Connect with us

Bitcoin News

Ulang Tahun Bitcoin: Rilis Whitepaper BTC Berusia 15 Tahun

Published

on

Investasi kripto sekarang, potensi panen cuan saat halving Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Dunia kripto merayakan ulang tahun whitepaper Bitcoin yang ke-15 hari ini, 31 Oktober 2023. Hari ini menandai 15 tahun sejak Satoshi Nakamoto merilis Whitepaper Bitcoin.

Sejak tahun 2008, ketika Satoshi menerbitkan milis kriptografi, beberapa orang telah menganut keyakinannya. Whitepaper Bitcoin menganjurkan penggantian mata uang fiat dengan mata uang digital.

Whitepaper Bitcoin Bertahan Dalam Ujian Waktu

Satoshi merilis whitepaper Bitcoin pada tanggal 31 Oktober 2008, berjudul “Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System.” Tujuan awal Bitcoin adalah untuk menciptakan uang elektronik versi peer-to-peer. Selain itu, Bitcoin dirancang untuk memungkinkan pihak-pihak mengirim pembayaran online langsung satu sama lain, tanpa melibatkan lembaga keuangan.

Diasumsikan secara luas bahwa whitepaper Bitcoin ditulis sebagai tanggapan terhadap Keruntuhan Wall Street pada tahun 2007-2008. Pada tanggal 1 November 2008, hanya dua bulan setelah Krisis Lehman, Satoshi Nakamoto mengirim email ke milis kriptografi yang menguraikan konsep tersebut dalam sebuah makalah.

Meskipun Bitcoin merupakan konsep yang benar-benar baru, whitepapernya menyoroti kesenjangan dalam perekonomian dunia. Whitepaper Bitcoin tidak hanya mengantarkan revolusi finansial, namun juga membuat dunia lebih kompatibel dengan lingkungan digital yang sudah terbiasa.

Orang Pertama yang Menerima Bitcoin

Orang pertama yang menerima BTC dari Satoshi, Hal Finney, menyatakan delapan hari kemudian bahwa setiap Bitcoin bisa bernilai US$ 10 juta, jika menjadi “metode pembayaran dominan” di masa depan. Jaringan Bitcoin mulai beroperasi pada tanggal 3 Januari 2009, ketika Satoshi menambang blok asal Bitcoin (blok 0) dengan imbalan 50 BTC.

Ilustrasi Satoshi Nakamoto. Foto: Getty Images.
Ilustrasi Satoshi Nakamoto. Foto: Getty Images.

Baca juga: DOGE, SHIB, dan ADA: Isyarat Koreksi Sebelum Melanjutkan Tren Bullish

Tergantung pada sudut pandang seseorang, penulis whitepaper Bitcoin dengan nama samaran masih belum diketahui. Beberapa orang berpendapat bahwa hal ini melahirkan revolusi fintech atau penipuan terbesar dalam sejarah manusia.

Advertisement

Dampak dari whitepaper Bitcoin melampaui sektor keuangan. Mereka yang mengakar kuat dalam ekosistem keuangan terdesentralisasi dapat membuktikan dampak besar yang ditimbulkan oleh buku putih ini terhadap kehidupan mereka. Pengaruhnya sebanding dengan komputer pribadi dan internet.

Bitcoin Melonjak

Bitcoin pertama ditambang pada 3 Januari 2009, setelah buku putih diterbitkan. Saat ini, mata uang ini telah berkembang menjadi salah satu mata uang terkuat di dunia.

Hanya dalam 12 tahun, nilai Bitcoin telah melonjak lebih dari 2 triliun persen dan memiliki kapitalisasi pasar lebih dari US$ 1 triliun. Saat ini bernilai 44 persen dari seluruh nilai koin di pasar kripto. BTC adalah kripto paling berharga di dunia.

Bitcoin telah tumbuh lebih dari 2,066,670,000% sejak tahun 2010, dengan harga perdagangan pertama yang tercatat adalah US$ 0,003 di pasar pertukaran Bitcoin yang sekarang sudah tidak ada lagi.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Advertisement

Popular