Connect with us

Bitcoin News

Ketua Fed Powell: Bitcoin Memiliki ‘Kekuatan Tetap’ Sebagai Kelas Aset

Published

on

Ketua The Fed, Jerome Powell. Foto: Getty Images.

Ketua The Fed, Jerome Powell meyakini bahwa kripto termasuk Bitcoin (BTC) tampaknya harus tetap berkuasa sebagai kelas aset. Powell membahas hal tersebut di hadapan House Financial Services Committee di Capitol Hill pada Rabu (21/6) waktu setempat.

Dalam dengar pendapat semi-tahunan tentang kebijakan moneter, ketua Federal Reserve hadir di hadapan Komite Jasa Keuangan DPR. Meskipun dia hadir terutama untuk membahas jeda baru-baru ini tentang kenaikan suku bunga yang diberlakukan oleh The Fed, diskusi tersebut dengan cepat beralih ke aset digital.

Dikutip Watcher Guru, Powell mencatat dalam kesaksiannya bahwa “kripto tampaknya memiliki kekuatan bertahan sebagai kelas aset.” Selain itu, Powell juga membahas stablecoin, mencatatnya sebagai bentuk uang yang layak, sementara juga membahas regulasi aset oleh bank sentral.

Pandangan The Fed

Ilustrasi Bank Sentral AS, The Fed. Foto: Shutterstock.
Ilustrasi Bank Sentral AS, The Fed. Foto: Shutterstock.

Baca juga: Bitcoin Tembus Rp 447 Juta untuk Pertama Kali Sejak April, Terus Bullish?

“Kami memang melihat stablecoin pembayaran sebagai bentuk uang, dan di semua negara maju, sumber utama kredibilitas uang adalah bank sentral,” kata Powell. “Kami percaya akan pantas untuk memiliki peran federal yang cukup kuat.”

Selain itu, Powell mencatat bahwa Fed memiliki anggota staf yang telah berpartisipasi dalam diskusi terkait regulasi aset digital. Sebaliknya, dia membahas pengembangan CBDC , yang telah menjadi topik diskusi populer setelah kedatangan sistem FedNow. Powell menyatakan bahwa “kita masih jauh dari ini”.

Semua pernyataan yang diberikan oleh ketua Fed tampaknya sejalan dengan penerimaan aset digital. Selain itu, mereka menegaskan bahwa Fed merangkul kelas aset, dan berusaha menerapkannya dalam tindakan di masa mendatang. Mengamati cara-cara di mana ia bergerak maju dengan kehadirannya yang terjamin.

Harga Kripto Naik

Bersamaan dengan keluarnya pernyataan Powell, pasar kripto mengalami kenaikan yang signifikan. Bitcoin melonjak lebih dari US$ 30.700 sebelum menetap mendekati US$ 30.000 karena investor menikmati berita tentang pengajuan ETF Bitcoin beberapa perusahaan keuangan tradisional.

Advertisement

Setelah berminggu-minggu suram, Bitcoin melonjak untuk hari kedua berturut-turut karena investor mendapatkan kepercayaan dari aplikasi ETF BTC spot oleh BlackRock dan perusahaan manajemen aset besar lainnya.

Harga Bitcoin Bergerak Agresif
Harga Bitcoin Bergerak Agresif.

Baca juga: Deutsche Bank hingga Fidelity Bikin Bitcoin Bergairah, Optimis Naik Tinggi

Aset kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar baru-baru ini diperdagangkan sekitar US$ 30.140, naik hampir 5 persen selama 24 jam terakhir. BTC terakhir menembus ambang batas US$ 30.000 pada bulan April.

Bitcoin mulai naik pada hari Selasa (20/6) setelah liburan akhir pekan Juneteenth yang panjang di AS, karena pasar lebih sepenuhnya mencerna dampak dari pengajuan BlackRock. Kemudian pada hari itu, pengajuan ulang Bitcoin spot oleh Invesco dan WisdomTree semakin mencerahkan suasana, menawarkan bukti terbaru dari minat investor institusional yang tumbuh di ruang kripto bahkan ketika pasar telah berjuang di tengah lingkungan peraturan yang tidak pasti, inflasi yang mengganggu, dan kesengsaraan ekonomi makro lainnya.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular