Connect with us

Market

Tren Bitcoin 30 Sept – 4 Okt 2024: Uptober? Bull has 4 Legs By Hoteliercrypto

Published

on

Hoteliercrypto.

Artikel analisa tren Bitcoin (BTC) ini hasil kolaborasi Tokocrypto dengan Hoteliercrypto.

SELAMAT ULANG TAHUN TOKOCRYPTO, SEMOGA SEMAKIN DIDEPAN DAN TERUS MENG-KRIPTO-KAN INDONESIA, KARENA KRIPTO MEMBAWA KESEJAHTERAAN JIKA CARANYA BENAR.

Ilustrasi kue ulang tahun Tokocrypto. Sumber: Hoteliercrypto.

Minggu ini, data dan prediksi garis cenderung masih inline walau kecocokan berdasarkan jam masih harus terus diperbaiki. 

Ilustrasi pergerakan BTC/USDT. Sumber: Hoteliercrypto.

Berdasarkan data, prediksi kita salah di PMI yg naik padahal actualnya turun, Prediksi kita benar di Consumer Confidence yang turun, Prediksi salah di New home sales yg naik diatas forecast dan claim data yang turun tapi akumulasinya naik. Bisa goyah gelar Phd. Ini 😂😂😂

Pada dasarnya Guideline Oktober adalah Bullish, alasannya RRP akan jadi nol sebelum pemilu, dan M2 Supply sudah terkonfirmasi Expanding (naik), ditambah kepastian Utang AS yg capai 36T akhir tahun, membuat Rem liquidity akan blong, artinya duit dipasar akan melimpah, mencari uang akan terasa mudah. Tetapi ingat, Bull has 4 Legs

Ilustrasi pergerakan BTC/USDT. Sumber: Hoteliercrypto.

Leg itu artinya akan selalu ada kesempatan untuk serok, jadi kalau naik TP dan perbesar modal. Lebih baik modal 20ribu dollar cari 20% daripada modal 2ribu dollar cari 2000%, ga punya kan 20rb dollar? Sama. Mari kita kumpulin modal 20rb dari cuan yg 20%, bull market boleh lah naik 30-50% per koin. Tapi ingat, harus 1:3, trading 10 Juta dana standby 30 juta, seiring waktu dana standby naik karena profit, dana tradingnya naikin, jadilah compound.

Data Minggu Depan

Mari kita bahas, data minggu depan.

Advertisement

30 September 2024

9.30 WITA: CHINA CAIXIN MANUFACTURING PMI

Ilustrasi data China Caixin Manufacturing Purchasing index. Sumber: Investing.com.

Caixin Manufacturing PMI Tiongkok adalah ukuran untuk kegiatan pabrik di Tiongkok yang dominannya Expor. Jika Caixin naik, maka PMI AS turun, PMI AS kemaren sudah turun kan? Maka prediksi saya Caixin Tiongkok akan naik, sehingga logisnya dollar turun.

Tetapi ingat, ini adalah masa dimana data harus diinverse, yang artinya sekalipun DXY naik, naiknya itu tidak fundamental, tidak ada kegiatan ekonominya, naiknya itu karena liquidity dollar turun, akibat dibuangin Tiongkok dan non sekutu AS. Jadi DXY bullrun tidak memakan liquidity Bitcoin. DXY yang naik dihari Senin ini, adalah karena hari Terakhir RRP dibulan September yang memuncak, setelah itu akan jatuh, bahkan saya prediksi nol di Oktober.

2.00 WITA: RRP LAST DAY 30 SEPTEMBER 2024 (Masuk hari Selasa 1 Oktober 2024)

Advertisement

Perhatikan gambar ini, RRP naik setiap akhir bulan, akhir quarter, akhir semester dan akhir tahun serta akhir periode. Reverse Repurchase Agreement adalah Fed’s Tool untuk mengendalikan jumlah uang beredar.

Jika RRP naik, Bitcoin Koreksi, karena DXY naik. Lihat ajah tanggal 25 September 2025, DXY naik karena RRP hari Rabu ke 416 Milyar dollar

Ilustrasi pergerakan indeks Dolar AS (DXY).

1.00 WITA: POWELL SPEAKING 30 September 2024 (Masuk hari Selasa 1 Oktober 2024)

Lagi dia nongol hahaha, so Powell disini akan terus mengatakan sesuatu yang Dovish. Agar Swasta berinvestasi sehingga liquidity pemerintah dibarengin liquidity swasta membasahi pasar agar uang gampang dicari dan Harris menang Pemilu. Begicu….. Makin tahu kan kalau slogan Fed independent dan based on data adalah tipu-tipu? 🤣🤣🤣

Candle hari Senin akan merah akibat pasar Tiongkok libur dan RRP naik

Ilustrasi pergerakan BTC/USDT. Sumber: Hoteliercrypto.

Selasa, 1 Oktober 2024

22.00 Jolts opening

Advertisement
Ilustrasi data US JOLTs Job Openings. Sumber: Investing.com.

Jolts adalah jumlah lowongan yang tersedia. Data ini sangat disukai oleh Yellen, Menkeu AS, karena menampilkan jumlah pekerjaan baru dan lama. Beneran begitu? Bukan, Jolts disukai oleh Yellen karena bisa diedit, ini hanyalah survey, kadang satu perusahaan isi survey 2x kadang ada yang tidak isi.

Suka-suka mereka-lah, masa setiap bulan ngisi survey. Jika Jolts naik maka DXY naik, jika datanya akurat, menilai akurasi data adalah dari duit, yaitu dari DXY, tujuan Jolts adalah menyediakan lapangan pekerjaan, jika secara angka naik, tetapi secara lapangan jumlah lowongan tidak naik, maka artinya rakyat belum pegang gaji, belum pegang dollar, yang artinya kalau dollar hodler tidak naik, maka kenaikan DXY semu, naiknya bukan karena ekonomi membaik, naiknya karena jumlah dollar yang beredar dikurangi.

Sehingga kenaikan dollar bukan karena liquiditynya naik tapi karena jumlah peredaran dollarnya dikurangi, artinya naiknya DXY semu. Nah tanggal 30 September adalah Puncak kenaikan RRP terakhir. Saya tidak tahu kapan RRP jadi nol, tetapi saya tahu RRP akan turun drastis di Oktober. Arti selanjutnya adalah walaupun Data membaik, walaupun DXY bull run walaupun minyak naik, tren Bitcoin tetap akan naik, bukti bahwa liquidity dollar tidak naik dan dimakan Bitcoin, itulah arti dari inverse data yang saya tulis minggu lalu.

  • Fed Bostic, Barkin, Collin, Cook Speaking

Keempat orang ini adalah Wayang Dovish Fed, mereka selalu membeo apa yang Powell katakan atau kalau mereka ragu, mereka mengatakan sesuatu yang bias. Saya terus mengamati pidato mereka dan sering saya temukan jika mereka berseberangan pendapat dengan Powell, minggu depannya akan mereka rubah pendapatnya dengan mengganti datanya. 😅 Jadi pidato mereka tak perlu dipusingkan.

Begini candlenya kira-kira:

Ilustrasi pergerakan BTC/USDT. Sumber: Hoteliercrypto.

Rabu, 2 Oktober 2024

22.00 WITA: ADP

Advertisement
Ilustrasi data US ADP Nonfarm Employee. Sumber: Investing.com.

ADP adalah jumlah karyawan swasta. Perhatikan logika ini:

Jumlah akumulasi pengangguran naik (Continuing claim data), Belanja pabrik turun (PMI), Kepercayaan diri Belanja masyarakat turun (Consumer Confidence), Belanja barang tahan lama Masyarakat turun (Durable Order), Retail sales turun, TETAPI GDP NAIK 😂😂😂😂, PENGHASILAN MASYARAKAT NAIK, PCE NAIK, PERSONAL INCOME NAIK, PERSONAL SPENDING NAIK, bisakah kita terus masuk akal dan logis dengan data begini?

Secara logika saya harus prediksi bahwa jumlah karyawan swasta turun (ADP) tetapi lihat angkanya itu sudah paling buruk di 99K. Dan nyatanya pemerintah tidak mau mengakui resesi. Apa yang akan pemerintah lakukan? Mengubah data ADP, jadi ADP pasti akan naik, namun angka sebelumnya dirubah, angka 99K itu cenderung most likely dirubah.

Nah sekarang lihat rumusnya, jika ADP naik maka DXY turun, karena data ADP dirubah, bagaimana mungkin DXY naik? Tetapi nyatanya nanti akan naik, dan bitcoin tidak turun. Magic kan? Inilah yg saya sebut reverse data, ADP naik, DXY naik tetapi tren Bitcoin naik juga.

  • FED’S BOWMAN, BARKIN SPEAKING

Begini candlenya kira kira:

Ilustrasi pergerakan BTC/USDT. Sumber: Hoteliercrypto.

