Connect with us

Bitcoin News

Bitcoin Masih di Bawah Level Kunci, Meskipun Ada Lonjakan Grayscale

Published

on

Ilustrasi market kripto Bitcoin.

Harga Bitcoin melonjak kemarin, memantul dari level support kritis. Lonjakan tersebut terjadi menyusul berita Grayscale. Namun, kelanjutan bearish masih mungkin terjadi jika harga tetap berada di bawah rata-rata pergerakan 200-day.

Tren penurunan harga BTC mungkin telah berakhir, didukung oleh gelombang berita regulasi yang positif, termasuk kemenangan Grayscale melawan SEC. Kejutan rebound Bitcoin ke US$ 28,000 telah meyakinkan para analis di pasar bahwa aksi jual hampir berakhir dan pemulihan ke pasar bullish sedang dalam tahap awal.

Reli ini, meskipun singkat, mengubah aspek teknis harga BTC, menurunkan kemungkinan penurunan lagi di bawah support/resistance US$ 25.000.

Lonjakan Volume

Metrik Bitcoin Exchange Reserve, yang mengukur jumlah BTC yang disimpan di dompet bursa. Sumber: CryptoQuant.
Metrik Bitcoin Exchange Reserve, yang mengukur jumlah BTC yang disimpan di dompet bursa. Sumber: CryptoQuant.

Baca juga: SEBA Bank Dapat Restu Tawarkan Layanan Kripto di Hong Kong

Kripto paling terkemuka mengalami lonjakan volume perdagangan karena investor dengan cepat bereaksi terhadap kemenangan Grayscale Investments yang banyak dipublikasikan melawan Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC).

Keputusan yang dibuat oleh pengadilan banding mengizinkan Grayscale untuk mengubah produk Bitcoin Trust (GBTC) menjadi dana yang diperdagangkan di bursa Bitcoin (ETF) setelah mendapat persetujuan dari SEC.

Banyak analis, pemimpin opini, dan pakar di industri kripto percaya bahwa persetujuan ETF BTC spot dan halving yang akan datang akan memicu kenaikan berikutnya yang diantisipasi pada tahun 2024/2025.

Namun, SEC terus menolak proposal dengan alasan volatilitas dan kemungkinan manipulasi pasar di antara alasan lain untuk tidak memberikan lampu hijau.

Advertisement

Apakah Harga BTC Kembali Turun?

Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Jumlah Investor Kripto RI Tembus 17,67 Juta hingga Juli 2023

Pada grafik harian, harga akhirnya menunjukkan beberapa aksi harga bullish setelah menemukan support di level US$ 25.000. Rata-rata pergerakan 200-day, yang terletak di sekitar US$ 27.500, saat ini sedang diuji.

Penembusan di atasnya kemungkinan akan menghasilkan reli lebih lanjut dan kemungkinan pengujian ulang level US$ 30.000. Namun, jika rata-rata pergerakan 200 hari menolak harga ke bawah, kemungkinan pergerakan bearish lainnya akan terjadi, berpotensi mendorong harga menuju level US$ 25.000 dalam beberapa minggu mendatang.

Sementara, pada Grafik 4 jam menunjukkan pasar kembali berada di sekitar area utama. Harga sedang menguji level US$ 27.500 karena momentum bullish telah memudar.

Jika BTC naik di atas level resistensi yang disebutkan, reli menuju US$ 30.000 dan seterusnya akan sangat mungkin terjadi. Namun, mengingat sinyal overbought yang ditunjukkan oleh RSI dan pergerakan harga saat ini, penolakan bearish tampaknya lebih mungkin terjadi. Dalam hal ini, penurunan lagi menuju level US$ 25.000 dapat diperkirakan terjadi dalam jangka pendek.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi.

Advertisement

Popular