Connect with us

Blockchain

Visa Berhasil Selesaikan Program Percontohan CBDC di Hong Kong

Published

on

Ilustrasi perusahaan layanan pembayaran, Visa. Sumber: Getty Images.

Visa, pemimpin global dalam teknologi pembayaran, telah mengumumkan keberhasilan penyelesaian uji coba simpanan yang diberi token menggunakan central bank digital currencies (CBDC).

Pada tanggal 1 November, Visa mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan program percontohan CBDC Otoritas Moneter Hong Kong dengan lembaga keuangan terkemuka, HSBC dan Hang Seng Bank, sebagai bagian dari program percontohan “Dolar Hong Kong Digital” Otoritas Moneter Hong Kong (HKMA).

Uji coba ini adalah bagian dari program “Dolar Hong Kong Digital” yang diselenggarakan oleh HKMA, yang dimulai awal tahun ini pada bulan Mei dan merupakan kasus penggunaan pertama secara global yang memanfaatkan simpanan yang diberi token untuk transaksi mandiri B2B antar bank dan transaksi lintas rantai.

CDBC di Hong Kong

Percontohan ini berfokus pada proses pembayaran antarbank business-to-business (B2B), termasuk pembayaran properti dan penyelesaian antara lembaga pembayaran dan pedagang.

Ilustrasi aset kripto di Hong Kong. Sumber: Getty Images.
Ilustrasi aset kripto di Hong Kong. Sumber: Getty Images.

Baca juga: MicroStrategy Tambah Portofolio Bitcoin, Borong BTC Senilai Rp 84 Miliar

Pengujian ini menunjukkan potensi manfaat tokenisasi pembayaran B2B, termasuk peningkatan kecepatan pembayaran, peningkatan manajemen dan pengendalian risiko penyelesaian, peningkatan ketahanan jaringan pembayaran, dan transparansi transaksi yang lebih baik.

Selama uji coba ini, platform Visa beroperasi 24/7, mengungguli sistem pembayaran tradisional yang seringkali memiliki batasan jam operasional. Setoran yang diberi token ditransaksikan menggunakan enkripsi, memastikan privasi dan keamanan. Mereka dapat dilihat di penjelajah blockchain namun tidak mengungkapkan identitas peserta, saldo, atau jumlah transaksi kepada pengguna non-bank.

Namun, Visa menyatakan komitmennya untuk mengeksplorasi lebih jauh penggunaan simpanan yang diberi token di berbagai bidang, termasuk pasar aset yang diberi token dan keuangan yang dapat diprogram.

Advertisement

Misalnya, dalam kasus penggunaan “Pembayaran Properti”, setoran yang diberi token dapat mengotomatiskan pembayaran kepada pengembang properti setelah mencapai tanggal penyelesaian kontrak, sehingga meminimalkan penundaan dalam proses penutupan.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular