Market News

Tertarik Memiliki Digital Asset? Simak Manfaatnya!

Published

on

Dahulu seseorang dinilai memiliki kekayaan jika ia mempunyai aset nyata yang bisa dilihat secara langsung. Seperti, tanah, rumah atau logam mulia. Seiring terus berkembangnya jaman, kini bentuk kekayaan seseorang tidak melulu dilihat dari fisiknya saja. Namun ada aset lain, yang dinamakan aset digital atau digital asset.

Apa itu Digital Asset?

Menurut Securities.io, digital asset adalah segala sesuatu yang ada dalam data biner yang berdiri sendiri, dapat diidentifikasi secara unik, dan memiliki nilai atau kemampuan untuk digunakan. 

Digital asset memiliki kelebihan dari segi kemudahan, kecepatan, dan juga fleksibilitas. Yang berarti, Anda dapat mudah dalam mengakses aset tersebut, memperoleh, dan juga Anda tak perlu menyiapkan tempat penyimpanan yang besar. Berbeda jika Anda memiliki aset nyata seperti emas atau surat berharga, Anda pun pastinya membutuhkan penyimpanan tersendiri yang aman, dan tak jarang bahkan harus memakai jasa bank untuk menyimpannya. 

Contoh Aset Digital  

Kepemilikan digital asset akan dicatat dengan ketat secara digital dan dikendalikan langsung oleh pemiliknya. Berikut adalah contoh-contoh digital asset yang bisa Anda miliki: 

  • Saham dan Reksa Dana

Kedua instrumen investasi ini memang sudah dikenal banyak orang sejak lama. Lantas, apa sih yang membuat kedua instrumen investasi ini bisa menjadi bentuk asset digital? Karena kini transaksi dari kedua instrumen investasi tersebut sudah bisa dilakukan secara online melalui sebuah sekuritas. 

Nantinya, Anda bisa melihat, memantau, top-up atau bahkan menjual saham atau reksa dana melalui aplikasi sekuritas tersebut secara online

  • Sosial Media 

Jaman sekarang siapa sih yang tak asing dengan penggunaan sosial media? Akun sosial media ini adalah salah satu bentuk asset digital, lho! Nah, agar sosial media Anda bisa dikatakan sebagai asset digital, penting bagi Anda harus memiliki beberapa pencapaian. Misalnya, membuat isi konten yang fokus pada satu tema atau bidang tertentu, dan juga mempunyai kualitas konten yang baik. 

Baca Juga: Withdraw Artinya dan Cara Melakukan Withdraw Aset Digital

  • Afiliasi E-Commerce

Link afiliasi ini biasa disematkan pada platform online, seperti pada blog, akun youtube, instagram dan yang terbaru di TikTok. Kini banyak sekali e-commerce yang menawarkan untuk Anda bergabung menjadi anggotanya. Anda akan mendapat komisi jika pengunjung mengklik link afiliasi dan berbelanja melalui link yang disediakan. Anda juga bisa lho menjadikan afiliasi ini sebagai asset digital. Karena secara tidak langsung melalui cara ini Anda dapat menghasilkan pundi-pundi uang.

Aset kripto merupakan sebuah komoditas yang bisa diperjualbelikan, namun tidak memiliki wujud secara fisik. Aset kripto memiliki sistem yang terdesentralisasi, dan juga menggunakan kriptografi untuk memfasilitasi transaksi.

Baca juga: Biaya Trading Bitcoin 0% di Tokocrypto. Cek harga BTC USD atau BTC IDR

Manfaat Mempunyai Aset Digital

Lantas manfaat apa sih yang bisa didapatkan jika kita memiliki digital asset? Ini dia manfaatnya:

  • Pasif Income

Manfaat yang pertama dengan memiliki digital asset adalah Anda dapat memiliki pasif income.  Pendapatan pasif sendiri berarti uang yang didapatkan seseorang atas kegiatan ekonomi yang telah ia lakukan tanpa perlu aktif dalam kegiatannya tersebut. 

Sehingga Anda tetap bisa fokus dengan pekerjaan utama, namun tetap bisa mendapatkan cuan dari memiliki aset-aset tersebut

  • Dana Darurat

Selain menjadi pasif income, aset tersebut juga bisa sebagai dana darurat Anda. Dengan kemudahan dalam mencairkan digital asset, Anda tidak perlu khawatir ketika mengalami kesulitan dan mempunyai kebutuhan yang mendesak.

Aset digital yang Anda kelola bisa dipindahtangankan kepada istri, anak, ataupun keluarga lainnya yang dianggap berhak mendapatkan aset tersebut. Nah makanya, manfaat terakhir dari memiliki digital asset adalah Anda bisa mewariskannya kepada keluarga. Karena aset ini sifatnya bisa disimpan dalam rentang waktu yang lama sekalipun, sehingga Anda bisa mewariskannya kepada keluarga jika nantinya Anda sudah tidak ada. 

Itulah penjelasan lengkap mengenai aset digital beserta manfaat dan contohnya. Nah, jika Anda ingin memiliki aset dalam bentuk digital pada aset kripto, daftarkan diri Anda dan segera selesaikan proses KYC di www.tokocrypto.com! Selain itu, Anda juga bisa mengikuti media sosial Tokocrypto untuk mengetahui informasi lengkap lainnya.

DISCLAIMERBukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset kripto masih berisiko tinggi. Pastikan selalu melakukan research sendiri terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular

Exit mobile version