Connect with us

Altcoin News

Token Bitcoin BRC-20 Mendekati Kapitalisasi Pasar US$ 1 Miliar

Published

on

Ilustrasi token Bitcoin BRC-20. Sumber: Coinpedia.

Kapitalisasi pasar token BRC-20 telah melonjak dalam beberapa hari terakhir karena para investor menaikkan nilai ORDI dan MEME, yaitu kripto berbasis Bitcoin. Demam token meme melanda Bitcoin, karena kapitalisasi pasar token berbasis BRC-20 yang dibangun di atas blockchain kripto terkemuka mendekati US$ 1 miliar.

BRC-20 adalah standar token pada blockchain Bitcoin, dinamai berdasarkan ERC-20 Ethereum. Gagasan BRC-20 adalah membuat token yang sepadan melalui protokol Ordinals. Namun, token BRC-20 tidak menggunakan smart contract. Mereka membutuhkan wallet Bitcoin untuk mencetak dan memperdagangkan token.

Menurut catatan resmi saat ini ada sebanyak 14.079 token berbeda telah dicetak menggunakan standar BRC-20. Belasan ribu token tersebut kini mencapai kapitalisasi pasar mendekati US$ 1 miliar. Kegemaran koin meme telah berkontribusi pada kenaikan biaya transaksi yang signifikan bagi para penambang.

Popular

Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Shutterstock.
Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Meme Coin PEPE Lampaui Volume Perdagangan XRP dan BNB

Token kripto yang berbasis BRC-20 kini tengah popular, terutama setelah munculnya memecoin baru-baru ini, telah menghasilkan lebih dari 8.000 token unik menggunakan standar BRC-20, dengan mayoritas memecoin seperti Ordinals (ORDI) dan Memetic (MEME).

Dibandingkan dengan ratusan ribu token ERC-20 di Ethereum hingga hanya 8.000 BRC-20, tim peneliti BingX berkomitmen untuk melakukan analisis menyeluruh terhadap berbagai proyek BRC20. Sangat penting bahwa penelitian dilakukan segera untuk memastikan token basis BRC-20 ini memiliki keunggulan strategis sekaligus memberi investor maupun trader pengalaman investasi yang aman.

Advertisement

Menurut situs brc-20.io, yang melacak pasar yang baru lahir untuk token yang dicetak pada blockchain Bitcoin, kapitalisasi pasar dari semua token BRC-20 digabungkan dengan total sekitar US$ 991 juta, saat tulisan ini dibuat. Pasar telah melonjak nilainya, serta jumlah token yang beredar, selama beberapa hari terakhir.

Kependekan dari “Bitcoin Request for Comment,” BRC-20 adalah kerangka kerja eksperimental untuk membangun token yang dapat dipertukarkan pada Bitcoin menggunakan Ordinals , protokol yang memungkinkan orang untuk mencetak aset mirip NFT pada Bitcoin yang disebut prasasti.

Perkembangan

Ilustrasi token Bitcoin BRC-20. Sumber: Coinmarketcap.
Ilustrasi token Bitcoin BRC-20. Sumber: Coinmarketcap.

Baca juga: Apa Itu SUI Token? Dan Hal yang Perlu Kamu Ketahui

Token BRC-20 telah ada selama dua bulan. Mereka dipelopori oleh penggemar data on-chain bernama Domo, yang mengambil inspirasi dari standar token ERC-20 di Ethereum dan meluncurkan token yang disebut ORDI pada 8 Maret.

Sejak itu, Ordi telah mencapai kapitalisasi pasar sekitar $400 juta, menurut brc-20.io. Token BRC-20 lainnya seperti PEPE (token yang berbeda dari token meme Ethereum yang saat ini sedang populer dengan nama yang sama), MEME, PIZA, dan DOMO telah mengikutinya saat Bitcoin melewati jenis mania koin meme yang telah mencengkeram crypto yang lebih luas. Pasar di masa lalu dengan Dogecoin, Shiba Inu, dan BONK .

Volatilitas token BRC-20 menyoroti sifat yang muncul dari ruang Ordinals, karena prasasti berbasis teks — yang digunakan untuk membuat dan memperdagangkan token — mengambil alih dan prasasti berbasis gambar menjadi kurang umum. Kemarin, lebih dari 399.000 prasasti berbasis teks dibandingkan dengan 20 prasasti berbasis gambar, menurut data dari Dune.

Advertisement

Popularitas token BRC-20 berdampak nyata pada transaksi Bitcoin, secara keseluruhan. Pada hari Minggu, 65% dari transaksi Bitcoin terkait dengan token BRC-20, menurut dasbor Dune lainnya, dan bursa kripto terkemuka Binance menghentikan penarikan Bitcoin secara singkat karena kemacetan jaringan.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular