menang melawan gugatan Securities and Exchange Commission (SEC) pada Kamis (13/7) malam. Hakim Federal Distrik Selatan New York menolak gugatan SEC terhadap Ripple dan menyatakan bahwa XRP bukan sekuritas seperti yang dituduhkan.

Menurut laporan, seorang hakim di Distrik Selatan New York telah memutuskan bahwa penjualan XRP oleh Ripple bukan merupakan tawaran kontrak investasi. Ini tampaknya menjadi kemenangan besar bagi perusahaan, karena kasus ini telah berlangsung selama lebih dari tiga tahun. Putusan ini secara efektif membebaskan sebagian besar operasi Ripple dari larangan SEC.

“Penilaian hari ini merupakan langkah maju yang besar bagi industri ini,” kata Chris Martin, kepala penelitian di Amberdata, kepada CNBC.

“Dengan menilai bahwa XRP bukanlah sekuritas, kami mulai mendapatkan kejelasan tentang apa yang dimaksud dengan sekuritas dan apa yang merupakan komoditas — SEC harus merevisi taktik mereka pada beberapa kasus yang sedang berlangsung dan saya berharap keputusan ini akan melibatkan beberapa token lain sebagai non-sekuritas.”

Harga XRP Meroket

Grafik harian XRP/USDT. Sumber: CoinMarketCap.
Grafik harian XRP/USDT. Sumber: CoinMarketCap.

Baca juga: Elon Musk Rilis Project Baru, Token Kripto AI Ini Langsung Naik

Dalam industri kripto, keputusan ini menandai momen penting. Kemampuan Ripple untuk menjunjung tinggi legalitas penjualan XRP melawan SEC memperkuat ketahanan pasar kripto. Itu bahkan memicu antusiasme investor dan akibatnya mendorong kenaikan harga XRP sebesar 100%, dari US$ 0,47 menjadi US$ 0,87 pada Jumat (14/7) dinihari.

Menurut data CoinGecko, harga XRP meledak setelah berita tersebut tersebar dan naik 100% pada jam-jam berikutnya, mencapai level tertinggi 24 jam di US$ 0,87.

Kenaikan ini memberi harapan kepada investor kripto, yang menghela nafas lega bahwa altcoin lain mungkin juga tidak dianggap sebagai sekuritas. Beberapa altcoin pun mengalami kenaikan, seperti Poligon (MATIC) naik 17,82%, Litecoin (LTC) dan Solana (SOL) melonjak 18,35%, dan Cardano (ADA) naik 20,31%.

Advertisement

Sementara, Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) mendapat dorongan juga, masing-masing naik lebih dari 4% dan 6%. Harga Bitcoin mengikuti jejak XRP dengan mengumpulkan hampir US$ 32.000. Meskipun lonjakan bullish awal dipicu oleh permintaan exchange-traded fund (ETF) Bitcoin spot, data ekonomi makro baru-baru ini tidak mendukung aset berisiko.

Coinbase dan Kraken Relisting XRP

Bitcoin, Ethereum, XRP
Ilustrasi aset kripto ripple (XRP), Bitcoin (BTC), dan Ethereum (ETH)..

Baca juga: Rahasia Sukses: Beli Bitcoin Sebelum Halving, Jual Setelah 2 Tahun

Coinbase, yang sebelumnya menghapus XRP di platform perdagangannya, men-tweet pada Kamis malam bahwa sekarang akan mengizinkan perdagangan aset itu lagi. Keputusan dari Coinbase datang saat bursa lain, termasuk Gemini, mempertimbangkan apakah akan mendaftarkan kembali XRP.

Kraken juga akan mendaftarkan kembali XRP untuk trader di Amerika Serikat. Perdagangan melalui aplikasi Kraken dan pembelian instan akan tersedia setelah kondisi likuiditas terpenuhi, kata bursa dalam posting blog mereka. Ini akan diperdagangkan melawan semua pasangan fiat serta ETH, BTC, dan USDT.

Di sisi lain, saham Coinbase, yang diperdagangkan di bawah ticker COIN, naik 25% menjelang penutupan. Saham mendekati level tertinggi 52 minggu di US$ 116.

Selama sebulan terakhir, COIN telah meroket hampir 99% setelah beberapa pengajuan ETF bitcoin spot dari raksasa keuangan tradisional BlackRock, Fidelity, dan WisdomTree. Coinbase dan Cboe “mencapai kesepakatan tentang persyaratan” untuk membuat perjanjian berbagi pengawasan untuk mengajukan banding ke SEC.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Advertisement

Popular