Connect with us

Market

Standard Charted Ramal Ethereum Capai Rp 125 Juta pada Tahun 2026

Published

on

Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.

Para peneliti di Standard Chartered Bank baru-baru ini mengeklaim bahwa Ethereum (ETH), aset kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar, dapat naik hingga 500% dari harganya saat ini pada tahun 2026.

Standard Chartered Bank memprediksi Ethereum mungkin sudah mencapai harga US$ 4.000 atau sekitar Rp 62 juta pada akhir tahun 2024. Dan puncaknya terjadi pada tahun 2026 dengan harga US$ 8.000 atau Rp 125 juta per ETH.

Dikutip Crypto Potato, prediksi bullish bank tersebut mengikuti perkiraan optimis serupa untuk Bitcoin (BTC), yang diklaim dapat mencapai US$ 120,000 sebelum tahun 2025.

Mengapa ETH Bisa Meroket?

Berdasarkan laporan penelitian yang diterbitkan oleh bank pada hari Rabu (11/10), dominasi Ethereum dibandingkan dengan platform smart contract lainnya dikombinasikan dengan peningkatan teknis yang akan datang kemungkinan akan mendorong nilai token gas aslinya.

“Kami pikir dominasi Ethereum dalam platform kontrak pintar, seiring dengan munculnya penggunaan dalam game dan tokenisasi, memiliki potensi untuk mendorong ETH ke level US$ 8.000 pada akhir tahun 2026 (kelipatan 5x dari harga saat ini sebesar US$ 1.600),” tulis Geoffrey Kendrick, kepala penelitian valas dan kripto Standard Chartered Bank.

Momentumnya tidak akan berhenti di situ: Kendrick menduga bahwa angka US$ 8.000 hanya akan menjadi langkah awal menuju “penilaian struktural jangka panjang” sebesar US$ 26.000 hingga US$ 35.000 – kisaran harga yang ditetapkan oleh bank pada bulan September 2021 .

Penilaian ini mengasumsikan kasus penggunaan yang belum terwujud untuk ETH, meskipun integrasi dalam bidang game dan tokenisasi kemungkinan akan mendukung pengembangannya, kata analis tersebut.

Advertisement
Ilustrasi Standard Chartered. Sumber: Standard Chartered.
Ilustrasi Standard Chartered. Sumber: Standard Chartered.

Baca juga: CEO Binance Membuat Prediksi Bitcoin Pasca Halving yang Berani

Sejak tahun 2021, Ethereum telah mengalami peningkatan besar-besaran dalam “The Merge,” yang mentransisikan jaringan ke mekanisme konsensus bukti kepemilikan pada bulan September 2022.

Peningkatan ini hanya menandai yang pertama dari lima tonggak pengembangan utama , namun semuanya dimaksudkan untuk menyederhanakan penyimpanan data Ethereum, meningkatkan skalabilitas, mempertahankan desentralisasi, dan pada akhirnya membuka potensinya.

Pandangan ke Depan Ethereum

Beberapa peningkatan yang akan datang, termasuk “protodank-sharding,” akan “membantu memperkuat dominasi Ethereum di bidang smart contract, sehingga meningkatkan rasio P/E (jika bukan pendapatannya) selama beberapa tahun ke depan,” kata Kendrick.

Bulan lalu, analis JP Morgan menulis bahwa mereka kecewa dengan kinerja jaringan Ethereum sejak peningkatan Shanghai pada bulan April, namun protodank-sharding mungkin bisa menjadi penyelamat. Dijadwalkan akan berlangsung pada akhir tahun ini, peningkatan ini akan meningkatkan throughput transaksi Ethereum dan kinerja jaringan secara umum.

Di luar perubahan jaringan asli, Standard Chartered mengatakan harga ETH juga dapat memperoleh keuntungan dari pengurangan separuh Bitcoin yang akan datang pada bulan April. Potensi persetujuan ETF spot untuk kedua aset di Amerika Serikat sama-sama bullish.

“Kami memperkirakan ini akan terjadi pada akhir tahun 2024, setelah pemilu AS,” tulis Kendrick.

Faktor-faktor tersebut dapat membawa ETH melampaui US$ 4.000 pada akhir tahun 2024, menurut analis – naik 2,5x dari harga saat ini.

Advertisement

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apa pun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas berisiko tinggi.

Popular