Connect with us

Bitcoin News

Bitcoin Use Cases

Published

on

bitcoin

Blockchain berhasil mendapatkan popularitas besar dalam dekade terakhir, berkat bitcoin. Namun, kasus penggunaan blockchain telah berkembang jauh melampaui aset kripto saat ini. 

Teknologi blockchain muncul sebagai game-changer untuk berbagai industri, seperti industri kesehatan, real estate, logistik, IoT dan sebagainya. 

Popularitas blockchain dan peningkatan aplikasi industri meroket karena kualitasnya bawaannya, yaitu sebagai buku besar yang terdesentralisasi dan terdistribusi, tidak dapat diubah dan sepenuhnya transparan. Tidak perlu otoritas terpusat untuk mengelola jaringan blockchain. Semua rekan di jaringan dapat memverifikasi informasi yang disimpan dalam buku besar blockchain. Sangat aman dan andal. 

Baca Juga: Ingin Stop Loss? Gunakan Pola Candlestick Morning Star InI!

Pada dasarnya, kualitas teknologi blockchain ini menjadikannya salah satu teknologi paling revolusioner. Teknologi blockchain menawarkan banyak kemungkinan kasus penggunaan untuk bisnis di semua industri. 

Menurut data terbaru, Compound Annual Growth Rate (CAGR)  pasar blockchain global diproyeksikan tumbuh 67,3% mencapai nilai US$ 39,7 miliar antara tahun 2020 hingga 2025. 

Berikut use case dari beberapa teknologi blockchain yang dikategorikan dalam industri tertentu:

 

Advertisement
  • Smart Contracts

 

Kontrak berbasis blockchain yang diberlakukan secara real time. Dibuat sebagai kesepakatan antara kedua pihak atau lebih tanpa keterlibatan perantara. Smart contract dapat ditemui di seluruh jaringan blockchain yang terdistribusi dan terdesentralisasi. Saat ini smart contract menjadi pokok dalam industri kesehatan, real estate hingga lembaga pemerintah.

 

  • Internet of Things

 

Industri Internet of Things (IoT) berkembang pesat dengan berbagai perangkat yang terhubung. Jumlah ini akan terus bertambah sehingga akan meningkatkan peretas dapat dengan mudah menembus data anda melalui perangkat yang terhubung. Dengan mengintegrasikan teknologi blockchain di perangkat IoT, kemungkinan pelanggaran data dapat dikurangi secara signifikan.

 

  • Personal Identity Security

 

Pencurian dan peretasan identitas pribadi adalah kejahatan yang sedang marak terjadi di dunia maya saat ini. Mulai dari meretas data pribadi hingga memalsukan data identitas. Blockchain dapat membantu memerangi kejahatan ini dengan menyimpan informasi pribadi yang penting (seperti nomor KTP, akte kelahiran, alamat, dsb) pada buku besar yang terdesentralisasi dan tidak dapat dirubah.

Baca Juga: Tiga Koin Ini Melonjak Setelah Listing di Coinbase Pro

 

  • Logistics

 

Kurangnya komunikasi dan transparansi adalah masalah yang sering terjadi dalam dunia logistik. Hambatan ini menjadi nyata karena ribuan perusahaan beroperasi di domain ini. Disinilah transparansi data blockchain sangat berguna bagi industri ini. Teknologi blockchain dapat mengenali sumber data dan mengotomatisasi proses sehingga dapat membangun kepercayaan dan transparansi yang besar dalam dunia logistik.

Advertisement

 

  • Digital Media

 

Perusahaan digital media dibebani dengan berbagai tantangan seperti privasi data, pembajakan, kekayaan intelektual, pembayaran royalti dan pelanggaran hak cipta. Dengan melibatkan blockchain dalam digital media, perusahaan dapat melindungi kekayaan intelektual mereka, menjaga integritas data, menargetkan pembayaran dengan tepat dan memastikan artis menerima royalti pada waktunya. 

Pengaplikasian blockchain dalam berbagai sektor diharapkan dapat menjadi pendorong pertumbuhan di tahun-tahun mendatang. 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular