Connect with us

Bitcoin News

Daftar Negara dengan Kepemilikan Bitcoin Tertinggi, Ada Indonesia?

Published

on

Ilustrasi bendera Amerika Serikat dan Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Pemerintah suatu negara mungkin memiliki Bitcoin sebagai aset cadangan. Menurut laporan Coinpedia, pemerintah di seluruh dunia memiliki sekitar 569.070 Bitcoin, yang setara dengan 2,69% dari total pasokan.

Pada tahun 2021, El Salvador menjadi negara pertama yang menjadikan BTC sebagai alat pembayaran yang sah dan mengamanatkan semua bisnis lokal untuk menerima pembayaran dalam BTC. Menurut para ahli, negara-negara kurang berkembang dapat menggunakan kepemilikan Bitcoin sebagai pendorong yang kuat untuk membangun ekosistem yang dinamis dan menciptakan solusi infrastruktur untuk memfasilitasi integrasi mata uang kripto ke dalam perekonomian riil.

Kepemilikan Bitcoin oleh negara-negara dapat mendorong distribusi kripto yang lebih luas dan mengurangi konsentrasi kripto, sehingga mendorong pola kepemilikan yang lebih demokratis. Dalam laporan Coinpedia ini, kami telah menyusun daftar negara-negara teratas yang memegang Bitcoin pada tahun 2024. Mari kita lihat siapa yang paling banyak memegang Bitcoin!

Bagaimana Pemerintah Memperoleh Bitcoin?

Laporan terbaru menunjukkan bahwa 2,69% dari total BTC dimiliki oleh pemerintah. Jadi, bagaimana pemerintah bisa memiliki Bitcoin? Nah, itu bisa dilakukan dengan cara merampasnya dari warga sebagai akibat hukum suatu tindak pidana. Pemerintah bermaksud merahasiakan informasi tentang berapa banyak BTC yang mereka miliki dan bagaimana mereka berencana menggunakannya!

Negara Teratas yang memegang BTC pada tahun 2024

Daftar di bawah ini menunjukkan pemerintahan teratas dengan kepemilikan Bitcoin tertinggi:

Amerika Serikat

Menurut situs Bitcoin Treasuries, AS telah mengumpulkan sekitar 215,000 BTC yang bernilai $8.3 miliar. Sebagian besar pengumpulan ini dilakukan melalui penyitaan penegakan hukum sejak tahun 2020. Aset bitcoin AS telah meningkat seiring negara tersebut memberlakukan penyitaan aset dari individu.

China

Kepemilikan Bitcoin Tiongkok berjumlah 190.000 BTC. Itu diperoleh setelah dana yang disita dari skema PlusToken Ponzi ditransfer ke pemerintah. Nilai total kepemilikan Bitcoin adalah sekitar $12,621.55 juta oleh pemerintah Tiongkok.

Advertisement

Britania Raya

Inggris berada di posisi teratas dalam hal kepemilikan dan perdagangan Bitcoin. Pemerintah Inggris saat ini memiliki sekitar 61,000 BTC senilai $4 miliar saat ini. Itu disita dari Jian Wen dan Zhimin Qian.

Jerman

Pemerintah Jerman berada di urutan keempat dalam daftar dengan akumulasi Bitcoin sebesar 50,000 BTC. Token senilai $2,17 miliar disita oleh Polisi Jerman pada tahun 2018, menjadikannya penyitaan mata uang kripto terbesar yang pernah ada. Penipuan tersebut dipimpin oleh dua pria, berusia 40 dan 37 tahun, yang didakwa menjalankan situs pembajakan hingga akhir tahun 2013.

Ukraina

Ilustrasi aset kripto legal di Ukraina. Foto: Coingape.
Ilustrasi aset kripto legal di Ukraina. Foto: Coingape.

Baca juga: Alasan Mengapa Pasar Kripto dan Bitcoin Turun di Awal April

Pemerintah Ukraina saat ini memegang 46,351 BTC. Pihak berwenang menyita aset kripto senilai $1.5 juta dari Yury Shchigol, mantan pejabat pemerintah.

El Salvador

El Salvador memiliki 5,690 BTC di perbendaharaannya. El Salvador pertama kali mulai membeli BTC pada September 2021 dan pada Februari 2024, kepemilikan Bitcoin El Salvador bernilai lebih dari $397 juta, menunjukkan keuntungan lebih dari 40%. Presiden, Nayib Bukele juga melihat bahwa sumber utama tambahan bitcoin di negara tersebut adalah program yang dijalankan oleh pemerintahnya yang menawarkan percepatan kewarganegaraan kepada imigran yang berminat yang memberikan “sumbangan” BTC kepada pemerintah negara tersebut.

Bhutan

Bhutan memiliki 621 BTC senilai $24,61 juta. Forbes menyatakan bahwa kerajaan tersebut mulai menambang BTC pada April 2019 ketika Bitcoin bernilai $5.000. Sejak itu, Bitcoin meroket!

Venezuela

Pemerintah Venezuela memiliki 240 BTC dengan 10,30% populasinya memiliki kripto.

Finlandia

Finlandia memiliki 90 BTC pada hari ini. Negara ini menyita 1.889 Bitcoin pada tahun 2018 yang disita dalam kasus narkotika. Kemudian menjual 1889 BTC pada tahun 2021 dan menghasilkan sekitar $48 juta.

Advertisement

Georgia

Pemerintah Georgia memiliki 66 BTC senilai $4,234,672 menurut Bitcointreasuries.net.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular