Connect with us

Market

Katalis Kripto Pekan Ini: Fokus Beralih ke Data Inflasi AS dan FOMC

Published

on

Ilustrasi data inflasi dan Bitcoin. Sumber: Securities.io.

Pasar kripto sedang bersiap untuk minggu besar ke depan karena semua mata kini tertuju pada berita data inflasi AS dan FOMC yang akan datang. Penurunan tajam Bitcoin baru-baru ini dari US$ 43.000 menjadi kisaran US$ 42.000, digadang-gadang karena dua sentimen tersebut.

Pasar Kripto Siap Bergejolak

Pekan ini diperkirakan akan cukup bergejolak bagi investor kripto, yang sedang mempersiapkan dua peristiwa ekonomi besar yang masih akan terjadi pada tahun 2023.

Fokus agenda ekonomi adalah rilis laporan inflasi harga konsumen AS untuk bulan November pada hari Selasa (12/12). Prediksi menunjukkan bahwa laporan ini akan menunjukkan berlanjutnya perlambatan pada Consumer Price Index (CPI) tahunan.

Selain itu, hari Rabu (13/12) menandai pertemuan terakhir Federal Reserve atau The Fed tahun ini, di mana mereka akan mengumumkan keputusan suku bunganya. Konsensus di kalangan investor adalah bahwa bank sentral kemungkinan akan mempertahankan status quo, karena ada keyakinan umum bahwa The Fed telah menyelesaikan langkah-langkah pengetatan moneternya.

Mengingat faktor-faktor ini, minggu depan diperkirakan akan membawa fluktuasi signifikan pada Bitcoin, dengan efek yang dapat dirasakan selama beberapa bulan.

Laporan CPI AS: 12 Desember

Ilustrasi inflasi AS. Foto: Reuters.
Ilustrasi inflasi AS. Foto: Reuters.

Baca juga: VanEck Prediksi Bitcoin Capai ATH Baru Akhir Tahun 2024

Dilaporkan Coinpedia, data inflasi CPI AS minggu ini menjadi semakin penting, terutama karena investor semakin mengantisipasi penurunan suku bunga The Fed pada bulan Maret 2024.

Menurut perkiraan, indeks harga konsumen diperkirakan menunjukkan sedikit peningkatan sebesar 0,1% pada bulan tersebut, menyusul angka yang stagnan di bulan Oktober. Tingkat inflasi tahunan yang diproyeksikan diperkirakan sekitar 3,1%, sedikit menurun dari tingkat 3,2% yang dilaporkan pada bulan sebelumnya.

Advertisement

Jika data inflasi menunjukkan tingkat inflasi sebesar 3% atau lebih rendah, yang lebih dingin dari perkiraan, hal ini kemungkinan akan menambah harapan penurunan suku bunga. Sebaliknya, jika tingkat inflasi melonjak secara tidak terduga, hal ini dapat memaksa The Fed untuk melanjutkan upayanya dalam memerangi inflasi.

Artinya, jika data CPI menunjukkan inflasi sebesar 3% atau lebih rendah, yang menandakan bahwa inflasi melambat lebih dari yang diperkirakan, hal ini dapat meningkatkan ekspektasi penurunan suku bunga. Skenario ini dapat menyebabkan peningkatan di pasar kripto, karena investor mungkin mengejar keuntungan yang lebih tinggi pada aset berisiko seperti kripto.

Pertemuan FOMC: 13 Desember

konsensus pasar kini condong ke arah akhir kenaikan suku bunga. Sumber: CME Fedtools.
konsensus pasar kini condong ke arah akhir kenaikan suku bunga. Sumber: CME Fedtools.

Baca juga: Harga LUNC: Akankah Luna Classic Mencapai Harga US$ 1?

Pada pertemuan bulan Desember, Federal Open Market Committee (FOMC) kemungkinan akan mempertahankan suku bunga tidak berubah pada 5,25-5,50%. Meskipun sebelumnya ada indikasi kemungkinan pengetatan lebih lanjut, konsensus pasar kini condong ke arah akhir kenaikan suku bunga.

Perhatian kini beralih ke arah kapan The Fed akan mulai menurunkan suku bunganya, dan beberapa pihak memperkirakan pemotongan suku bunga akan dilakukan paling cepat pada bulan Mei 2024, meskipun The Fed mungkin akan berhati-hati dalam memberi sinyal akan tindakan tersebut karena kekhawatiran terhadap inflasi yang sedang berlangsung. Fokus pada pertemuan bulan Desember adalah pada petunjuk penurunan suku bunga di masa depan, karena inflasi diperkirakan masih tetap di atas target 2% hingga setidaknya tahun 2025.

Hal ini mungkin tidak berdampak pada pasar kripto. Namun, setiap petunjuk mengenai penurunan suku bunga dapat mengarah pada prospek kebijakan moneter yang lebih dovish. Suku bunga yang lebih rendah umumnya mengurangi daya tarik aset yang menghasilkan imbal hasil, membuat investasi yang lebih berisiko seperti kripto menjadi lebih menuntut.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading  di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading  jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Advertisement

Popular