Connect with us

Academy

Pengenalan Konsep Ethereum Casper

Published

on

Pengenalan Konsep Ethereum Casper. Ilustrasi Binance Academy.

Dalam evolusi teknologi blockchain, Ethereum telah tetap menjadi pionir dalam inovasi. Salah satu langkah signifikan dalam perkembangan Ethereum adalah pengenalan protokol konsensus yang dikenal sebagai “Casper”.

Casper, berbeda dengan metode Proof-of-Work (PoW) yang telah lama mendominasi dunia blockchain, merupakan pendekatan revolusioner dalam menciptakan mekanisme konsensus yang bertujuan meningkatkan skalabilitas, keamanan, dan efisiensi energi dalam jaringan Ethereum.

Dalam artikel ini, kami akan menggali lebih dalam mengenai konsep Ethereum Casper, bagaimana cara operasinya, serta dampak yang diantisipasi ketika konsep ini diimplementasikan dalam ekosistem blockchain secara keseluruhan.

Konsep Ethereum Casper

Casper merupakan implementasi yang pada akhirnya akan mengubah Ethereum menjadi sebuah blockchain berbasis Proof of Stake (PoS) (juga dikenal sebagai Ethereum 2.0). Meskipun Ethereum awalnya diluncurkan pada musim panas tahun 2015 sebagai blockchain berbasis Proof of Work (PoW), para pengembang telah merencanakan transisi jangka panjang menuju model staking. Setelah transisi ini selesai, aktivitas penambangan tidak lagi menjadi bagian integral dari jaringan Ethereum.

Hingga saat ini, terdapat dua implementasi Casper yang sedang dikembangkan secara bersama-sama dalam ekosistem Ethereum: Casper CBC dan Casper FFG. Versi CBC awalnya diajukan oleh peneliti dari Ethereum Foundation, Vlad Zamfir. Meskipun penelitian awal terkait CBC berfokus pada protokol PoS untuk blockchain publik, bidang penelitian ini telah berkembang menjadi area yang lebih luas, melibatkan beberapa model PoS.

Penelitian mengenai Casper FFG diprakarsai oleh pendiri Ethereum, Vitalik Buterin sendiri. Proposal awal melibatkan sistem campuran PoW/PoS, tetapi implementasinya masih dalam tahap pengembangan, dan proposal baru mungkin akan menggantikan pendekatan awal ini dengan model PoS yang murni.

Secara spesifik, Casper FFG direncanakan untuk memulai peluncuran Ethereum 2.0. Namun, ini tidak mengindikasikan bahwa Casper CBC tidak akan memiliki nilai sama sekali. Bahkan, Casper CBC mungkin akan menggantikan atau melengkapi peran Casper FFG di masa depan.

Advertisement

Meskipun kedua versi ini tengah dibangun untuk digunakan dalam jaringan Ethereum, model Casper sebagai PoS juga memiliki potensi untuk diadopsi dan diimplementasikan dalam jaringan blockchain lainnya.

Mekanisme Operasi Casper

Transisi dari Ethereum 1.0 ke 2.0 disebut sebagai update “Serenity”. Proses ini melibatkan tiga tahap. Pada tahap awal (Fase 0), akan diluncurkan sebuah blockchain baru yang dikenal sebagai Beacon Chain. Aturan-aturan dari Casper FFG akan mengontrol mekanisme konsensus dalam blockchain baru yang berbasis PoS ini.

Berbeda dengan PoW yang melibatkan penambang yang menggunakan perangkat khusus untuk menciptakan dan memvalidasi blok-blok transaksi, implementasi Casper akan menghilangkan proses penambangan dalam konteks Ethereum.

Dengan kata lain, kemampuan voting dari setiap validator akan ditentukan oleh jumlah ETH yang mereka staking. Sebagai contoh, individu yang telah melakukan staking sebesar 64 ETH akan memiliki kemampuan voting yang dua kali lipat dibandingkan dengan mereka yang hanya melakukan staking dengan jumlah minimum. 

Untuk menjadi validator blok pada tahap awal Serenity, pengguna harus melakukan staking minimal sebesar 32 ether (ETH) – jumlah ini akan di-depositokan melalui smart contract khusus yang berbasis pada blockchain Ethereum sebelumnya (1.0).

Apabila tahap ini berjalan sukses, komite validator akan dipilih secara acak untuk mengajukan blok-blok baru dan sebagai imbalan, mereka akan diberikan hadiah blok atas kontribusi mereka. Hadiah blok kemungkinan hanya akan terdiri dari biaya transaksi karena tidak ada insentif blok.

