Connect with us

Bitcoin News

Perkiraan Bitcoin Halving pada 20 April: Hal yang Harus Diperhatikan

Published

on

Ilustrasi Bitcoin.

Bitcoin siap menjalani ‘halving’ yang sangat dinanti-nantikan sekitar tanggal 20 April 2024. Peristiwa ini dianggap sebagai salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu di pasar kripto, bahkan sentimennya baru-baru ini telah menaikkan harga BTC.

Bitcoin dilaporkan telah mengalami peningkatan nilai sekitar 50% pada tahun ini, meskipun mengalami penurunan dari nilai tertinggi sepanjang masa sebesar US$73.798 yang dicapai pada 14 Maret. Lonjakan yang terjadi tahun ini disebabkan oleh persetujuan ETF Bitcoin oleh Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) AS pada bulan Januari, serta antisipasi penurunan suku bunga oleh The Fed AS.

Ketika peristiwa halving Bitcoin pada tahun 2024 semakin dekat, muncul spekulasi mengenai potensi terulangnya sejarah di pasar.

Apa yang dimaksud dengan Bitcoin Halving?

Bitcoin diciptakan oleh pencipta nama samaran Satoshi Nakamoto dengan mempertimbangkan pasokan terbatas sebesar 21 juta token. Dalam kerangka dasar blockchainnya, halving terjadi untuk menyesuaikan kode, sehingga mengurangi laju pembuatan token baru.

Pengenalan koin baru ke dalam sistem bergantung pada keberhasilan penambang memecahkan teka-teki matematika yang rumit untuk membangun blockchain dan mendapatkan hadiah, dalam mata uang bitcoin. Hadiah ini mengalami pengurangan separuh setiap empat tahun setelah penambahan 210.000 token baru ke sistem.

Advertisement

‘Halving’ terbaru terjadi pada 11 Mei 2020, yang mengakibatkan kenaikan harga sebesar 12% pada minggu berikutnya. Halving kali ini yang terjadi pada 2024 menandai kejadian keempat sejak tahun 2012, dengan hadiah yang berkurang dari 6,25 menjadi 3,125 Bitcoin per 10 menit. Awalnya, pada tahun 2009, para penambang diberi hadiah 50 bitcoin setiap 10 menit.

Diperkirakan bahwa proses ini akan selesai setelah 21 juta token telah ditambang, dengan proyeksi yang menunjukkan bahwa pencapaian ini kemungkinan akan tercapai sekitar tahun 2140.

Akankah harga Bitcoin melonjak pasca halving?

Ilustrasi market kripto Bitcoin.
Ilustrasi market kripto Bitcoin.

Baca juga: Prediksi Harga Bitcoin Setelah Halving 2024, Menurut Pakar Kripto

Peristiwa Bitcoin Halving secara historis menandai kenaikan harga yang signifikan yang disebabkan oleh berkurangnya pasokan dan meningkatnya kelangkaan. Menurut Sumit Gupta, salah satu pendiri CoinDCX, halving yang akan datang ini berbeda dari pendahulunya, didorong oleh pertemuan faktor-faktor unik yang siap untuk membentuk kembali dinamika pasar.

Namun, pakar pasar skeptis bahwa BTC mungkin mengalami lonjakan signifikan. “Jika pola historis diikuti, harga BTC mungkin tidak akan mengalami lonjakan signifikan sebelum dua bulan setelah halving. Namun, Bitcoin telah menentang hal tersebut dengan mencapai titik tertinggi sepanjang masa sebelum halving, untuk pertama kalinya,” Rajagopal Menon, VP WazirX, mengatakan kepada Livemint.

Peristiwa Bitcoin halving di masa lalu, telah menyebabkan kenaikan harga, karena pengurangan pasokan dalam semalam. “Namun, iterasi pengurangan separuh ini berbeda dengan ‘kejutan pasokan’ dan akan bertepatan dengan lonjakan besar dalam permintaan institusional yang didorong oleh ETF BTC spot,” kata Parth Chaturvedi, Investments Lead, CoinSwitch Ventures.

Advertisement

Haruskah Anda berinvestasi?

Para ahli percaya bahwa pasar kripto diperkirakan akan mengalami volatilitas di tengah peristiwa halving.

“Dengan dinamika pasokan permintaan Bitcoin yang siap mengalami perombakan besar-besaran dengan 450 Bitcoin dicetak setiap hari dan 10,000 dibeli oleh ETF, harga dapat mengalami lonjakan yang signifikan. Aliran uang institusional di ETF telah meningkatkan sentimen pasar dan meningkatkan kapitalisasi pasar BTC. Investor harus mempertimbangkan faktor-faktor ini sebelum berinvestasi di Bitcoin sebelum halving,” Menon dari WazirX menambahkan.

Para ahli lebih lanjut menyarankan investor untuk tetap waspada dan memantau aset Bitcoin dengan cermat. “Investor didesak untuk mempertahankan sikap waspada, memantau dengan cermat narasi yang sedang berlangsung seputar Bitcoin Halving,” Gupta dari CoinDCX menambahkan.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Advertisement

Popular