Ini Alasannya Kalian Harus Masukkan Bitcoin Sebagai Investasi di 2021

0
394
Ilustrasi oleh In Bitcoin We Trust

Akhir tahun 2020, menjadi puncak dari pencapaian Bitcoin yang berada di atas 28K. Sejumlah investor, yang terdiri dari hedge fund dan pengelola dana besar memprediksi harga aset kripto (cryptocurrency) Bitcoin bisa naik lima kali lipat hingga tembus US$100.000 atau Rp 1,4 miliar per koin (Rp 14.000/US$) dalam setahun. Prediksi ini bakal mengejutkan investor skeptis yang mempercayai bahwa aset kripto merupakan aset spekulatif tanpa nilai, tidak seperti emas. 

Lalu mengapa Anda harus memasukkan Bitcoin dalam portofolio alternatif investasi Anda di 2021? Berikut 9 alasan kenapa Anda harus mulai berinvestasi di Bitcoin dan atau aset kripto lainnya: 

Bitcoin akan menjadi lebih mahal

Faktanya, sekarang bisa jadi kesempatan terakhir Anda untuk mendapatkan Bitcoin dengan harga ini. Setahun kedepan, Anda akan berpikir  bahwa “Wow, $28.000 itu murah!” saat akan investasi BTC. Dalam dua Survei Sentimen Crypto Kraken, yang sebagian besar respondennya terdiri dari pedagang dan investor, mayoritas menyerukan target harga bitcoin rata-rata $ 36.000 tahun depan. Bloomberg pun juga mengawasi pasar bitcoin dan dalam laporan BTC terbarunya mereka memproyeksikan Bitcoin dengan harga diatas $ 50.000 pada tahun 2021, mengutip bahwa “Pondasi BTC lebih kuat daripada tahun 2017.”

Bukan judi; tapi sebuah alternatif investasi

Sebelas tahun sejak awal kemunculannya, Bitcoin telah terbukti menjadi investasi yang menguntungkan. Sementara ketidakstabilan harga menyebabkan fluktuasi besar terutama di 2017 – 2018, namun secara keseluruhan perjalanan Bitcoin terus meningkat. Dengan kata lain, jika Anda menyimpannya cukup lama, peluang apresiasi nilai bisa lebih besar daripada kelas aset lainnya dalam 11 tahun terakhir.

Digital Gold  lebih baik dari Gold

Bitcoin = digital gold. Cryptocurrency tertua ini diberi istilah tersebut karena publik membutuhkan patokan. Tapi sekarang, sudah saatnya Bitcoin melampaui emas. Bitcoin merupakan  mata uang global yang tidak diatur oleh pemerintah atau badan mana pun, sulit untuk diekstraksi, dan ada dalam pasokan yang jika semakin menipis maka akan meningkatkan nilainya. Bitcoin tidak rentan terhadap inflasi dan penanganannya jauh lebih mudah daripada emas – yang Anda butuhkan hanyalah dompet virtual. Dalam banyak hal, bukan hanya harga, Bitcoin mengalahkan Emas yang selama ini dianggap sebagai safe heaven.

Bitcoin tidak perlu pembuktian lagi

Dilansir dari news.Bitcoin.com, menurut Paolo Ardoin CTO Bitfinex, “Kenaikan Bitcoin di atas US $ 20.000 adalah tonggak sejarah lain dalam tahun yang epik bagi kripto. Tapi cerita utamanya bukan tentang spekulasi atau perdagangan. Bitcoin mewakili peralihan teknologi yang monumental, yang konsekuensinya baru saja mulai terlihat.”

Bitcoin tidak bergantung kepada sektor lain

Saat bursa runtuh, Bitcoin tidak akan terpengaruh. Kami telah melihat Bitcoin terpisah dari S&P 500 beberapa kali pada tahun 2020. Fakta bahwa Bitcoin adalah solusi untuk crash-nya sendiri yang terjadi di 2018 menunjukkan bahwa itu juga yang akan menyelamatkan kita di masa depan.  Juga Bitcoin mampu untuk melakukan diversifikasi dari aset yang sepenuhnya bergantung pada bank.

Bitcoin Anda adalah milik Anda

Bitcoin merupakan aset yang tidak bisa disita. Tidak seperti tabungan atau aset apa pun yang dimiliki, pemerintah tidak dapat menyita atau membekukan Bitcoin. Pertanyaannya sekarang, berapa banyak investasi lain dalam portofolio Anda yang benar-benar dapat disebut milik Anda?

Blockchain sedang naik daun

Teknologi blockchain sedang dieksperimen oleh lebih banyak perusahaan terkenal, kepentingan global, dan bank. Siapa tahu, sebentar lagi Paypal mungkin menawarkan altcoin (seperti Ethereum)? Karena keunggulan teknologi blockchain melebihi kerugiannya, banyak bisnis seperti Visa, Fidelity, dan Square mulai memasukkan solusi aset kripto. Bitcoin akan menjadi pintu gerbang dan likuiditas Anda menuju peluang ini.

Bitcoin lebih baik daripada menyimpan uang

Tingkat inflasi sedang meningkat dan suku bunga tahunan menjadi lelucon yang berulang. Kita sekarang hidup di dunia di mana uang tunai membebani kita. Kalau dipikir-pikir, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan antrian panjang di bank.

Bitcoin bisa menjadi hal terbaik yang terjadi pada Anda

Dengan sirkulasi yang lebih sedikit dan rekam jejak yang kuat untuk ditingkatkan, menjadikan Bitcoin sebagai resolusi 2021 Anda  merupakan langkah finansial yang baik, motivasional dan mencerahkan.  Awali tahun baru dengan mengarahkan pandangan Anda ke masa depan, lakukan penelitian yang diperlukan. Jika Anda belum memiliki Bitcoin, mulailah investasi dan temukan media exchange yang tepat membantu Anda. Mulailah lebih awal dalam merencanakan resolusi investasi Anda di 2021.