Namun, perlu dicatat bahwa setiap implementasi PoS dapat memiliki pendekatan yang berbeda, termasuk model hadiah yang berbeda pula. Model Casper masih dalam pengembangan, dan banyak detail mengenai hal ini belum ditentukan.

Advertisement

Keunggulan Ethereum Casper

Salah satu aspek menguntungkan dari Ethereum Casper yang memungkinkan adopsi staking adalah kontribusinya terhadap aspek keberlanjutan lingkungan. Ketika berbicara tentang penggunaan daya listrik dan komputasi, model Proof of Work (PoW) yang dominan saat ini memberikan tantangan besar. 

Di sisi lain, model Proof of Stake (PoS) jauh lebih efisien dalam hal ini. Dengan implementasi model PoS secara menyeluruh dalam Ethereum, aktivitas penambangan yang membutuhkan sumber daya besar tidak lagi diperlukan, sehingga permintaan terhadap sumber daya menjadi lebih terkendali.

Keuntungan lain yang potensial dari Casper terkait dengan aspek keamanan. Intinya, Casper akan berperan sebagai mekanisme pemilihan, bertugas mengatur urutan blok-blok dalam rantai. Pada dasarnya, Casper akan bertindak sebagai “akuntan” dalam buku besar Ethereum 2.0. 

Jika validator berperilaku mencurigakan, mereka akan segera dihapus dan dikenakan sanksi. Sanksi tersebut berupa stake (dalam bentuk ETH) yang dimiliki oleh validator tersebut, mengindikasikan bahwa melanggar aturan dalam jaringan ini sangat mahal. Meski demikian, para pengembang masih memperdebatkan kemungkinan serangan dengan persentase 51%.

Terakhir, beberapa individu berpendapat bahwa Casper akan memberikan kontribusi signifikan terhadap tingkat desentralisasi di dalam jaringan Ethereum. Saat ini, mereka yang memiliki sumber daya kuat mendominasi jaringan karena dapat menjalankan operasi penambangan. Namun, di masa depan, setiap individu yang mampu membeli jumlah ether yang memadai akan dapat turut serta dalam mengamankan blockchain.

Keterbatasan dan Tantangan

Perjalanan menuju implementasi penuh Casper masih memerlukan waktu dan upaya yang signifikan. Saat ini, efisiensi dan tingkat keamanan Casper masih perlu diuji lebih lanjut. Ada banyak aspek rinci yang harus ditetapkan dan disesuaikan. Hingga versi yang stabil diluncurkan pada Fase 0 dari pembaruan Serenity, kita tidak dapat dengan pasti memprediksi bagaimana hasil akhirnya akan terlihat dan beroperasi.

Namun demikian, karena adanya keterbatasan teoritis, Casper tidak akan dapat mengatasi situasi ketika sistem validasi Ethereum mengalami gangguan. Dalam struktur saat ini, Casper tetap rentan terhadap serangan dengan persentase 51%. Selain itu, spesifikasi formal masih dibutuhkan untuk menguraikan aturan fork yang mungkin diperlukan sebagai respons terhadap serangan.

Advertisement

Kesimpulan

Ethereum sedang beralih dari model penambangan ke staking, di mana para pengguna akan melakukan staking pada ether (ETH) di alamat deposit untuk mengamankan blockchain. Casper adalah teknologi yang akan mengelola penyelesaian blok-blok ini, memberikan pondasi bagi perkembangan lanjutan Ethereum 2.0. 

Selain itu, Casper didesain untuk merampingkan transisi ke model PoS. Dengan sifat open-source alamiah dalam ekosistem blockchain, manfaat dari Casper dapat diadopsi, dimodifikasi, dan dikembangkan oleh proyek-proyek lain secara berkelanjutan.

Ketika Casper akhirnya dijalankan secara resmi, ini akan menjadi tonggak bersejarah dalam perjalanan Ethereum. Tanggal pasti peluncuran masih dalam proses konfirmasi, namun peneliti Ethereum, Justin Drake, pernah mengindikasikan kemungkinan peluncuran Fase Pertama Casper pada 3 Januari 2020 (peringatan ulang tahun Bitcoin yang ke-11). Namun, tanggal ini masih bersifat tentatif dan peluncuran dapat terjadi kapan saja dalam tahun 2020.

Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai aset kripto atau cryptocurrency, bisa baca artikel “Belajar Crypto untuk Pemula Mulai Dari Sini.”

Sumber: Binance Academy Indonesia

Popular