Connect with us

Bitcoin News

Volume Perdagangan Bitcoin Capai Titik Terendah, Ada Potensi Kenaikan?

Published

on

bitcoin

Volume perdagangan Bitcoin (BTC) mencapai level terendah dalam hampir lima tahun pada bulan Agustus ini, karena investor terus menunggu alasan untuk kembali terjun ke pasar.

Analisis data CryptoQuant dari bursa spot dan derivatif menunjukkan total volume Bitcoin yang disimpan di semua bursa turun awal bulan ini ke level terendah sejak 2018 dan kesulitan untuk pulih.

Dilaporkan CNBC, pada 26 Agustus, Bitcoin volume perdagangan di semua bursa mencapai 129,307 BTC, menurut CryptoQuant. Awal bulan ini, pada 12 Agustus, harga turun menjadi 112,317 BTC, level terendah sejak 10 November 2018. Sekarang turun dari level tertinggi bulan Maret di 3,5 juta BTC sekitar 94%.

“Volume perdagangan menurun di pasar bearish karena investor ritel pergi,” Julio Moreno, kepala penelitian di CryptoQuant, mengatakan kepada CNBC. “Ini terjadi pada tahun 2022 di sebagian besar bursa. Saat kita maju lebih jauh ke dalam pasar bullish, volume perdagangan mungkin terus meningkat.”

Nasib Bitcoin

Grafik volume perdagangan Bitcoin (BTC) capai titik terendah. Sumber: CNBC.
Grafik volume perdagangan Bitcoin (BTC) capai titik terendah. Sumber: CNBC.

Baca juga: Potensi Kenaikan Harga Aset Kripto Ini Mencapai 16%, Simak Analisisnya

Harga Bitcoin masih naik 57% untuk tahun ini dan berada di sekitar US$ 26.100, menurut Coin Metrics.

Musim panas ini sangat sepi bagi para pedagang Bitcoin, namun faktor musimanlah yang menyebabkan hal tersebut. Tindakan keras peraturan AS terhadap kripto ditambah dengan berakhirnya krisis perbankan pada bulan Mei (yang menyumbang sebagian besar keuntungan tahun ini) membuat para pembuat pasar dan pedagang menjauh – dan mereka tidak punya alasan untuk kembali.

Bahkan setelah aksi jual BTC yang hebat pada 17 Agustus – aksi jual satu hari terbesar sejak puncak kejatuhan FTX pada bulan November – pasar dengan cepat menjadi tenang kembali. Data menunjukkan investor jangka panjang tidak mudah terguncang oleh pelemahan yang terjadi baru-baru ini.

Advertisement

“Secara keseluruhan, pasar tetap membosankan menunggu katalis baru dan likuiditas pasar secara keseluruhan masih terbatas,” kata analis Bernstein Gautam Chhugani dalam catatannya pada hari Senin minggu lalu dalam perdagangan kripto.

Potensi Bitcoin

koin bitcoin
Ilustrasi aset kripto Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Harga Bitcoin Diprediksi Mencapai Rp 2,2 Miliar pada Pertengahan 2025

“Pasar ini belum tentu bearish, tetapi para peserta tetap tidak tertarik untuk berdagang, karena pasar menunggu katalis” – khususnya, dalam bentuk keputusan pada aplikasi ETF bitcoin spot mana pun yang sesuai dengan Komisi Sekuritas dan Bursa.

Chhugani mengatakan bahwa apa pun yang akhirnya membawa pergerakan kembali ke pasar, peluang nyata investor “terletak pada jalur menuju siklus pasar baru,” yang cenderung bertepatan dengan halving Bitcoin. Pertandingan berikutnya diperkirakan akan berlangsung pada musim semi tahun 2024. Cantor Fitzgerald menggemakan penekanannya pada permainan jangka panjang.

“Meskipun katalis jangka pendek dapat memiliki banyak bentuk, kami terus percaya pada kisah jangka panjang dari adopsi kripto yang sedang berlangsung dan daya tahan Bitcoin sebagai aset alternatif dan penyimpan nilai,” kata analis Cantor Fitzgerald, Josh Siegler dalam sebuah catatan pada hari Senin (28/8).

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. 

Advertisement

Popular