Connect with us

Menengah

Cara Mengubah PC Menjadi Alat Mining Bitcoin

Published

on

Menambang Bitcoin dengan PC

Cryptocurrency atau aset kripto saat ini menjadi salah satu aset investasi yang banyak dicari oleh berbagai kalangan di seluruh dunia. Dua cara untuk mendapatkan bitcoin adalah dengan membelinya di platform exchange atau menambang dengan menggunakan pc/laptop sebagai alat mining bitcoin.

Pertumbuhan harga yang terus menerus meningkat merupakan salah satu sebabnya. Selain itu, teknologi blockchain yang merupakan teknologi yang dipakai oleh berbagai aset kripto sehingga semua transaksi cryptocurrency menjadi aman. Dengan sifatnya yang sangat aman blockchain diperkirakan akan menjadi masa depan dalam sistem keamanan financial.

Salah satu aset kripto yang semakin hari harganya semakin naik adalah bitcoin. Mata uang ini ditemukan oleh seseorang yang mengaku bernama Satoshi Nakamoto pada 11 tahun yang lalu, untuk mendapatkan bitcoin ada dua cara yang bisa dilakukan, yang pertama adalah membelinya dari seseorang secara langsung ataupun membelinya dari platform exchange. Kedua, adalah menambang bitcoin dengan pc dengan spesifikasi tertentu.

Kegiatan untuk menambang bitcoin, atau mining bitcoin menurut buku Bitcoin for Dummies karya Wiley Brand, mengatakan bahwa banyaknya penambang bitcoin sejalan dengan perkembangan teknologi yang ada di dunia. Perkembangan alat yang makin canggih dan harga bitcoin yang makin tinggi membuat banyak kalangan ikut mencari bitcoin dengan cara menambang atau yang biasa disebut mining bitcoin

Persiapan untuk Mining Bitcoin di PC

Secara umum menambang bitcoin bisa dilakukan dengan dua tipe, yang pertama menambang bersama-sama dengan kelompok (menambang di kolam) dan yang kedua menambang sendiri. Baik secara kelompok maupun sendiri, umumnya menambang bitcoin dapat dilakukan dengan Personal Computer (PC). Namun ada hal-hal yang harus Anda siapkan sebelum menjadikan PC Anda sebagai alat mining bitcoin, seperti:

Motherboard

Hal pertama yang harus disiapkan untuk menambang bitcoin dengan PC adalah motherboard. untuk penambangan kripto, kami merekomendasikan Anda untuk mencari motherboard yang menyediakan lebih dari satu slot PCI-E. Ada banyak merek yang bisa disesuaikan dengan budget Anda, semakin banyak slot PCI-E maka harganya akan semakin mahal.

Baca juga: Daftar 5 Situs Mining Bitcoin Terpercaya yang Aman Digunakan

Advertisement

Processor

Prosesor merupakan hal kedua yang perlu disiapkan untuk mining bitcoin di PC. Meski bukan hal yang utama untuk meningkatkan kecepatan mining Anda, namun setidaknya Anda menggunakan prosesor i5 atau i7 agar komputer Anda terus stabil ketika mining.

Hard Drive

Hard drive menjadi salah satu komponen penting yang harus dipertimbangkan. Hard drive yang berfungsi untuk menjalankan sistem operasi dan penyimpanan data akan memerlukan space yang besar dalam penyimpanan blockchain, khususnya jika Anda memilih menambang sendiri. Kami merekomendasikan untuk minimal menggunakan hard drive sebesar 250 gb atau bisa juga Anda menggunakan solid state drive (SSD) sebesar 60-120 gb.

RAM

Sama seperti prosesor, RAM merupakan bukan hal yang utama untuk menambang bitcoin dengan PC, namun RAM hanya akan berfungsi untuk menjalankan sistem operasi dan program mining. Kami merekomendasikan Anda untuk minimal menggunakan RAM 8GB DDR4.

Power Supply

Daya yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu PC mining termasuk besar, karena komputer akan bekerja maksimal sehingga memerlukan daya yang tinggi serta stabil. Jika dalam dalam motherboard Anda menggunakan satu kartu grafis, Anda bisa memakai power supply di bawah 700 watt, namun jika menggunakan dua kartu grafis Anda memerlukan power supply 1000 watt atau lebih. Semakin banyak menggunakan kartu grafis pada PC Anda, daya yang dibutuhkan akan semakin besar.

Baca juga: Yuk, Buat Mining Makin Mudah dengan Kalkulator Bitcoin!

Kartu Grafis

Advertisement

Dalam menambang bitcoin dengan PC, kartu grafis merupakan satu hal penentu untuk mendapatkan bitcoin secara lebih cepat. Namun, untuk Anda yang baru ingin mulai untuk menambang, kami merekomendasikan untuk memulainya dengan menggunakan spek R7900, GTX1060 6GB GDDR5.  Memilih kartu grafis terbaik akan mempermudah cara mining bitcoin di PC.

Kipas Pendingin

Kipas pendingin yang tangguh akan membantu sirkulasi udara agar komputer Anda tidak cepat panas. Anda juga bisa menggunakan AC pada ruangan komputer Anda  untuk membantu dan mengurangi penggunaan kipas

Software Mining

Hal terakhir yang perlu Anda siapkan untuk menambang bitcoin menggunakan PC adalah software mining. Jika Anda ingin menambang bitcoin, Anda bisa menggunakan software bitcoin miner, BTC miner, easy miner, CG miner atau BFG miner.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda siapkan untuk mining bitcoin di PC. Memang tidak sedikit biaya yang akan dikeluarkan untuk menambang bitcoin dengan PC. Namun, ketika hal-hal diatas terpenuhi, kegiatan penambangan bitcoin Anda akan jauh lebih cepat untuk mendapatkan hasilnya. Sehingga pengeluaran Anda untuk membeli alat-alat tersebut akan cepat tergantikan dengan hasil yang didapatkan.

Baca juga: Apa itu Mining Bitcoin? Pengertian, Cara Mining, Biaya

Selain menambang, jika tujuan Anda mencari bitcoin adalah untuk mendapatkan profit yang besar. Cara lainya Anda bisa melakukan adalah trading dalam platform exchange. Platform Exchange merupakan tempat atau platform khusus yang digunakan untuk menukarkan mata uang fiat (konvensional) seperti rupiah, dolar dan sebagainya dengan bitcoin atau aset kripto yang ada pada platform exchange tersebut. Sebaliknya, jika sudah mempunyai aset kripto, Anda bisa menukarnya dengan mata uang fiat di platform exchange. 

Advertisement

Selain penukaran aset kripto dengan mata uang fiat dan sebaliknya. Pada, platform exchange cryptocurrency biasanya juga tersedia market dari tiap aset kripto. Sehingga Anda bisa mengambil keputusan untuk membeli aset kripto atau menjualnya sesuai prediksi Anda. 

Tokocrypto merupakan salah satu platform exchange di Indonesia yang sudah di verifikasi oleh Pemerintah indonesia melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Anda bisa menggunakan Tokocrypto untuk mendapat keuntungan dari pertukaran antar mata uang fiat dan cryptocurrency. Jika Anda ingin bergabung bersama Tokocrypto Anda bisa menghubungi kami di media sosial dengan user @tokocrypto atau bisa juga mengunjungi website kami di www.tokocrypto.com

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular