Trader Wajib Tahu! Simak Penjelasan tentang Bullish Divergence

0
346
Bullish Divergence

Salah satu teknik menganalisa kondisi pasar dan melihat peluang ke depan yang bisa digunakan oleh seorang trader adalah dengan mengenali pola divergence. Divergence sendiri memiliki dua bentuk, yakni bullish divergence dan bearish divergence. Sinyal divergence memang sudah jauh digunakan terlebih dahulu oleh para trader saham dan ini pun berlaku juga dalam trading aset kripto. 

Sebelum lebih jauh membahas bullish divergence, mari simak terlebih dahulu pengertian dari divergence. Divergence merupakan tanda awal pada perubahan market yang dapat menunjukkan kapan market kehilangan kekuatan. Ketika market sedang bergerak ke satu arah, kekuatan sesungguhnya sedang bersiap-siap untuk berbalik arah 

Mudahnya, divergence adalah pola yang berguna untuk memberikan informasi mengenai potensi arah tren yang kuat. Divergence sendiri berguna bagi Anda agar dapat mengidentifikasi kapan sebuah tren akan berlanjut serta kapan sebuah tren mulai melambat dan bahkan cenderung berbalik arah atau reversal.

Pada grafik, divergence berbentuk seperti pola yang bergerak melawan arah harga sesungguhnya. Nah, divergence sendiri seringkali ditemukan pada indikator momentum seperti: MACD, RSI dan Stochastic Oscillator.

Apa itu Bullish Divergence?

Bullish divergence dapat didefinisikan sebagai harga terendah baru yang belum dikonfirmasi oleh indikator rendah baru yang menandakan bahwa tren yang terjadi sedang lemah, dan siap untuk berbalik atau reversal

Bullish divergence sendiri cukup sederhana untuk mengidentifikasi dan menunjukkan ketika bear kehilangan kekuatan, dan bull yang siap untuk menguasai kendali market kembali. Keuntungan dengan menggunakan bullish divergence adalah Anda bisa melihatnya secara jelas, sedangkan yang menjadi kelemahannya adalah ia tidak dapat memberikan sinyal beli yang tepat. 

Perbedaan Antara Bullish Divergence dan Bearish Divergence

Umumnya, yang menjadi perbedaan antara keduanya adalah bullish divergence berarti harga akan berbalik ke atas, sedangkan bearish divergence berarti pembalikan harga ke bawah. 

Jenis-jenis Divergence

Secara umum, divergence dapat dibagi menjadi 2 jenis, yakni regular divergence, dan hidden divergence. Berikut penjelasan lebih lengkap yang bisa membedakan kedua kondisi dari bullish divergence dan bearish divergence:

  • Regular Divergence Trading

Umumnya, regular divergence menunjukkan tanda adanya indikasi pembalikan tren yang tengah berlangsung. 

  1. Bullish Divergence

Bullish divergence terjadi apabila harga berada dalam posisi lower low namun indikator berada dalam posisi higher low, kondisi ini menunjukkan adanya pembalikan tren (reversal) dari tren turun ke tren naik.

2. Bearish Divergence

Nah sedangkan bearish divergence terjadi apabila harga yang ada pada grafik berada dalam posisi higher high, sedangkan indikator berada pada posisi lower high. Nah, tanda ini menunjukkan indikasi adanya pembalikan tren, yakni dari tren naik ke tren turun. 

  • Hidden Divergence

Secara umum, hidden divergence menunjukkan tanda adanya indikasi penerusan tren yang sedang berjalan.

  1. Hidden Bullish Divergence

Kondisi hidden bullish divergence ditunjukkan jika harga berada di posisi higher low, sedangkan indikator berada dalam posisi lower low. Kondisi ini menunjukkan adanya indikasi tren naik (bullish) akan terus berlanjut.

2. Hidden Bearish Divergence

Hidden bearish divergence terjadi jika harga pada grafik berada di posisi lower high, sedangkan indikatornya berada dalam posisi higher high. Nah, tanda ini menunjukkan bahwa tren bearish yang sedang berlangsung dan berpotensi akan terus berlanjut. 

Nah, bagi Anda yang ingin mendalami trading aset kripto dan ingin langsung mempraktikkan bullish divergence ini, daftarkan diri Anda dan selesaikan KYC segera di www.tokocrypto.com

Tak hanya pengalaman trading dan investasi saja yang akan Anda dapatkan di Tokocrypto, melainkan Anda juga bisa membaca berita terbaru mengenai perkembangan aset kripto dan juga tips and trick yang tentunya akan selalu menambah pemahaman Anda. 

Tunggu apa lagi? Yuk, kunjungi segera!