Ketahui Jenis-Jenis Investasi Jangka Pendek yang Menguntungkan!

0
1962
jenis jenis investasi jangka pendek yang menguntungkan

Investasi jangka pendek seringkali lebih dilirik oleh para investor pemula. Bukan tanpa alasan, waktu mendapatkan keuntungan lebih singkat dan risiko yang lebih minimlah yang akhirnya membuat investor menjatuhkan pilihannya pada investasi ini. Nah jika Anda juga ingin memulai investasi jenis ini, ketahui terlebih dulu penjelasannya. Yuk, baca lebih lengkapnya!

Apa sih Investasi Jangka Pendek itu?

Investasi jangka pendek adalah produk investasi yang menyetorkan sejumlah dana untuk dikelola dalam jangka waktu yang singkat. Jadi dana dan keuntungan yang diperoleh bisa dicairkan dalam waktu yang pendek. Rata-rata orang mencairkannya menjadi dana tunai dalam waktu 3-12 bulan. 

Tujuan investasi ini pun beragam, mulai dari untuk menambah cash flow atau pemasukan dalam jangka waktu yang singkat, sebagai bentuk passive income, atau memperoleh tambahan dana dari uang yang telah diinvestasikan dalam periode singkat. 

Jenis-jenis Investasi Jangka Pendek yang Menguntungkan

Adapun jenis-jenis instrumen pada investasi jangka pendek antara lain:

  • Reksa dana 

Reksa dana adalah produk investasi yang mana dana dari investor nantinya akan dikelola oleh manajer investasi agar memperoleh keuntungan. Secara umum, terdapat 2 jenis reksa dana, yakni reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana saham, dan reksa dana campuran. Nah biasanya jenis reksa dana pasar uang merupakan pilihan investasi jangka pendek sebab periode waktunya hanya satu tahun dan tingkat risikonya rendah. 

  • Deposito

Deposito adalah produk tabungan di bank dengan menyetorkan dan mencairkan sejumlah dana dalam waktu yang singkat. Baik dalam jangka waktu tiga bulan, enam bulan atau bahkan hingga satu tahun. Namun walaupun waktunya singkat, Anda tidak bisa menarik dana tersebut secara tiba-tiba, dana hanya bisa diambil pada tanggal jatuh tempo saja. 

  • Peer to Peer (P2P) Lending

P2P lending merupakan sebuah platform investasi yang di dalamnya mempertemukan orang-orang yang membutuhkan pinjaman dana dengan orang yang mau meminjamkan dana. Waktu periode investasi dapat bebas dipilih oleh investor, mulai dari 6 bulan, 1 tahun, sampai 2 tahun.

  • Aset Kripto

Ada beberapa kriteria yang bisa Anda jadikan sebagai ukuran dalam menetapkan aset kripto sebagai pilihan investasi jangka pendek Anda, lho! Kriteria tersebut antara lain, memiliki nilai cap rendah, memiliki volume trading yang tinggi, memiliki ICO atau Initial Coin Offering (upaya pengumpulan dana melalui penawaran aset kripto baru, dan popularitas yang tinggi pada koin ataupun token.

Nah, berinvestasi jangka pendek pada aset kripto bisa dilakukan dengan trading dan menggunakan teknik scalping. Trading Scalping merupakan trading aset yang berfokus mendapatkan keuntungan dari aksi jual menjual aset secara cepat. Dalam trading scalping, Anda bisa membeli aset dalam harga rendah dan langsung menjualnya kembali ketika harganya mengalami peningkatan. Yups, karena pada trading ini memang memegang konsep lebih baik mengambil cuan sedikit demi sedikit akan lebih menguntungkan dibanding menggenggam aset di jangka panjang. Makanya teknik scalping ini memang cocok untuk berinvestasi jangka pendek.

Tips Berinvestasi Aset Kripto dalam Jangka Pendek Agar Menguntungkan

Inilah beberapa tips yang bisa diterapkan ketika berinvestasi jangka pendek dengan aset kripto!

  • Pilih Waktu yang Tepat

Melakukan investasi dan trading aset kripto bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Bahkan tak jarang ini bisa dilakukan pada saat santai, seperti saat hendak tidur, atau di sela-sela waktu istirahat. Namun, fleksibilitas ini bisa menjadi bumerang bagi Anda, apalagi di saat aktivitas ini sudah mulai menyita banyak perhatian Anda

Untuk itu, siapkan jadwal khusus untuk fokus pada saat melakukan investasi aset kripto. Hendaknya Anda melakukan identifikasi peluang investasi, mempelajari dan mengembangkain strategi yang tepa, dan yang terpenting persiapkan diri untuk mengelola risiko yang terjadi sepanjang trading. 

  • Mulai Investasi dari Modal yang Kecil

Saat ingin memulai berinvestasi, mulailah dengan jumlah yang kecil baru setelahnya tingkatkan secara bertahap ketika Anda merasa sudah lebih memahami dunia trading dan aset yang dipilih. Karena seperti yang diketahui, investasi jangka pendek tentu melibatkan banyak resiko. 

Apakah Anda sudah siap untuk berinvestasi jangka pendek? Yuk, daftar sekarang juga di Tokocrypto! Oh iya, Anda juga bisa mengetahui tips dan trik dalam dunia aset kripto lainnya dengan mengunjungi Tokonews, lho!