Pendukung Shiba Inu (SHIB) Menanti ShibaSwap

0
1607
shibaswap

Pendukung kripto Shiba Inu (SHIB) terus menanti meluncurnya decentralized exchange (DEX) ShibaSwap. Kabar teranyar, masih diujicoba di test net.

Dukungan kuat itu tercermin di percakapan daring di Discord komunitas SHIB.

Kemarin, pihak pengembang Shiba Inu (SHIB) bahkan sudah mengumumkan, bahwa server Discord komunitas SHIB sah sebagai mitra resmi Discord.

Status akun seperti itu tergolong istimewa, apalagi untuk pendatang baru seperti Shiba Inu.

Melansir percakapan di Discord Shiba Inu, kemarin beredar kabar, bahwa sistem ShibaSwap sudah diujicoba di test net Ethereum, termasuk transaksi kripto BONE.

Ujicoba ShibaSwap di test net.

Ini dimaknai, bahwa sebagian besar proses audit smart contract-nya oleh pihak CertiK akan segera selesai.

Ujicoba adalah penting sebagai tahapan besar untuk memastikan apakah ada bug di smart contract-nya.

Certix juga terkenal sebagai perusahaan audit smart contract untuk proyek kripto ternama.

Namun demikian, walaupun sudah lolos audit Certix ada beberapa proyek malah terjadi peretasan dan merugikan pengguna.

Baca Juga: Dapatkan Keuntungan Lebih Dengan Staking NFT TKO di Bakeryswap

Apa Itu ShibaSwap?

ShibaSwap adalah decentralized exchange (DEX) serupa dengan Uniswap (beraset kripto UNI) atau DEX popular lainnya.

Kali pertama SHIB diterbitkan, ia diperdagangkan di Uniswap bersama dengan aset kripto lain.

Hingga ketika Mei 2021, Shiba Inu kian popular dan diperdagangkan di bursa raksasa Binance dan yang terakhir adalah Capital.com asal Inggris untuk produk CFD-nya.

shiba swap
Rancangan awal user interface ShibaSwap.

Di ShibaSwap kelak kripto SHIB memainkan peran penting. Salah satunya adalah “mungkin” sebagai governance token, baik untuk yield farming atau staking.

SHIB akan bersanding dengan kripto lain dalam ekosistem Shiba Inu, yakni LEASH yang sudah naik ribuan persen, juga masih di Uniswap.

Ada LEASH dan BONE

Kripto lain yakni BONE (belum diterbitkan) juga bisa menjadi sasaran menarik bagi pengguna memainkan peran berbeda di ShibaSwap itu.

Menurut developer Shiba Inu di Discord, BONE akan diterbitkan melalui mekanisme liquidity mining di ShibaSwap dengan jumlah 250 juta unit.

Jika popularitas Uniswap dengan kripto UNI-nya menjadi pola terhadap SHIB dan LEASH berkat DEX, maka nilai pasar dan harga SHIB bisa naik ribuan kali lipat.

Hanya saja, rincian soal ShibaSwap “masih di awang-awang”, sekadar skenario berdasarkan pola DEX yang sudah ada.

Waspada Flash Loan Attack

Namun, yang harus diwanti-wanti adalah mungkin akan adanya fitur flash loan di ShibaSwap.

Maklumlah, fitur flash loan yang tak didukung oleh keunggulan penggunaan smart contract yang bagus, menjadi celah bagi peretas menggeruk aset kripto di dalamnya di bagian liquidity pool. Kita mengenalnya sebagai “flash loan attack“.

Lihatlah kasus yang mengemuka belakangan ini di DEX Marlin, PancakeBunny, Burger Swap, Alpha Homora, BSC Dapps, Belt Finance dan lain sebagainya.

Ada sejumlah kesamaan dari serangan terhadap beberapa DEX itu, yakni sama-sama menggunakan blockchain Binance Smart Chain (BSC).

Masalahnya bukanlah ada kelemahan di BSC, melainkan penggunaan smart contractdi DEX itu sendiri, yang mungkin disengaja atau tak sengaja oleh developer, sehingga muncul celah.

Pun harap maklum, banyaknya DEX yang dibangun di BSC, karena biaya transaksinya lebih murah daripada di blockchain Ethereum.

Jadi, di titik ini, belum adalah rincian informasi yang terang benderang soal ShibSwap. Apalagi soal kapan akan meluncur dan bisa dicicipi.

Harga SHIB

Harga SHIB ketika artikel ini ditulis, berkisar Rp0,1286, naik lebih dari 3 persen dalam 24 jam terakhir.

Sementara itu, pada time-frame 3 jam sudah terkonfirmasi lonjakan harga cukup signifikan, setelah membentuk rangkaian konsolidasi harga pada hari sebelumnya.

shiba inu

Sentimen

Di sudut lain di dunia maya, secara umum sentimen terhadap SHIB masih cukup bullish, berdasarkan data dari LunarCrush.com.

shiba inu

Di situs itu, SHIB berada di peringkat ke-10, jauh dari pesaing beratnya Dogecoin (DOGE) di peringkat ke-2, selama 1 hari terakhir.

Nilai sentimen bullish terhadap SHIB jauh lebih tinggi daripada sentimen bearish.