Kamis, 3 Oktober 2024

20.30 WITA: Claim data

Advertisement
Ilustrasi data US Claim Data. Sumber: Investing.com.

Baca juga: 3 Airdrop Kripto Gratis untuk Minggu Keempat September

Lihat lah data jumlah pengangguran ini, beberapa waktu saya selalu benar memprediksi dengan menambahkan 1K diminggu berikutnya sebagai antisipasi perubahan, sekarang mereka menambahkan 3K, saya prediksi claim data minggu depan akan berubah ke 221K dari yang minggu ini turun 218K. 

Jika claim data turun DXY naik, tapi tunggu dulu data bodong tak bisa menipu Bitcoin.

Coba perhatikan akumulasi data ini continuing claim data. Claim data mingguan turun, tetapi akumulasi bulanannya naik.

Ilustrasi data US Continuing Jobless. Sumber: Investing.com.

Bagaimana otak saya ngga pecah menganalisa ini, tapi akan lebih salah jika kita tidak memakai data untuk menganalisa. Sehingga yang paling bagus adalah inverse, Good News is Good news and bad news is bad news for Crypto.

Saya tahu, minggu depan Pengangguran akan turun, DXY akan naik, tapi tren Bitcoin juga naik.

Advertisement
  • Factory order
Ilustrasi data US Factory Orders MoM. Sumber: Investing.com.

Factory Order adalah Pesanan inden ke pabrik oleh masyarakat, termasuk didalamnya Mobil dan HP. Jika Factory order naik, DXY naik, ya dong, kan artinya rakyat punya uang. Jika Factory order turun maka DXY turun. Saya prediksi Factory order naik, karena Tesla ada mengeluarkan teknologi baru.

Jadi kira kira begini candlenya:

Ilustrasi pergerakan BTC/USDT. Sumber: Hoteliercrypto.

Jumat, 4 October 2024

20.30: Non-Farming Payroll

Ilustrasi data US Nonfarm Payrolls. Sumber: Investing.com.

Nah disini adalah puncak kedua setelah CPI. Mandat Fed adalah menciptakan lapangan pekerjaan dan menjaga kestabilan ekonomi. Presiden Biden mengatakan, Resesi bukanlah tidak tumbuhnya ekonomi selama 6 bulan, negara tidak resesi jika jumlah pekerjaan melimpah, itu sebabnya Yellen berpegang pada Jolts dan Fed berpegang pada NFP.

Non Farming Payroll adalah jumlah pekerjaan baru diluar pertanian dan peternakan. Jika NFP naik maka DXY naik, jika NFP turun maka DXY turun.

Sekarang kita tahu BLS mengatakan ada perubahan data lebih dari 800rb pekerjaan, intinya adalah gubahan data sudah dilakukan, sekarang mendekati pemilu data harus bagus. Sehingga NFP akan dilaporkan naik, DXY akan naik dan bullrun, tetapi tren Bitcoin juga akan naik.

Advertisement

Begini candlenya kira kira:

Ilustrasi pergerakan BTC/USDT. Sumber: Hoteliercrypto.

What does it mean? 

DXY naik bukan karena liquidity dollar membaik dan banyak, DXY naik karena jumlah edar koinnya dikurangi sehingga melangka, hali itu dibuktikan dengan tren Bitcoin naik walau DXY naik, artinya Bitcoin memakan liquidity DXY dibuktikan dengan inflasi yang naik, pemerintah membiayai pertumbuhan ekonomi melalui kebijakan Fed untuk QE yaitu menaikkan M2 Supply, mengurangi RRP dan memotong suku bunga yang berarti remnya blong. 

So, Uptober? yes, tetapi bull has 4 legs, dan leg yg pertama saya belum tahu kapan.

Ingat, Minggu depan Tiongkok libur sehingga kebijakan stimulus itu tertunda. Jam 8 pagi akan cenderung merah, dan Bitcoin tergerak hanya oleh data AS. 

Advertisement

Terimakasih sudah membaca, ini adalah pendapat saya tentang Mood Market minggu depan.

Perhatikan, saya bukanlah ahli ekonomi, tidak sekolah keuangan, bukan penasehat ekonomi, tidak bergelar CFA, tidak dapat dijadikan acuan untuk membeli atau menjual asset, kesalahan analisa saya sering terjadi, dan mengikutinya dapat memberikan kerugian.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Advertisement

Popular