Connect with us

Market

Pembayaran Mt. Gox: Tidak Seburuk yang Diperkirakan untuk Bitcoin

Published

on

Ilustrasi Mt. Gox dan Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Pembayaran kembali kreditur Mt. Gox yang hampir mencapai US$9 miliar mulai Juli mungkin tidak akan mengguncang harga Bitcoin seperti yang dikhawatirkan, namun dapat memberikan tekanan pada Bitcoin Cash, menurut para analis.

Apa yang Terjadi di Mt. Gox?

Mt. Gox, bursa mata uang kripto asal Jepang, runtuh setelah peretasan besar pada Februari 2014, kehilangan sekitar 940.000 BTC yang saat itu bernilai $64 juta. Namun, bursa ini berhasil memulihkan 141.687 BTC yang kini bernilai $8,5 miliar untuk dikembalikan kepada krediturnya. Pembayaran ini dijadwalkan mulai dilakukan pada awal Juli.

Prediksi Dampak Pasar

Analis dari IG Markets, Tony Sycamore, menyatakan bahwa dampak pembayaran ini pada harga Bitcoin mungkin tidak sebesar yang dikhawatirkan banyak orang. Ia memperkirakan sekitar setengah dari total Bitcoin, senilai sekitar $4,5 miliar, mungkin akan masuk ke pasar pada bulan Juli ini.

Menurut Sycamore, banyak faktor historis yang membuat prediksi dampak ini sulit, namun dia percaya bahwa sebagian besar tekanan jual sudah diperhitungkan dalam kondisi pasar saat ini. “Pembayarannya sudah lama diketahui,” ujarnya.

Sentimen Pasar dan Faktor Pendukung

Sycamore menambahkan bahwa pembayaran ini terjadi di tengah memburuknya sentimen pasar, penjualan teknis, dan arus keluar dari ETF Bitcoin. Selain itu, sebagian besar “uang panas” spekulatif dalam kripto telah beralih ke saham-saham besar seperti Nvidia dan Apple di pasar ekuitas.

Advertisement

Sycamore juga menyatakan bahwa meskipun ada potensi penurunan, dukungan kuat pada rata-rata pergerakan 200 hari memberikan optimisme bagi pergerakan harga Bitcoin dalam beberapa minggu ke depan. “Saya pikir kita baru saja mengalami flush. Penyebabnya adalah ekspektasi penjualan Mt. Gox,” katanya. Hal ini bisa menjadi titik masuk yang baik bagi investor.

Prediksi Distribusi Bitcoin

Alex Thorn, kepala penelitian Galaxy Digital, dalam postingannya di X pada 25 Juni, memperkirakan bahwa hanya 65.000 dari 141.000 Bitcoin yang benar-benar akan masuk ke pasar, mengurangi sebagian besar aktivitas penjualan yang diharapkan.

Menurut Thorn, sekitar 75% kreditur memilih pembayaran “awal”, mengorbankan 10% dari pembayaran mereka, yang menghasilkan sekitar 95.000 BTC yang akan masuk ke pasar pada awalnya. Selain itu, 20.000 BTC terutang ke dana klaim dan sekitar 10.000 BTC ke Bitcoinica BK, menyisakan hanya 65.000 BTC untuk kreditur reguler.

Estimasi distribusi Bitcoin dari Mt. Gox. Sumber: Galaxy Research.
Estimasi distribusi Bitcoin dari Mt. Gox. Sumber: Galaxy Research.

Baca juga: Crypto Alert! Aset Kripto yang Wajib Diperhatikan Pekan Ini

Kreditor Mt. Gox Lebih Memilih HODL

Thorn juga menambahkan bahwa banyak kreditur Mt. Gox kemungkinan besar akan menyimpan Bitcoin mereka. Banyak dari mereka adalah “Bitcoiner jangka panjang” yang lebih cenderung menyimpan Bitcoin daripada menjualnya.

Thorn menunjukkan bahwa banyak kreditur menolak “penawaran menarik & agresif” selama bertahun-tahun dari klaim yang menawarkan pembayaran dalam bentuk USD, menunjukkan keinginan mereka untuk mendapatkan kembali Bitcoin mereka, bukan fiat.

Advertisement

Selain itu, tekanan jual pada Bitcoin Cash mungkin akan lebih signifikan. Banyak investor menerima BCH karena hard fork Bitcoin pada tahun 2017, bukan karena mereka membeli BCH secara langsung.

Dengan demikian, meskipun ada potensi banjir Bitcoin ke pasar, analis percaya bahwa dampaknya pada harga Bitcoin mungkin tidak sebesar yang dikhawatirkan, dan beberapa faktor bahkan dapat mendukung stabilitas harga dalam jangka pendek.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMERSetiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Advertisement

Popular