Connect with us

Bitcoin News

Potensi Bitcoin: Apakah US$100.000 Masih Bisa Dicapai?

Published

on

Ilustrasi Bitcoin.

Dengan dinamika pasar dan indikator ekonomi yang semakin bersinergi, harapan Bitcoin mencapai US$100.000 atau sekitar Rp1,6 miliar semakin mendekati kenyataan. Optimisme investor meningkat, didorong oleh potensi penurunan suku bunga The Fed yang dapat mempengaruhi permintaan Bitcoin. Selain itu, minat institusional dan persetujuan ETF semakin memperkuat prospek kenaikan harga BTC.

Analisis Para Ahli

Felix Mohr, salah satu pendiri MohrWolfe, mengungkapkan pandangannya kepada BeInCrypto tentang potensi Bitcoin, menekankan meningkatnya permintaan dan Open Interest (OI). Bitcoin berjangka OI melonjak sebesar US$2,02 miliar hanya dalam tiga hari, mencerminkan minat beli yang tinggi terhadap BTC.

“Meningkatnya minat beli terhadap Bitcoin bukanlah kebetulan. Investor jelas mengantisipasi penurunan suku bunga Federal Reserve AS sebanyak dua kali pada akhir tahun ini,” kata Mohr.

analisa harga bitcoin
Ilustrasi Bitcoin.

Spekulasi seputar kebijakan moneter Federal Reserve memang sangat mempengaruhi sentimen investor. Menurut jajak pendapat Reuters, penurunan suku bunga pertama diperkirakan akan terjadi pada bulan September, meskipun ada kemungkinan penurunan suku bunga yang lebih sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali.

“Hampir dua pertiga ekonom dalam jajak pendapat Reuters pada 31 Mei-5 Juni memperkirakan penurunan pertama suku bunga The Fed ke kisaran 5,00%-5,25% akan terjadi pada bulan September, sesuai dengan hasil jajak pendapat sebelumnya,” lapor Reuters.

Dampak Kebijakan The Fed

Secara historis, Bitcoin seringkali mendapat manfaat dari pasar saham yang bullish, yang mungkin diperkuat oleh penurunan suku bunga The Fed. Namun, Ketua Federal Reserve Jerome Powell tetap berhati-hati, dan berbagai indikator ekonomi menambah kerumitan.

Advertisement

Indeks Harga Konsumen (CPI) meningkat sebesar 3,4% selama setahun terakhir, sementara CPI Inti naik sebesar 3,9%. Indeks Harga Produsen (PPI) juga melampaui ekspektasi, naik 2,2% setiap tahun. Angka-angka ini menunjukkan inflasi yang terus-menerus, yang mungkin menghambat The Fed untuk melakukan penurunan suku bunga secara agresif.

“Di tengah banyaknya data ekonomi yang tidak sesuai harapan, SP500 berada pada rekor tertinggi, mengindikasikan potensi pembalikan. Bitcoin dan pasar tradisional sering bergerak seiring. Koreksi di pasar tradisional dapat menjatuhkan harga BTC,” kata Mohr kepada BeInCrypto.

Minat Institusional dan ETF

Minat institusional juga memainkan peran besar dalam lintasan BTC. Persetujuan ETF Bitcoin oleh SEC telah menjadi katalis signifikan. Antisipasi persetujuan Ethereum ETF oleh lembaga keuangan besar akhir tahun ini juga dapat mendorong kenaikan harga yang signifikan.

“Bitcoin telah melampaui level tertinggi sepanjang masa untuk mencapai level tertinggi baru hampir US$74.000 pada pertengahan Maret. Pergerakan menuju US$100.000 pada akhir tahun bisa terjadi jika The Fed memangkas suku bunga sebanyak dua kali,” simpul Mohr.

Grafik Kepemilikan ETF Bitcoin. Sumber: CryptoQuant.
Grafik Kepemilikan ETF Bitcoin. Sumber: CryptoQuant.

Baca juga: Mengapa Harga Token AI Fetch.AI (FET) Melonjak 35%?

Proyeksi Masa Depan

Bernstein Research juga mendukung skenario optimis ini. Mereka memproyeksikan Bitcoin akan mencapai US$200.000 atau sekitar Rp3,2 miliar pada tahun 2025, US$500.000 atau Rp8,2 miliar pada tahun 2029, dan US$1 juta atau Rp16,4 miliar pada tahun 2033.

Advertisement

Analis Bernstein berpendapat bahwa ETF Bitcoin, yang awalnya didorong oleh investasi ritel, siap untuk diadopsi lebih luas karena institusi besar dan bank swasta bersiap menawarkan produk investasi ini. Perdagangan berbasis institusional ini, menurut mereka, berpotensi mengubah BTC menjadi kelas aset arus utama.

Dengan kebijakan ekonomi yang mendukung dan minat institusional yang berkelanjutan, jalan Bitcoin menuju US$100.000 dan seterusnya masih terbuka lebar.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMERSetiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Advertisement

Popular