Blockchain

4 Cara Mining Bitcoin Paling Mudah, Pasti Auto Cuan!

Published

on

Bitcoin merupakan mata uang kripto (cryptocurrency) pertama di dunia yang cukup menggiurkan sebagai investasi. Keuntungan dari mata uang kripto ini bisa ratusan kali lipat. Tetapi taukah kamu ternyata terdapat cara mendapatkan Bitcoin dengan mudah yang disebut dengan mining. Untuk mengetahui cara mining bitcoin, yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Untuk mendapatkan bitcoin adalah dengan membelinya dari penyedia layanan exchange. Caranya sama seperti membeli mata uang atau saham asing di bank secara online. Namun, selain dengan membelinya. Ada cara lain, yakni Anda juga dapat menambangnya. Hal ini kerap dikenal dengan istilah mining bitcoin atau menambang bitcoin. Lantas seperti apakah cara mining bitcoin? Simak penjelasannya!

Lalu Apa sih Mining Bitcoin itu?

Mining bitcoin adalah sebuah cara atau proses memecahkan permasalahan matematika yang rumit. Makanya proses yang rumit tersebut seringkali diibaratkan sebagai proses layaknya menambang emas. Proses pemecahan matematika ini dilakukan sebagai bentuk upaya untuk menambah blok baru dalam sistem transaksi bitcoin (blockchain).

Nah hasil dari penambangan itu ada dua. Pertama, saat komputer memecahkan matematika yang rumit ini di dalam jaringan bitcoin, maka mereka akan menghasilkan bitcoin baru. Kedua, dengan menyelesaikan masalah matematika komputasi, penambang bitcoin membuat jaringan pembayaran bitcoin yang dapat dipercaya dan aman dengan memverifikasi informasi transaksinya. 

4 Cara Mining Bitcoin

Dilansir dari 99bitcoins.com, ketika menambang bitcoin dibutuhkan perangkat lunak atau software yang beragam serta komputer super canggih yang disebut dengan Application Specific Integrated Circuit (ASIC) untuk menyelesaikan algoritma rumit dalam proses menambangnya. Berikut beberapa cara dalam menambang bitcoin yang bisa Anda ketahui: 

1. Pool Mining

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk mining bitcoin, Anda memerlukan berbagai peralatan canggih yang harganya tentu tidak murah. Selain itu, listrik yang diperlukan ketika menjalankan peralatan tersebut tentunya cukup besar. Makanya, bagi penambang pemula disarankan menggunakan cara pool mining ini. 

Pool mining sendiri merupakan berbagi penggunaan peralatan yang digunakan untuk menambang. Supaya biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar, namun mendapatkan hasil yang maksimal.

Karena menambang dilakukan bersama-sama, maka hasilnya pun akan dibagi bersama kepada tiap orang yang berkontribusi. Walaupun pada pool mining terdapat biaya yang dibebankan ketika akan bergabung dengan kolam tersebut, tetapi ia menawarkan hasil yang lebih cepat dan lebih konsisten, karena canggihnya peralatan. 

2. Cloud Mining 

Cloud mining merupakan proses pembelian CPU power dari data center yang menggunakan perlengkapan untuk aktivitas mining bitcoin. Keuntungan menggunakan cara ini adalah Anda tak perlu membeli peralatan yang mahal dan tidak terjangkau. 

Mudahnya, cara ini diartikan seperti Anda menyewa keperluan menambang dengan mengandalkan internet. Beberapa situs provider cloud mining terpercaya antara lain: Bitcoin Pool, Genesis Mining, atau Hashflare. 

3. Solo Mining 

Solo mining dilakukan dengan mining bitcoin sendirian. Dengan menggunakan cara ini, hasil yang didapatkan memang lebih maksimal. Tapi, biaya yang dibutuhkan untuk mining bitcoin juga tidaklah murah. Ini disebabkan Anda harus menyiapkan dana yang cukup banyak untuk membeli peralatan yang dibutuhkan. 

Dalam penambangan bitcoin yang menggunakan komputer, tentunya , tentunya dibutuhkan hardware dan software yang mendukung. Terdapat 2 Graphic Processing Unit atau GPU yang bagus untuk menambang aset kripto, yaitu NVDIA dan AMD, dan untuk motherboard diperlukan yang paling sedikit memiliki 6 slot PCle untuk mengakomodasi GPU-nya. 

Sedangkan tugas utama dari mining software yaitu memonitori statistik dari para penambang. Biasanya statistik yang ditampilkan antara lain, kecepatan penambang, suhu, hashrate, dan juga kecepatan kipas dari hardware yang digunakan. CGMiner atau Software EasyMiner software yang bisa Anda coba.

4. Menggunakan Aplikasi pada Handphone

Mining bitcoin erat kaitannya dengan penggunaan komputasi yang canggih. Namun siapa yang menyangka, kini menambang bisa menggunakan aplikasi di handphone Anda! Walaupun jumlah bitcoin yang didapatkan tak kalah besar dengan cara mining lainnya, mining menggunakan aplikasi dapat memudahkan Anda mendapatkan bitcoin kapan saja dan dimana saja.  Adapun aplikasi yang bisa Anda gunakan antara lain: MinerGate, Crypto Miner, AA Miner, Neon Miner atau Droid Miner

Itulah beberapa cara mining bitcoin yang perlu Anda ketahui. Tertarik untuk mengetahui informasi lainnya? Kunjungi Tokonews dari Tokocrypto sekarang juga, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular

Exit mobile version