Sah! Bitcoin Digunakan Sebagai Alat Tukar di El Savador

0
205
bitcoin sebagai alat tukar

Kongres dewan El Savador telah menyepakati rancangan undang-undang penggunaan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Dengan demikian, tinggal menunggu tanda tangan Presiden, El Savador telah resmi menjadi negara pertama yang mendukung cryptocurrency sebagai alat tukar yang sah.

Presiden Nayib Bukele mengatakan dia akan menandatangani undang-undang bersejarah nanti malam atau besok pagi, setelah kongres selesai. Mayoritas peserta kongres telah sepakat rancangan undang-undang tersebut segera disahkan.

“Ini mulai berlaku segera,” kata Bukule dalam cuitannya hari ini, Rabu, 9 Juni 2021.

Baca Juga: Elon Musk DOGE Vs BitMEX BTC; Siapa yang Akan Duluan ke Bulan?

Dalam undang-undang tersebut, selain disahkan sebagai alat pembayaran, Pemerintah El Savador memilki kewenangan untuk mewajibkan perusahaan atau unit bisnis untuk menerima Bitcoin.

“Mereka harus mengambilnya secara hukum,” kata dia. “Jika Anda pergi ke Meksiko, mereka harus mengambil peso Anda.

Setelah menandatangani keputusan kongres tersebut, Pemerintah El Savador akan melakukan sejumlah persiapan untuk mengimplementasikan UU tersebut. Salah satunya dengan mengunjungi Dana Moneter Internasional (IMF), pada hari Kamis.

Pemerintah juga akan merilis dompet Bitcoin resmi. El Savador pun berencana untuk menahan US$150 juta yang setara dengan Bitcoin dalam dana perwalian di bank pengembangannya untuk menanggung risiko pedagang.

Baca Juga: Yuk, Intip Cara Mendapatkan Keuntungan Berlipat Dari Crypto

“Saya tidak tahu ini berkembang sangat cepat. Kami tidak mengesampingkan memiliki Bitcoin dalam cadangan kami dalam waktu dekat.”

Pengumuman ini membuat pasar bereaksi. Meskipun tipis, harga Bitcoin kembali naik ke level US$ 34 ribu, setelah sebelumnya hampir terperosok ke harga US$ 30 ribu.

Berdasarkan data Coinmarketcap, sejumlah alts coin pun menunjukan penongkatan harga pada perdagangan hari ini, paska pengumuman fenomenal dari El Savador.

sumber.