Connect with us

Bitcoin News

Analis Meninjau Dampak Bitcoin Halving Terhadap Pasar Kripto

Published

on

Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Bitcoin halving diperkirakan akan meningkatkan harga BTC dan pasar kripto secara keseluruhan dalam jangka panjang, tetapi volatilitas jangka pendek mungkin terjadi.

Beberapa orang melihat penurunan harga baru-baru ini sebagai peluang pembelian sebelum halving, sementara yang lain takut akan aksi jual jangka pendek.

Momen Bitcoin halving membuat komunitas kripto dipenuhi dengan antisipasi dan kehati-hatian. Secara historis, hal ini merupakan sinyal tren bullish pada harga Bitcoin , namun lonjakan harga BTC baru-baru ini yang melonjak hingga $73.000 pada bulan Maret telah menimbulkan ketidakpastian.

Menavigasi Gerak Bitcoin

Dalam obrolan baru-baru ini dengan Bloomberg Television, CEO Crypto.com, Kris Marszalek, mempertimbangkan halving yang akan datang. Meskipun mengakui perannya dalam apresiasi harga jangka panjang, Marszalek memperingatkan terhadap potensi aksi jual jangka pendek, dan menyamakannya dengan pola “buy-the-rumor, sell-the-news”. Meskipun demikian, dia tetap optimis terhadap prospek jangka panjang Bitcoin.

market kripto bitcoin
Ilustrasi market kripto bitcoin.

Baca juga: Analisis: Kripto yang Wajib Dipantau Pekan Ini

Direncanakan akan dilaksanakan pada akhir minggu ini, Bitcoin halving akan memotong imbalan para penambang dari 900 menjadi 450 Bitcoin per hari. Perubahan ini diperkirakan akan mengguncang kancah penambangan kripto, dengan para penambang bersaing untuk mendapatkan imbalan yang lebih sedikit. Pada akhirnya, pergeseran ini diperkirakan akan mendorong kenaikan harga Bitcoin.

Namun, tepat setelah halving, kita mungkin melihat volatilitas jangka pendek yang dipicu oleh spekulasi dan sentimen pasar. Volatilitas ini menggarisbawahi sifat kompleks pasar kripto, di mana naik turunnya jangka pendek terjadi bersamaan dengan peluang pertumbuhan jangka panjang.

Memahami Tren

Meskipun Marszalek berhati-hati, beberapa analis menafsirkan penurunan harga BTC baru-baru ini sebagai fase pra-retracement sebelum Halving. Hal ini menunjukkan bahwa koreksi pasar adalah bagian dari tren yang lebih luas, tidak hanya dipengaruhi oleh aksi jual yang akan terjadi. Selain itu, persetujuan ETF Bitcoin dan Ethereum baru-baru ini di Hong Kong telah meningkatkan sentimen pasar.

Advertisement

Saat kita bersiap menghadapi Bitcoin halving, kegembiraan dan kehati-hatian berbaur. Meskipun fluktuasi jangka pendek mungkin menguji kegelisahan, prospek jangka panjang tetap menjanjikan, didorong oleh fundamental Bitcoin.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular