Connect with us

Bitcoin News

Sentimen Ini Diprediksi Dorong Harga Bitcoin Capai Rp 2,4 Miliar

Published

on

market kripto bitcoin

Harga Bitcoin (BTC) bisa melonjak 521% dari level saat ini menjadi US$ 180.000 atau sekitar Rp 2,4 miliar sebelum halving pada April 2024. Proyeksi tersebut dikeluarkan oleh perusahaan riset investasi global, Fundstrat dalam laporan terbarunya .

Dikutip Business Insider, Fundstrat mengatakan bahwa meskipun permintaan harian Bitcoin sekitar US$ 25 juta setara dengan hadiah penambangan harian sekitar US$ 25 juta, hal itu dapat berubah dengan potensi peluncuran ETF Bitcoin spot.

ETF Bitcoin spot dapat menambahkan US$ 100 juta dalam permintaan harian untuk BTC, menurut catatan tersebut. Kenaikan itu, dikombinasikan dengan momen halving pada April 2024 yang ditetapkan untuk memangkas hadiah penambangan harian menjadi US$ 12 juta.

Hal tersebut diyakini berarti harga Bitcoin harus naik secara substansial untuk memenuhi keseimbangan antara pembeli dan penjual.

“(Peluncuran ETF bitcoin) ini akan membawa permintaan harian menjadi US$ 125 juta, sementara pasokan harian hanya US$ 25 juta. Harga ekuilibrium tersirat perlu naik sehingga pasokan harian sesuai dengan permintaan harian. Analisis keseimbangan menunjukkan bahwa harga kliring adalah US$ 140.000 hingga US$ 180.000, sebelum halvening April 2024,” kata Fundstrat.

Halving Bitcoin

Bitcoin-Halving-tokocrypto
Ilustrasi Bitcoin.

Baca juga: DOGE dan MKR Dominasi Kenaikan Altcoin, Potensi Profit?

Halving, juga dikenal sebagai halvening, dipandang sebagai bullish untuk Bitcoin, karena memotong setengah hadiah yang diberikan kepada penambang adalah batas untuk membatasi pasokan BTC dan secara historis menyebabkan kenaikan harga.

Dalam sebuah catatan kepada klien awal bulan ini, kepala strategi aset digital Fundstrat, Sean Farrell, menjelaskan bahwa efek pengganda dalam kisaran 4,0x hingga 5,0x masuk akal untuk diasumsikan pada jaringan bitcoin.

Advertisement

“Ini berarti permintaan $1 dapat menghasilkan kapitalisasi pasar US$ 4 hingga US$ 5,” kata Farrell.

Farrell melihat kemungkinan 75% bahwa ETF bitcoin spot disetujui dalam waktu dekat karena sejumlah perusahaan, termasuk BlackRock dan Fidelity, menunggu kabar dari SEC tentang pengajuan aplikasi mereka.

“Kami mengantisipasi (ETF Bitcoin) akan menarik investor baru dan menghasilkan peningkatan permintaan untuk BTC,” jelasnya.

ETF Bitcoin

BlackRock makin mantap melangkah ke market kripto incar investor kaya. Sumber: Jeenah Moon/Bloomberg.
BlackRock makin mantap melangkah ke market kripto incar investor kaya. Sumber: Jeenah Moon/Bloomberg.

Baca juga: Gerak Pasar Kripto Terpantau Sideways, Pekan Ini Ada Momen Krusial

Sementara itu jika disetujui, ETF Bitcoin dari BlackRock dapat mengarah pada salah satu peluncuran ETF terbesar dalam sejarah, kata Fundstrat, menambahkan bahwa pada akhirnya dapat memecahkan pemegang rekor, Invesco QQQ ETF, di tahun pertama aliran masuknya. QQQ ETF, yang melacak Nasdaq 100, menarik aliran masuk US$ 36 miliar pada tahun pertama setelah peluncurannya pada Maret 1999.

Fundstrat mengatakan ETF bitcoin pada akhirnya dapat melampaui pasar ETF logam mulia, yang memiliki aset hampir US$ 230 miliar.

“Bitcoin ETF pada akhirnya bisa menjadi kategori >US$ 300 miliar,” kata Fundstrat. Dan lonjakan permintaan itulah yang dapat membantu memberi label harga tiga digit pada bitcoin.

Fundstrat bukan satu-satunya perusahaan dengan target harga US$ 100.000+ untuk Bitcoin. Awal bulan ini, Standard Chartered mengatakan umpan balik positif dapat mendorong aset kripto melewati US$ 120.000 tahun depan.

Advertisement

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular