Connect with us

Altcoin News

XRP Incar Lonjakan Harga Saat Ripple Siap Menyerbu Pasar Stablecoin

Published

on

Ilustrasi aset kripto XRP. Sumber: FX Empire.

XRP menargetkan kenaikan harga tinggi pasca Ripple ingin meluncurkan stablecoin yang dipatok ke dolar AS. Dalam 24 jam terakhir, XRP naik lebih dari 3% ke harga $0,5878 setelah berada di zona merah belakangan ini.

Dilaporkan Zycrypto, Ripple bersiap untuk memperkenalkan stablecoin-nya yang didukung dolar AS di Ethereum dan XRP Ledger, dengan harapan dapat bersaing dengan Tether (USDT) dan USDC Circle untuk mendapatkan keuntungan dari pangsa pasar.

Ripple Bergabung dengan Pertarungan Stablecoin senilai $150 Miliar

Ripple, yang masih berjuang melawan tuntutan hukum yang diajukan oleh Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat, berencana untuk meluncurkan stablecoin yang dipatok ke harga dolar AS “akhir tahun ini”.

Stablecoin kripto yang belum disebutkan namanya akan 100% didukung oleh dolar AS, perbendaharaan pemerintah AS jangka pendek, dan “setara uang tunai lainnya,” kata Ripple dalam siaran persnya .

pasar-crypto-ripple-coin-xrp-cryptocurrency
Ilustrasi aset kripto XRP. Sumber: FX Empire.

Baca juga: Daftar lengkap Jumlah Miliarder Kripto dan Pemegang Bitcoin

Meskipun stablecoin pada awalnya akan diterbitkan pada XRP Ledger dan blockchain Ethereum yang berfokus pada institusi Ripple, terdapat “rencana untuk memperluas ke blockchain tambahan serta protokol dan aplikasi keuangan terdesentralisasi seiring berjalannya waktu.”

“Menerbitkan stablecoin kami di XRP Ledger dan Ethereum akan berfungsi sebagai titik masuk penting untuk membuka peluang baru bagi kasus penggunaan institusional dan DeFi di berbagai ekosistem,” kata Presiden Ripple Monica Long. “Menghadirkan stablecoin tepercaya ke XRPL akan mendorong lebih banyak adopsi dan pengembangan, berkontribusi pada ekosistem yang dinamis.”

USDT dan USDC adalah stablecoin dominan yang dipatok USD saat ini. Ripple memperkirakan nilai pasar stablecoin saat ini sekitar $150 miliar, yang diperkirakan akan meroket menjadi $2,8 triliun pada tahun 2028.

Advertisement

Memastikan Kepatuhan dan Transparansi

CTO Ripple David Schwartz mengindikasikan bahwa perusahaan telah mempertimbangkan peluncuran stablecoin jauh lebih awal. Namun, setelah mempelajari pasar dan mengevaluasi berbagai faktor ekonomi, Schwartz mengatakan peluncurannya pada tahun 2024 lebih masuk akal secara strategis:

“Kami pikir kami memiliki posisi yang unik untuk memiliki entri yang kompetitif di pasar tersebut,” ujarnya. “Kami hadir baik di sisi institusional dengan produk pembayaran kami, dan di sisi XRP Ledger, kami memiliki beberapa akses ke bagian DeFi. Itu adalah dua wadah besar di mana stablecoin digunakan saat ini.”

Ripple mengungkapkan bahwa mereka akan menerbitkan pengesahan bulanan atas kepemilikannya yang mendukung stablecoin, dengan firma akuntansi pihak ketiga yang melakukan audit. Cadangan devisa perusahaan akan disimpan oleh bank-bank AS.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular