Connect with us

Altcoin News

Bisakah Harga XRP Capai US$ 1? Selanjutnya Perhatikan Level Ini

Published

on

Ilustrasi aset kripto Ripple (XRP).

Aset kripto XRP tidak diragukan lagi telah menjadi berita terpanas selama beberapa minggu terakhir. Harga XRP naik hampir dua kali lipat setelah kemenangan resmi Ripple melawan US Securities and Exchange Commission (SEC). Tapi bisakah reli berlanjut setelah hampir mencapai US$ 1 atau sekitar Rp 15.000?

Dikutip Cointelegraph, harga XRP turun dikisaran US$ 0,76 setelah sebelumnya meroket didorong keputusan pengadilan federal menyatakanbahwa penjualannya di bursa kripto mematuhi undang-undang sekuritas Amerika Serikat.

Pada 14 Juli, harga XRP turun sekitar 10% menjadi US$ 0,76, tetapi dibandingkan dengan harga terendahnya pada hari sebelumnya, masih naik sekitar 65%. Sementara, pada level tertinggi dalam 24 jam terakhir, pasangan XRP/USD mencapai US$ 0,93, level terbaiknya sejak Desember 2021, hanya sedikit menyentuh angka US$ 1.

Reli XRP

Grafik harga harian XRP/USD. Sumber: TradingView.
Grafik harga harian XRP/USD. Sumber: TradingView.

Baca juga: Pasar Kripto Kembali Bergeliat Didorong Kemenangan Ripple

Indikator tertentu menunjukkan bahwa kenaikan harga XRP yang sedang berlangsung mungkin bukan hanya reaksi jangka pendek terhadap berita positif Ripple.

Misalnya, durasi reli besar-besaran XRP bertepatan dengan volume perdagangannya yang mencapai level tertinggi 10 bulan. Sementara itu, jumlah transaksi whale XRP — wallet yang menampung lebih dari US$ 100.000 — naik ke level terbaiknya pada tahun 2023, menunjukkan bahwa investor terkaya mendukung reli XRP.

“Jika wallet whale utama meningkatkan pasokan mereka ke reli ini, maka itu adalah sinyal bayangan bahwa reli mungkin baru saja dimulai, dan itu pertanda akan datangnya hal-hal baik,” kata Brian Q, seorang analis di Santiment.

Selain itu, kenaikan harga XRP sejalan dengan kenaikan pasokan yang dipegang oleh entitas dengan saldo token 100.000–10 juta. Dengan kata lain, whale tidak menjual token saat reli tetapi mengumpulkan XRP, menyarankan sebagian besar ingin memposisikan diri untuk keuntungan lebih lanjut.

Advertisement
Pasokan XRP dipegang oleh paus. Sumber: Santiment.
Pasokan XRP dipegang oleh whale. Sumber: Santiment.

XRP Capai US$ 1?

Dari sudut pandang teknis, XRP dapat menguji level kunci US$ 1 dalam beberapa hari mendatang, tetapi potensinya untuk melanjutkan reli di luarnya terlihat lemah untuk saat ini. Khususnya, pullback pada 14 Juli terjadi di dekat pertemuan resistance yang terdiri dari garis tren horizontal multi-tahun.

Selain itu, relative strength index (RSI) mingguan XRP telah berubah menjadi overbought, meningkatkan prospek koreksinya. Jika pullback terjadi, risiko harga XRP turun menuju dukungan garis tren naik multitahun di dekat US$ 0,45 pada bulan September, turun sekitar 55% dari level harga saat ini.

Grafik harga mingguan XRP/USD. Sumber: TradingView.
Grafik harga mingguan XRP/USD. Sumber: TradingView.

Baca juga: Mengenal Aset Kripto Pendle (PENDLE) dan Potensinya

Target harga lainnya termasuk rata-rata pergerakan eksponensial EMA 50 minggu di dekat US$ 0,48 dan EMA 200 minggu di dekat US$ 0,50. Di sisi lain, RSI overbought juga dapat mengakibatkan harga XRP berkonsolidasi sideways di dalam kisaran US$ 0,75–US$ 1.

Jika harga XRP secara meyakinkan menembus di atas US$ 1, maka target harga berikutnya pada bulan September kemungkinan besar akan mendekati US$ 1,35, level resistensi dari sesi Agustus hingga Desember 2021.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular