Apa Itu Yearn Finance? Semua Yang Anda Harus Tahu

0
200
yearn finance

Token YFI pernah melampaui all time high Bitcoin dalam harga USD, yaitu mencapai lebih dari $ 43.000 pada September 2020. Namun, apakah Anda benar-benar memahami semua tentang proyek Yearn Finance?

Tahukan Anda apa perbedaan token YFI dengan token dalam DeFi lainnya? Ya! Pasokannya sangat terbatas, yaitu tidak lebih dari 30.000 token yang diperjualbelikan. Berikut, cryptoharian merangkum semua tentang proyek Yearn Finance yang perlu Anda ketahui, dilansir dari cryptopotato.

Baca Juga: UNI Turun 30% Tidak Jadi Hambatan UNISWAP Menuju $2 Miliar TVL

Yearn Finance (YFI)

Yearn Finance mulai beroperasi tahun 2020 dengan nama iEarn Finance. Kemudian nama itu diganti menjadi yEarn oleh Andre Cronje. Yearn Finance adalah platform DeFi, dimana para pengguna dapat menyimpan dan mempertaruhkan token ERC20 milik mereka. Sebagai imbalannya, mereka menerima bunga harian. Alokasi modal yang terkumpul kemudian menawarkan pengembalian yang sangat baik.

Proyek ini membuat pengguna tidak perlu membuka beberapa situs DeFi untuk mendapatkan keuntungan. Yearn memecahkan masalah ini dengan mengintegrasikan banyak protokol blockchain yang berbeda. Jadi, Anda hanya perlu mempertaruhkan token sekali dengan Yearn untuk mendapatkan akses ke banyak protokol blockchain yang menghasilkan bunga. Untuk memaksimalkan keuntungan, protokol Yearn akan terus menyesuaikan saat peluang panen hasil bergeser.

Yearn Finance Fork (YFII) – DFI.money

YFII adalah cabang dari YFI yang dibentuk oleh komunitas crypto China. Token YFII merupakan mata uang yang paling digandrungi di ekosistem DeFi China. Token ini sengaja dibuat oleh pemerintah untuk memperkenalkan proposal YIP-8. Namun syangnya, proposal tersebut gagal lolos. Oleh karena itu, YFII dibuat untuk mengiplementasikan proposal tersebut.

Dengan kata lain YFII punya 98% kode yang sama dengan YFI, sementara pasokan maksimum YFII dipatok hanya 40.000 token saja. Pada awalnya, YFII sempat dianggap penipuan karena Balancer pernah memasukannya ke daftar hitam. Namun ternyata, kinerja YFII cukup baik dengan all time high senilai $ 6.000.

 

YFValue (YFV)

YFV adalah cabang dari YFII. Tujuannya untuk membuat panen hasil dapat diakses oleh semua pengguna di seluruh dunia. YFV membuat panen hasil lebih inklusif untuk mencapai misi aksesibilitas mereka yaitu “menghadirkan pertanian untuk semua orang”.

Token YFV memberi pemiliknya hak suara untuk mengontrol pasokan dan sistem rujukan dengan pembakaran dilakukan di dalam blockchain secara otomatis. Pasokan maksimum token YFV adalah 15.750.000.

Selain itu, YFV juga memiliki ‘asuransi’ dengan tujuan untuk menggunakan perbendaharaan asuransi tim YFV dan dana komunitas untuk melibatkan dan mengintegrasikan protokol asuransi. Contohnya seperti Nexus Mutual, agar mengurangi risiko atas nama semua pemangku kepentingan YFV.

Yearn Finance Link (YFL)

YFL adalah versi modifikasi dari YFI. Proyek ini memanfaatkan tata kelola DeFi untuk mencapai hasil yang lebih banyak bagi komunitas Chainlink. Dengan kata lain, tim YFL mengadaptasi YFI untuk digunakan pada LINK, sehingga banyak analis beranggapan YFL adalah penghubung YFI dan LINK.

Pasokan maksimum YFL dibatasi pada 85.000. YFL juga memiliki 5 kelompok yang berbeda dengan konfigurasi uniknya. Salah satu contoh adalah Anda dapat menyetorkan token LINK dan YFLINK ke dalam pool Balancer, sehingga Anda mendapat token BPT. Selanjutnya, token BPT tersebut dapat dipertaruhkan dengan kumpulan YFLINK. Artinya, Anda bisa mendapatkan YFLINK dari kumpulan YFLINK dan BPT dari kumpulan Balancer.

Yearn Fuel (YFuel)

YFuel membuat YFI bisa diakses oleh semua orang, baik oleh whale maupun investor kecil. Fitur uniknya diantara lain berupa hak suara mengontrol tingkat inflasi dari penawaran dan hak memilih sistem rujukan. YFuel juga menerapkan model ekonomi baru dari pembakaran token bernama Grafuel.

Grafuel membakar 1% dari total pasokan token per bulan setiap tanggal 15, hal ini kemudian akan meningkatkan likuiditas.

Baca Juga: Mengenal Smart Contract

Itulah semua tentang proyek Yearn Finance yang perlu Anda ketahui.