Highlight 1

Arbitrase: Cara cepat mendapatkan keuntungan

Published

on

Adanya perbedaan harga jual dan harga beli pada masing – masing platform exchanger, dinilai sebagai peluang oleh para investor kripto untuk mendapatkan keuntungan yang instan. adapun pengertian dari cara arbitrase Bitcoin tersebut adalah praktik dan strategi mencari keuntungan dengan cara memanfaatkan perbedaan harga pasar Bitcoin maupun altcoin.

Bagaimana Cara Arbitrase Bitcoin Itu Dilakukan?

  1. Amati Perbedaan Harga Antara Exchanger Satu Dengan Exchanger Lain
    Setiap exchanger akan memiliki harga yang berbeda untuk setiap koin yang dimiliki. Sebagai contoh: jika Anda membeli 1 Bitcoin di exchanger A, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000.000, Kemudian exchanger B akan membeli Bitcoin kamu di harga Rp. 60.000.000. Maka kamu akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp 10.000.000 saat menjual di exchange B. Setiap exchanger akan memiliki kebijakan yang berbeda, maka penting bagi Anda untuk mengetahui peluang yang ada.
  2. Hitung Selisih Perbedaan Harga Berapa Persen
    Untuk mendapatkan keuntungan dari arbitrase Anda harus menghitung peluang dan selisih harga yang ada. Jika Anda mencoba untuk melakukan arbitrase trading antara Tokocrypto dan exchange lainnya, Anda harus melakukan analisis biaya. Apakah akan untung atau rugi, dan keuntungannya berapa persen. Jangan lupa untuk memperhitungkan biaya penukaran, inilah pentingnya untuk memilih exchange yang memiliki biaya penukaran yang rendah. 
  3. Mempunyai Akun Exchanger Untuk Eksekusi Arbitrase
    Untuk melakukan arbitrase trading, Anda diharuskan untuk mempunyai akun di exchanger yang Anda pilih untuk melakukan arbitrase, karena ini merupakan proses pengiriman koin antar exchange
  4. Hitung Biaya Fee Transaksi dan Biaya Pengiriman Bitcoin
    Selain menghitung perbedaan harga antara exchanger dan keuntungan yang akan didapat, penting untuk menghitung biaya fee pada setiap kali melakukan transaksi dan berapa biaya pengiriman bitcoin antara exchanger satu dengan yang lain.

    Sebagai contoh: Anda membeli 1 BTC pada exchanger A dengan harga Rp 50.000.000 dan menjual di exchanger B dengan harga 1 BTC = Rp 60.000.000. Malah keuntungan yang didapat dari penjualan 1 BTC itu sebesar Rp 10.000.000 dan terdapat biaya transaksi yang dikenakan pada penjualan sebesar 3%, maka keuntungan yang Anda dapatkan berkurang menjadi Rp 9.700.000. Tentu hal ini akan mengurangi keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Contoh Sederhana Abirtrase Trading

Pada market www.bitcoin.co.id Harga terakhir1 BTC = Rp 60.000.000

Order jual 1 BTC = Rp. 60.000.000
Order Beli 1 BTC = Rp. 59.000.000

Market www.tokocrypto.com Harga terakhir 1 BTC = Rp 65.000.000

Order Jual 1 BTC = Rp 67.000.000
Order Beli 1 BTC = Rp 66.000.000

Bagaimana cara mengeksekusi arbitrase jika sudah mengetahui selisih harga? pastikan Anda sudah mempunyai akun di exchanger Bitcoin.co.id dan akun exchanger Tokocrypto.

Apa yang dilakukan jika sudah mempunyai akun di kedua exchanger?Tentunya anda beli bitcoin di exchanger Bitcoin.co.id dengan cara melihat harga yang ada di order sell.

Anggap saja order sell di Bitcoin.co.id ada 1 BTC dengan harga Rp. 60.000.000

Maka anda harus beli dengan harga 1 BTC = Rp 60.000.000

Apakah harus beli 1 BTC dengan modal Rp. 60 juta?

TIDAK. Semampu anda mau beli berapa .

Jika Anda punya uang Rp. 60 Juta bagaimana langkah selanjutnya?

  1. Jika anda punya uang Rp. 60.000.000, Anda bisa membeli 1 BTC di bitcoin.co.id
  2. Selanjutnya lakukan withdraw (penarikan) dari exchanger bitcoin.co.id ke akun exchanger Tokocrypto
  3. Kemudian login akun Tokocrypto Anda, lalu klik deposit Bitcoin.
  4. Copy address Bitcoin Anda yang ada di akun Tokocrypto.
  5. Lalu loginakun www.bitcoin.co.id lalu klik withdraw Bitcoin.
  6. Masukkan address Bitcoin yang sudah Anda copy tadi.
  7. Kirim permintaan penarikan.
  8. Buka email Anda untuk konfirmasi penarikan Bitcoin.

Kemudian tunggu beberapa saat.

Jika saldo Bitcoin sudah masuk ke akun exchanger Anda di Tokocrypto Anda dapat menjualnya secara instan.Tentunya dengan catatan anda melihat terlebih dahulu order beli di Tokocrypto.

Dan ketika Anda cek, ternyata order beli bitcoin di Tokocrypto

1 BTC = Rp. 66.000.000

Anda dapat langsung menjual bitcoin dengan harga yang tertera di order beli di Tokocrypto.

Dan anda sudah mendapatkan untungdari transaksi tersebut.

Berapa keuntungan yang anda dapatkan?

Anda mendapatkan keuntungan sebesar 10% dari proses arbitrase tadi, karena Anda membeli di bitcoin.co.id dengan harga 1 BTC = Rp. 60.000.000 lalu menjualnya di Tokocrypto dengan harga 1 BTC = Rp. 66.000.000. 

Bagi sebagian orang, cara arbitrase bitcoin mungkin masih terlihat sulit dan membutuhkan banyak riset terkait satu exchanger dengan exchanger lainnya, terlebih bagi pemula yang ingin mencari cara untuk mendapatkan keuntungan di dunia kripto.

Dengan perkembangan kripto pada saat ini, terdapat beberapa cara untuk mendapatkan keuntungan melalui aset kripto. Yang populer belakangan ini adalah dengan staking coin.

Staking yaitu mempertaruhkan sejumlah aset yang dimiliki dan diberikan ke dalam sistem agar mendapatkan penghasilan tambahan. Aset Anda akan disimpan di dalam sistem dengan rentang waktu tertentu dan selama jangka waktu tertentu itu pula Anda bisa mendapatkan keuntungan.

Tetapi, staking hanya dapat dilakukan pada token yang berbasis DeFi. Nah, apa itu DeFi? Singkatnya DeFi adalah sebuah sistem yang bertujuan untuk menghadirkan layanan keuangan yang terbuka, transparan, yang dibuat dengan protokol smart contract. Sehingga pengguna memiliki kendali penuh dan hak guna atas aset mereka sendiri tanpa adanya pihak ketiga.

Dan perkembangan DeFi di Indonesia pun masih sangat terbatas. Dan berangkat dari masalah dan keinginan untuk menciptakan ekonomi token di Indonesia juga yang membuat Tokocrypto menghadirkan Toko Token (TKO)

Toko Token yang dibangun di atas Binance Smart Chain ini merupakan Token hybrid yang menggabungkan keunggulan dari sistem keuangan terpusat dan keuangan terdesentralisasi. Toko Token ini akan menjadi token platform penukaran dengan berbagai benefit di dalamnya. Ingin tau lebih lanjut tentang Toko Token? Yuk cek sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular

Exit mobile version