Polkadot (DOT) Hadir di Indonesia Melalui Tokocrypto, Bisa Diperdagangkan dengan BIDR

0
72
Polkadot (DOT) Hadir di Indonesia Melalui Tokocrypto, Bisa Diperdagangkan dengan BIDR

Hari ini, Tokocrypto resmi menghadirkan Polkadot (DOT) dan membuka perdagangan untuk pasangan trading DOT<>BTC, DOT<>USDT, dan DOT<>BIDR pada tanggal 28 Agustus 2020 Pukul 15:00 WIB. 

Polkadot adalah sebuah proyek oleh Web3 Foundation yang memberikan kerangka kerja yang memungkinkan pengembang untuk membangun dan menggabungkan blockchain bersama. 

Dibangun oleh salah satu pendiri Ethereum, Gavin Wood bersama rekan nya Robert Habermeier dan Peter Czaban, Direktur teknologi Web3 Foundation, Jaringan Polkadot memfasilitasi komunikasi lintas rantai dan interoperabilitas dengan menghubungkan beberapa blockchain ke dalam satu jaringan terpadu. Jaringan ini bertujuan untuk menawarkan keuntungan dari heterogeneous sharding, skalabilitas, peningkatan kemampuan, tata kelola transparan dan komposabilitas lintas rantai atas proyek lain. 

Tokocrypto adalah pedagang aset kripto pertama di Indonesia yang me-listing DOT. Hanya di Tokocrypto para nasabah bisa memperdagangkan DOT dengan pairing berbasis Rupiah. 

Token DOT adalah token jaringan asli Polkadot yang memiliki sejumlah peran berbeda, yaitu:

  • Governance over the network

Pemegang token Polkadot memiliki kendali penuh atas tata kelola protokol. Termasuk dalam fungsi tata kelola ini adalah menentukan biaya jaringan, dinamika lelang dan jadwal penambahan parachain serta peningkatan dan perbaikan platform Polkadot. Fungsi-fungsi ini tidak secara formal diberikan kepada pemegang DOT melainkan kode dasar Polkadot yang memungkinkan pemegang DOT berpartisipasi dalam tata kelola. 

  • Staking

Agar platform berfungsi dan memungkinkan transaksi yang valid dilakukan di seluruh penjuru, Polkadot mengandalkan para pemegang DOT untuk memainkan peran aktif. Para pemegang dapat melakukan staking terhadap DOT yang dimiliki. Pemegang token yang berperilaku jujur akan mendapat insentif. Partisipan yang baik dan berperilaku jujur akan dihargai sementara yang buruk akan kehilangan saham mereka di jaringan. Ini memastikan jaringan akan tetap aman. Jumlah DOT yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam jaringan sangat bervariasi sesuai dengan aktifitas yang dilakukan, durasi DOT yang di stake, serta jumlah DOT yang di stake

  • Bonding 

Fungsi lainnya adalah memungkinkan kemampuan untuk menambahkan parachain baru dengan mengikat DOT dalam proses yang disebut bonding. DOT akan dikunci selama periode bonding dan akan dilepas kembali setelah durasi bonding berlalu dan parachain dihapuskan.

Baru-baru ini, Polkadot mencapai kapitalisasi pasar $5,36 miliar, enam hari setelah protokol mengaktifkan token DOT untuk ditransfer. Dengan momentum bullish ini, Polkadot telah menjadi kripto terbesar ke-enam berdasarkan kapitalisasi pasar, melampaui Bitcoin Cash (BCH) dan Litecoin (LTC) menurut CoinGecko. Hanya dalam beberapa hari, Polkadot mencapai tempat kesepuluh di pasar kripto berdasarkan kapitalisasi pasar.