Connect with us

Bitcoin News

Prediksi Harga Bitcoin Setelah Halving 2024, Menurut Pakar Kripto

Published

on

Ilustrasi Bitcoin.

Dengan kehadiran peristiwa halving Bitcoin yang dijadwalkan pada tahun 2024, antusiasme di kalangan komunitas kripto tak terelakkan. Investor dan pengamat bergairah untuk mendapatkan wawasan tentang arah masa depan Bitcoin, mata uang kripto terkemuka di dunia.

Para pakar industri telah memberikan pandangan mereka tentang bagaimana harga Bitcoin akan bereaksi pasca-halving, mengingat bahwa setiap peristiwa halving sebelumnya telah membawa perubahan signifikan dalam dinamika harga Bitcoin.

Mari kita lihat prediksi dan analisis yang dibagikan oleh para ahli dalam artikel ini.

Prediksi CEO ARK Invest, Cathie Wood

Cathie Wood memperkirakan tren bullish untuk harga Bitcoin setelah halving, dengan proyeksinya mencapai $3,8 juta. Wood menyoroti adopsi institusional yang berkembang pesat dan kemungkinan peluncuran produk ETF baru sebagai pendorong utama kenaikan harga.

Analisisnya juga menunjukkan bahwa alokasi portofolio yang lebih besar dari investor institusi ke Bitcoin dapat meningkatkan proyeksi harga tersebut hingga $2,3 juta. Dengan pandangan optimis dari Ark Invest dan persetujuan ETF Bitcoin spot oleh SEC, permintaan terhadap Bitcoin semakin meningkat. Wood memperkirakan bahwa peristiwa halving, yang diharapkan terjadi pada bulan April, akan memicu peningkatan permintaan lebih lanjut.

Advertisement

Seperti halving sebelumnya, Wood memperkirakan bahwa harga Bitcoin akan terus naik, menandai tahap awal dari evolusi ekosistem keuangan berbasis internet.

Prediksi Pendiri MicroStrategy, Michael Saylor

Michael Saylor memproyeksikan bahwa Bitcoin akan melampaui nilai emas, dengan menekankan sifatnya yang langka dan potensinya untuk menjadi alternatif bagi aset tradisional.

Melalui pembelian massif 12.000 Bitcoin oleh MicroStrategy, Saylor menegaskan bahwa kelangkaan Bitcoin, yang diperkuat oleh halving yang akan datang, akan mendorong harga Bitcoin untuk memenuhi permintaan yang semakin meningkat dari investor.

Meskipun kapitalisasi pasar Bitcoin telah melampaui perak, mencapai lebih dari $1,4 triliun, potensi pertumbuhan Bitcoin masih sangat besar dibandingkan dengan valuasi pasar emas yang mencapai $14,7 triliun. Sikap bullish Saylor menekankan bahwa Bitcoin adalah emas digital dan memiliki potensi untuk merubah lanskap keuangan global, yang ditunjukkan oleh minat yang terus tumbuh dari institusi keuangan seperti BlackRock terhadap ETF Bitcoin.

Prediksi CEO Binance, Richard Teng

CEO Binance, Richard Teng. Sumber: Shutterstock.
CEO Binance, Richard Teng. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: 5 Proyek AI Berbasis Solana yang Harus Diperhatikan Saat Pasar Bullish

Richard Teng, CEO Binance, memperkirakan bahwa harga Bitcoin akan mencapai lebih dari $80.000 pada akhir tahun, didorong oleh penurunan pasokan dan meningkatnya permintaan.

Advertisement

Dengan adopsi institusional yang semakin meningkat, yang ditandai dengan persetujuan ETF Bitcoin spot di Amerika Serikat, pasar telah mengalami reli yang signifikan, dengan harga Bitcoin baru-baru ini melampaui angka $73.000. Optimisme Teng sejalan dengan target harga akhir tahun Standard Chartered yang mencapai $150.000 untuk Bitcoin.

Teng, yang mengambil alih posisi CEO dari pendiri Binance, Changpeng Zhao, pada November 2023, juga mengantisipasi peningkatan investasi dari kantor keluarga dan dana pensiun dalam ETF Bitcoin. Meskipun mengakui volatilitas pasar, Teng melihatnya sebagai tanda kesehatan pasar secara keseluruhan. Prediksinya menunjukkan prospek bullish bagi harga Bitcoin setelah halving.

Prediksi Pendiri Gemini, Cameron Winklevoss

Cameron Winklevoss, salah satu pendiri Gemini, bursa kripto terkemuka, mengantisipasi peningkatan permintaan Bitcoin setelah halving yang dijadwalkan pada tahun 2024.

Dia menyoroti peluncuran ETF Bitcoin spot yang baru disetujui, yang mengumpulkan Bitcoin pada tingkat sepuluh kali lebih tinggi daripada yang diproduksi setiap harinya.

Winklevoss melihat tren ini sebagai katalis potensial untuk peningkatan permintaan Bitcoin pasca-halving, dengan perkiraan bahwa ETF tersebut akan mengonsumsi dua puluh kali lebih banyak Bitcoin setiap hari dibandingkan dengan yang baru diproduksi.

Advertisement

Prediksi Tim Draper

Tim Draper, seorang investor ventura terkemuka, memperkirakan bahwa nilai Bitcoin akan melonjak tiga kali lipat pada tahun 2024, dengan menyambungkan pertumbuhan ini dengan masuknya investasi melalui ETF spot dan peristiwa halving.

Dia mengekspektasikan bahwa Bitcoin akan mencapai $250.000 pada akhir tahun, didorong oleh pengenalan ETF Bitcoin spot di Amerika Serikat. Draper menekankan peran ETF sebagai pintu masuk bagi investor yang ingin mendapatkan eksposur ke Bitcoin tanpa harus memiliki aset tersebut secara langsung.

Dia juga menyoroti kelangkaan Bitcoin yang semakin terasa dan adopsinya sebagai lindung nilai terhadap depresiasi mata uang fiat. Draper menganggap Bitcoin sebagai lindung nilai strategis dalam menghadapi ketidakstabilan di sektor keuangan dan depresiasi mata uang, menjelaskan relevansinya dalam diversifikasi portofolio investasi.

Prediksi JP Morgan

Meskipun sejarah menunjukkan kenaikan harga Bitcoin pasca-halving, analis JP Morgan memperkirakan potensi penurunan harga Bitcoin pada bulan April 2024. Pengurangan separuh dan pengurangan suplai harian diperkirakan akan menciptakan defisit pasokan, yang biasanya memicu kenaikan harga. Namun, meningkatnya tingkat kesulitan penambangan dapat mengurangi biaya produksi, yang dapat mendorong harga Bitcoin kembali ke kisaran sekitar $42.000.

Perkiraan ini mempertimbangkan potensi penurunan hashrate karena penambang yang kurang efisien keluar dari pasar. Namun demikian, harga Bitcoin yang tinggi dan berkelanjutan dapat mengurangi dampak penurunan ini, terutama dengan memperluas akses melalui ETF Bitcoin spot yang baru disetujui, yang dapat menarik minat investor dan membantu menjaga keuntungan bagi penambang kecil.

Advertisement

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular