Connect with us

Market

Memecoin di Ekosistem Solana tetap Hijau Meskip Harga Bitcoin Turun

Published

on

Ilustrasi Solana. Sumber: Getty Images.

Hampir setiap sudut pasar kripto telah terkoreksi pada bulan April, tetapi memecoin di ekosistem Solana tampaknya menunjukkan jalur yang berbeda.

Memecoin di ekosistem Solana menentang tren penurunan bearish baru-baru ini di pasar kripto dengan berhasil menghasilkan keuntungan dua digit.

Menurut data CoinGecko, total kapitalisasi pasar memecoin di Solana telah meningkat secara signifikan dalam 24 jam terakhir, naik 4.2% menjadi US$8,261 miliar.

Bonk (BONK) memperoleh keuntungan terbesar, naik 74,62% selama 7 hari terakhir dan 8.5% dalam 24 jam terakhir. Popcat (POPCAT) diikuti dengan kenaikan dua digit sebesar 30.7% selama 24 jam terakhir dan 214% selama tujuh hari terakhir.

Token meme berbasis Solana berdasarkan nilai pasar — ​​Dogwifhat (WIF) — mengalami kenaikan harga sebesar 1,4% dan kenaikan 5% dalam satu jam, menjadikan kapitalisasi pasarnya menjadi $3,185 miliar. Khususnya, WIF masih menyumbang hampir setengah dari total pangsa pasar memecoin Solana.

Banyak analis kripto percaya bahwa memecoin biasanya melonjak saat diluncurkan dan anjlok tajam ketika harga BTC anjlok. Menurut laporan terbaru oleh CoinGecko, sektor memecoin telah muncul sebagai narasi paling menguntungkan tahun ini.

Mert Mumtaz, salah satu pendiri dan CEO Helius Labs menunjukkan pentingnya memecoin bagi industri dan jaringan yang menampungnya, dengan mengatakan bahwa memecoin bagus untuk “mendapatkan kripto ke tangan lebih banyak orang” dan untuk menguji stres jaringan.

Advertisement

“Memecoin telah meningkatkan Solana 10x dalam jangka panjang, seperti yang dilakukan NFT pada tahun 2021,” jelas Mumtaz dikutip Cointelegraph.

Aktivitas Jaringan Solana Melonjak

Volume transaksi di Solana. Sumber: DefiLlama.
Volume transaksi di Solana. Sumber: DefiLlama.

Baca juga: Potensi Pendorong Harga Bitcoin Menuju Rp 2,4 Miliar Pasca Halving

Reli memecoin Solana di tengah kemunduran pasar yang lebih luas adalah bukti meningkatnya relevansi Solana sebagai ekosistem layer-1. Ini berarti sentimen investor terhadap blockchain tidak bersifat spekulatif. Sebaliknya, hal ini berakar pada keterlibatan pengguna yang tulus dan aktivitas pengembangan yang tinggi.

Potensinya diperkuat oleh volume transaksi yang tinggi dan pertumbuhan aplikasi DeFi (DApps).

Data dari DefiLlama mengungkapkan bahwa volume di Solana naik menjadi US$1,5 miliar pada tanggal 25 April, naik dari $840 juta pada tanggal 7 April. Volume tertinggi sepanjang masa dari blockchain ini adalah $3,8 miliar — angka yang ditetapkan pada tanggal 15 Maret.

Melihat metrik lainnya, data dari The Block menunjukkan bahwa jumlah alamat aktif di jaringan Solana terus meningkat. Menurut grafik di bawah, lebih dari 842.000 alamat aktif dicatat kemarin—angka yang lebih tinggi dibandingkan yang tercatat pada tahun 2022 dan 2023.

Harga Solana Sedikit Retracement

Dibandingkan dengan keuntungan memecoin, harga Solana (SOL) telah mengalami kemunduran setelah reli yang dimulai pada 17 April.

Data dari Cointelegraph Markets Pro dan Tradingview menunjukkan bahwa harga SOL turun 1,15% dalam 24 jam terakhir menjadi US$147.

Advertisement

Volume perdagangan di semua bursa mata uang kripto terpusat telah turun 56% dari level tertinggi enam minggu sebesar US$8,9 miliar pada 13 April menjadi US$3,9 miliar, menurut data dari CoinMarketCap.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular