Pakai Cara Ini Agar Investasi Dollar Kamu Lebih Menguntungkan!

0
1049
Pakai Cara Ini Agar Investasi Dollar Kamu Lebih Menguntungkan!

Sekarang ini tersedia banyak pilihan investasi. Mulai dari yang konvensional seperti investasi emas hingga investasi dollar yang masih banyak diminati masyarakat karena menguntungkan dan caranya mudah.

Perjalanan Nilai Tukar Dollar ke Rupiah Saat Pandemi

Situasi pandemi COVID-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia tentu berpengaruh bagi perekonomian, salah satunya berdampak pada nilai pertukaran dollar ke rupiah. 

Nilai tukar dollar ke rupiah saat pandemi mengalami fluktuasi cukup besar karena ketidakpastian yang terjadi, terlebih seiring dengan kebijakan beberapa negara yang memberlakukan lockdown.

Hal ini terlihat jelas pada nilai tukar rupiah terhadap dollar yang melemah hingga mencapai Rp16,482 pada 25 Maret 2020. Kondisi tersebut terjadi berbarengan dengan penemuan kasus pertama COVID-19 yang menghebohkan masyarakat Indonesia.

Dalam periode April hingga Mei 2020, nilai tukar usd to idr menunjukkan tren penguatan secara perlahan dan kembali ke kisaran Rp14,740 per dollar AS pada 31 Mei 2020. Jika melihat satu tahun kemudian, yaitu pada periode 30 Mei 2021, posisi rupiah berada di level Rp14,285 dan dipastikan akan terus berfluktuasi seiring dengan kondisi ekonomi dan politik yang terjadi.

Investasi Konvensional dengan Dollar

Sebagai mata uang yang berpengaruh pada perdagangan dan perekonomian global, investasi konvensional dengan dollar masih menjadi primadona masyarakat. Beberapa investasi konvensional yang kerap dilakukan adalah:

  • Membeli dan Menyimpan Dollar Cash

Membeli dollar secara cash kemudian menyimpannya dan menjual kembali saat waktu yang tepat adalah cara mudah dan menguntungkan. Jika seseorang membeli dollar pada tahun 1998 saat harganya di kisaran Rp6,000, maka Ia akan mendapat keuntungan berlipat karena saat ini harga dollar mencapai Rp,14,000-an.

Untuk menghindari pembelian dollar AS palsu, Anda bisa melakukan transaksi di tempat resmi, seperti bank dan money changer.

  • Menabung Dollar di Bank 

Selain menyimpan secara tunai, Anda bisa menabung dollar AS di bank. Tentu cara ini lebih aman dan mengurangi risiko kerusakan fisik. 

Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk menabung dollar di bank, Anda bisa mencari bank dengan kurs jual rendah dan kurs beli tinggi. Dengan begitu Anda berpotensi mendapat keuntungan lebih tinggi dan jangan lupa untuk terus update informasi nilai tukarnya.

USDT: Investasi Modern Dollar x Kripto

Selain investasi dollar dengan dua cara di atas, Anda bisa melakukan investasi modern dengan membeli USDT.

Apa, sih, USD itu?

USDT atau Tether adalah aset digital berbasis blockchain yang merupakan representasi dari dollar AS. 1 Tether (USDT) memiliki harga di kisaran 1 dollar AS dan cenderung memiliki pergerakan yang stabil. 

Tujuan USDT sendiri adalah untuk memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi finansial. USDT bisa digunakan untuk melakukan transaksi peer-to-peer secara global dengan harga yang relatif murah dan tentunya aman.

Selain itu, USDT memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengirim, dan menerima dollar AS dalam bentuk token digital melalui teknologi blockchain-nya.

Berikut Cara Beli USDT dengan Rupiah!

Jika ingin memiliki USDT, Anda bisa kok membelinya dengan rupiah! Karena di Indonesia, aset kripto sudah dianggap sebagai aset yang sah untuk diperdagangkan di bursa efek berjangka. Selain itu, pada survei yang dilakukan Tokocrypto, USDT adalah aset kripto favorit yang paling banyak dibeli di Tokocrypto, kemudian diikuti dengan BTC dan ETH.

Nah, berikut cara membeli USDT dengan mudah di Tokocrypto

  1. Buat wallet kripto. Jika Anda belum memilikinya, pastikan untuk mendaftarkan diri pada exchange yang diawasi langsung oleh BAPPEBTI seperti Tokocrypto
  2. Pastikan untuk melewati proses KYC dengan persyaratan yang telah ditentukan, ya! Proses verifikasi ini bertujuan untuk menghindari tindakan pencucian uang dan kejahatan lainnya
  3. Usai verifikasi, masukkan deposit pada akun Tokocrypto minimal  Rp50,000
  4. Setelah dana yang di-transfer masuk dalam bentuk BIDR (stablecoin berbasis Rupiah dengan nilai 1 BIDR = Rp1), Anda sudah bisa melakukan pembelian USDT!

Ternyata membeli USDT bisa menjadi alternatif investasi dollar yang menguntungkan, ya! 

Terpenting adalah selalu ketahui keuntungan dan risiko saat trading serta investasi aset kripto, ya! Harganya yang fluktuatif menyebabkan investasi pada aset kripto termasuk ke dalam high risk and high return

Untuk memulai investasi bitcoin dan aset kripto lainnya, kunjungi Tokocrypto di www.tokocrypto.com atau di media sosial kami @Tokocrypto.

Salam to the Moon!