Connect with us

Highlight 3

Kesalahan Trader Saat Lose/Kalah Trade

Published

on

Kesalahan-Trader-Tokocrypto

Saat kita kalah trade dan hilang uang adalah saat paling irasional bagi para trader. Kita pasti mengalami kombinasi dari perasaan ini:
1. Harga diri hancur karena analisa salah
2. Iri ada orang lain yang menang
3. Tekanan tambahan karena ada uang yang hilang, jadi merasa “harus balik + profit”

Kombinasi tadi akan membuat kita melakukan kebodohan. Nah, kebodohan-kebodohan yang kita lakukan bisa berpotensi menghilangkan uang kita bahkan menghancurkan account kita. Apa saja kebodohan dan kesalahan itu?

Baca Juga: Tiga langkah mudah deposit sebelum memulai trading

Double Down

Istilah di Indonesia mungkin “teknik kompensasi”. Saat kita kehilangan jumlah tertentu, misalkan 10 dolar, kita malah melakukan trading lagi dengan posisi yang lebih besar dari posisi trading sebelumnya, dengan resiko hilang yang 2 kali lipat lebih besar.

Harapannya akan menang dan menutup loss yang tadi. Hal ini adalah kesalahan besar yang dapat mengurangi uang di account Anda, apalagi jika tidak ada setup yang benar.

Baca Juga: Mengenal Pola Barting Penjebak Trader Aset Kripto

Langsung Trading Lagi (Revenge Trading)

Sama seperti double down, bedanya Anda tidak menggunakan posisi yang lebih besar 2 kali lipat. Intinya adalah langsung trading lagi berharap loss yang tadi bisa tertutup. Seharusnya yang Anda lakukan sebaiknya cukup berdiam diri dulu. Nanti lakukan analisa lagi saat sudah agak tenang.

Meninggalkan Strategi yang Kalah Saat Dipakai

Ini juga kesalahan. Misalkan Anda pakai fibonacci, lalu kalah 3x berturut-turut….Ya jangan selamanya berhenti pake fibonacci. Straterginya mungkin sedang tidakcocok di pasar dengan kondisi sekarang.

Sebuah setup atau strategi mungkin maksimal probabilitas berhasilnya 70%. Jadi ya pasti ada saat di mana setup dan strategi yang Anda pakai gagal.

Advertisement

Baca Juga: Tokocrypto 2.0 Berbasis Binance Cloud Siap Meluncur

Telling Yourself: Harus Balik Nih!

Let loss be loss, biarkan saja. Sama dengan WIN. Biarkan profit jadi profit.

Biarkan loss dan profit Anda jadi angka dalam statistik Anda, dan biarkan pikiran Anda tidak terbebani. After all, kita maunya profit dalam jangka panjang ya kan?

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular