Connect with us

Altcoin News

Prediksi VanEck: Harga Solana (SOL) Naik 10.600% Capai Rp 51 Juta

Published

on

Ilustrasi Solana. Sumber: Getty Images.

Perusahaan manajemen aset, VanEck percaya Solana (SOL) dapat melihat pertumbuhan nilai sebesar di atas 10.000% pada tahun 2030, jika blockchain menarik 100 juta pengguna baru.

Prediksi paling mencolok dari laporan tersebut menunjukkan bahwa SOL dapat mengalami kenaikan harga sebesar 10.600% pada tahun 2030, berpotensi mencapai US$ 3.211.28 atau sekitar Rp 51 juta per token. Sebagai perbandingan, target harga Ethereum (ETH) tahun 2030 ditetapkan pada US$ 11.800 atau Rp 188 juta.

Namun agar adil bagi mereka yang memiliki minat jangka pendek terhadap Solana, skenario terburuk dari analis VanEck mematok SOL pada US$ 9,81 atau sekitar Rp 156 ribu pada tahun 2030.

Sebelumnya, pasar kripto dipenuhi dengan kegembiraan karena token SOL asli Solana telah melonjak di atas angka US$ 32 (Rp 510 ribu) minggu ini, menarik perhatian investor dan pakar.

100 juta pengguna

Dikutip Cryptoslate, laporan tersebut menyoroti skenario di mana Solana menjadi blockchain pertama yang menampung aplikasi yang mampu menerima lebih dari 100 juta pengguna.

Dalam skenario ini, VanEck berasumsi bahwa SOL hanya menghasilkan uang sebesar 20% dari tingkat penerimaan ETH dan memperoleh kurang dari setengah pangsa pasar pesaingnya karena perbedaan filosofi komunitas.

Terlepas dari keterbatasan ini, manajer aset yakin ada jalur yang kredibel bagi pemegang token SOL untuk menghasilkan pendapatan sebesar US$ 8 miliar pada tahun 2030, jika mencapai tingkat adopsi tersebut.

Advertisement
Ilustrasi aset kripto Solana (SOL).
Ilustrasi aset kripto Solana (SOL).

Baca juga: Daftar Kripto yang Harus Diperhatikan di Bulan November 2023

Saat ini, SOL berdiri sebagai salah satu dari 10 aset kripto teratas berdasarkan kapitalisasi pasar, telah mencatat pertumbuhan mengesankan lebih dari 200% sejak awal tahun 2023. Ekosistem Solana memiliki nilai total sekitar US$ 378 juta yang terkunci pada waktu berita ini dimuat.

Tantangan

Meskipun pendekatan Solana telah menghasilkan kemajuan teknologi yang mengesankan, namun hal ini bukannya tanpa tantangan.

Laporan tersebut mencatat bahwa meskipun Solana menghasilkan pendapatan dari biaya transaksi, Solana juga mengeluarkan biaya yang signifikan untuk mengamankan blockchainnya melalui pembayaran inflasi SOL kepada validator.

Dalam jangka pendek, profitabilitas Solana mungkin tidak menjadi perhatian, namun memastikan permintaan SOL organik untuk menutupi biaya keamanan tetap menjadi tantangan jangka panjang.

Selain itu, model penetapan harga Solana, yang bergantung pada penetapan harga dan kemacetan sumber daya, dapat menjadi masalah karena semakin banyak blockchain yang bersaing untuk kasus penggunaan tertentu. Laporan tersebut menunjukkan bahwa jika harga SOL melemah, kemampuan Solana untuk mempertahankan kondisinya saat ini mungkin bergantung pada masuknya modal spekulatif secara terus-menerus.

Selain itu, laporan tersebut menyoroti masalah stabilitas teknis Solana, dengan menyebutkan waktu henti yang tidak dapat diprediksi di masa lalu karena sifat eksperimental dari sistem.

Meskipun Solana telah melakukan perbaikan untuk memitigasi masalah ini, desainnya yang kompleks dan volume data yang sangat besar membuat sulit untuk memprediksi dan menyelesaikan komplikasi di masa depan, yang berpotensi memengaruhi waktu aktif dan daya tariknya bagi bisnis.

Advertisement

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular