Cara Mengamankan Akun Bitcoin Anda di Platform Exchange

0
22
akun bitcoin

Perkembangan bitcoin sebagai aset investasi menjadi salah satu pilihan yang saat ini mulai di pertimbangkan oleh investor. Dilansir dari Kompas.com, pertumbuhan laju ekonomi Indonesia yang baik dibandingkan negara tetangga Malaysia meski di tengah pandemi saat ini, membuat investasi bitcoin menjadi salah satu hal yang dapat menguntungkan. Selain menguntungkan, investasi dengan bitcoin juga aman karena menggunakan teknologi blockchain. Sehingga akun bitcoin anda akan aman sepenuhnya. 

Blockchain sendiri merupakan teknologi sistem database yang memiliki karakter data identik unik yang disimpan di banyak ditempat secara digital dan bersifat immutable (tidak dapat diubah dan dihapus). Dengan teknologi blockchain tersebut, selama 12 tahun kemunculan bitcoin belum pernah mengalami gangguan yang besar. Sehingga investasi dalam bitcoin menjadi salah satu investasi yang dicari oleh masyarakat dunia.

Jika anda ingin mencoba investasi bitcoin di Indonesia, Sebaiknya menggunakan platform exchange bitcoin (marketplace) yang sudah diberikan izin oleh pemerintah Indonesia. Dengan sudah terverifikasi maka anda akan mempunyai keamanan yang lebih maksimal untuk berinvestasi bitcoin.

Untuk mendaftarkan akun bitcoin anda, sebelumnya anda perlu untuk mengetahui platform exchange yang terjamin aman dan sudah legal di Indonesia, adapun beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih platform exchange di Indonesia, diantaranya:

Memilih platform exchange di Indonesia

1. Terdaftar di Bappebti

Bappebti atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, lembaga negara ini akan memberikan peraturan, pengawasan dan izin untuk para platform exchange aset kripto melakukan kegiatan di Indonesia. Platform exchange kripto yang mendapatkan izin dari lembaga tersebut salah satunya adalah Tokocrypto

2. Fasilitas 

Salah satu faktor yang harus dipikirkan dalam memilih platform exchange untuk akun bitcoin anda adalah fasilitas. Selain fasilitas-fasilitas yang memudahkan anda dalam trading bitcoin, fasilitas keamanan seperti Know Your Customer (KYC) dan two factor authentication (2FA) penting untuk menjadi pertimbangan dalam memilih exchange.

Salah satu platform exchange cryptocurrency yang terpercaya dan sudah terverifikasi oleh pemerintah Indonesia adalah Tokocrypto, fasilitas keamanan dalam bertransaksi asset kripto tentu saja menjadi hal yang paling utama di Tokocrypto.

Cara Agar Akun Bitcoin Aman di Tokocrypto

Memilih platform exchange berarti akan menitipkan sejumlah aset kripto kita kepada platform exchange tersebut. Dengan kata lain, anda harus benar-benar memperhatikan dari segi keamanan platform exchange tersebut. Pada Tokocrypto, kami memiliki dua fasilitas untuk melindungi user Tokocrypto. Yang pertama adalah Know Your Customer, KYC merupakan fasilitas pengamanan yang diterapkan untuk mengetahui identitas investor, memantau kegiatan transaksi, termasuk pelaporan transaksi yang mencurigakan dan sudah menjadi kewajiban platform exchange untuk menerapkannya.

Fasilitas kedua untuk melindungi user Tokocrypto adalah two factor authentication, verifikasi dua langkah ini akan mengirimkan sejumlah password tertentu berupa angka dan nomer ke nomor handphone atau akun google anda secara langsung ketika anda ingin mengakses akun bitcoin di Tokocrypto. Sehingga Tokocrypto dapat memastikan jika yang masuk pada akun bitcoin anda itu benar-benar anda.

Adapun untuk mengaktifkan two factor authentication untuk mengamankan akun bitcoin di Tokocrypto, anda perlu melakukan beberapa cara, diantaranya:

  1. Masuk ke akun Tokocrypto anda, lalu pilih keamanan akun
  2. Pilih bagian two factor authentication 
  3. Setelah itu, anda pilih menggunakan authentication via google atau sms
  4. Kami merekomendasikan kamu untuk menggunakan authentication via google karena lebih aman.
  5. Untuk mengaktifkan authentication via google, anda perlu menginstal google authentication terlebih dahulu pada perangkat handphone anda.
  6. Lalu, pindai kode QR yang ada di akun bitcoin Tokocrypto anda menggunakan aplikasi google authentication dan klik “selanjutnya”.
  7. Setelah itu, pada layar web Tokocrypto anda akan mendapatkan kunci cadangan yang memungkinkan anda untuk memulihkan google authentication jika anda kehilangan handphone. Jangan lupa untuk menulisnya dalam kertas ya!
  8. Setelah anda menekan tombol selanjutnya, anda perlu memasukan sandi akun bitcoin anda dan kode authentication google anda, lalu klik tombol selanjutnya.
  9. Two factor authentication dengan google untuk mengamankan akun bitcoin anda telah aktif!

Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat dalam bentuk video pada link ini.  Yuk Aktifkan two factor authentication di akun Tokocrypto untuk menjaga akun bitcoin anda, agar trading semakin nyaman. Karena kenyamanan anda adalah kebahagiaan untuk Tokocrypto. Salam to the moon!