Connect with us

Altcoin News

Inilah Aroma Baru Source Code Dogecoin

Published

on

dogecoin code

Inilah beberapa aroma baru source code Dogecoin di piranti lunaknya, Dogecoin Core 1.14.3. Inilah kali pertama sejak 9 November 2019.

Dua hari yang lalu, lead developer Dogecoin (DOGE) menerbitkan versi terbaru Dogecoin Core di Github. Kendati tak tergolong pembaruan besar, namun versi 1.14.3 itu adalah yang terbaru sejak 9 November 2019 silam.

Baca Juga: Sushiswap Terbitkan Kontrak di 5 Blockchain, Apa Saja?

“Versi baru ini memuat pembaruan kecil yang mencakup sejumlah peningkatan kinerja yang penting,” tertera di akun Github Dogecoin, yang diterbitkan oleh Max Keller, salah seorang lead developer-nya.

Ada dua perubahan utama di versi terbaru itu, yakni peningkatan kecepatan penyelarasan data blockchain dan pengurangan waktu kedaluwarsa mempool.

Mempool adalah elemen dasar dari transaksi aset kripto, di mana sejumlah transaksi mengantre untuk divalidasi dan diverifikasi untuk kemudian direkam ke dalam block.

“Penyelarasan data blockchain semakin cepat, karena ketika sebuah node mengunggah blocknode itu tak perlu lagi memeriksa keutuhan data setiap kali block terdistribusi ke node lainnya. Ketika block diterima oleh node lain selama rescan terhadap data yang disimpan secara lokal, pemeriksaaan terhadap keutuhan data masih bisa dilakukan,” tercantum di Github.

dogecoin core

Cara ini dianggap menghemat waktu, karena piranti lunak Dogecoin Core cukup memindai ulang (rescan) data block yang tersimpan di komputer (node), sembari node itu sendiri diseleraskan dengan data di node lainnya.

Advertisement

Perubahan menarik adalah dari segi kecepatan mempool dalam memproses antrean transaksi.

Kalau di versi lama, 1.14.2, durasi di mempool adalah 336 jam, maka di versi baru ini cukup 24 jam saja. Ini berarti, biaya transaksi yang murah sekalipun, memungkinkan secara cepat diproses. Tentu saja ini dengan asumsi menggunakan private wallet.

Dogecoin memang sempat naik daun setelah mendapatkan sokongan besar oleh Elon Musk melalui Twitter.

Tetapi, setelah menjulang tinggi di US$0,08495 (Rp1.216) pada 8 Februari 2021 (all time high), harganya terkoreksi sangat dalam hingga US$0,042 pada 23 Februari 2021.

Kinerja aset kripto DOGE sepanjang masa. Sumber: Coinmarketcap.com.

Lead developer Dogecoin sebelumnya menegaskan bahwa sejumlah perubahan terus dilakukan sepanjang tahun ini terhadap source code, demi mendongkrak kinerja teknologinya.

Di satu sisi, spekulan bisa memanfaatkan situasi ini untuk mendongkrak harga Dogecoin dalam beberapa hari mendatang.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular