Connect with us

Crypto

Apa itu NFT Sports dan 5 Contoh NFT Sports Terpopuler di Tahun 2021

Published

on

NFT Sport

Demam NFT seakan berhasil memasuki semua sendi kehidupan. Siapa yang menyangka, jika NFT mulanya hanya marak diperbincangkan di kalangan pekerja seni saja, kini hampir semua ranah sudah mengadopsinya. Tak terkecuali ranah olahraga. Banyak orang yang menggemari dan menggeluti bidang ini memanglah merupakan potensi untuk kehadiran NFT sports

Biar nggak ketinggalan hype-nya NFT di bidang olahraga ini, yuk, baca terus artikelnya! 

Apa itu NFT Sports?

NFT Sports adalah kepemilikan sertifikat aset digital di bidang olah raga. Biasanya pengadopsian NFT di bidang olahraga sendiri dapat berbentuk artwork digital dari sang atlet. Namun terbaru, Sorare hadir dengan pengalaman permainan game virtual. Tujuan dari pengadopsian NFT tak lain menjalin kedekatan para atlet bersama penggemar mereka. Klub olahraga lainnya, menggunakan NFT sebagai cara baru dalam menciptakan pendapatan baru. Selain itu, proyek NFT lainnya ada juga yang memiliki tujuan untuk kegiatan amal. 

Baca juga Wajib Tahu! Inilah Ragam NFT yang Diperjualbelikan

5 Deretan NFT Sports di Tahun 2021

Nggak cuma sekedar kerja sama yang menerbitkan NFT perseorangan, beberapa proyek NFT juga dilakukan bersama lembaga olahraga. Berikut kami hadirkan 5 deretan proyek NFT sports yang pernah dan akan terjadi di tahun 2021: 

1. NFT Formula 1

Formula 1 NFTDilansir dari CNBC Indonesia (16/11), ajang perlombaan balap mobil dunia Formula 1 baru saja menjalin kemitraan bersama dengan Crypto.com, platform jual beli aset kripto pada akhir Juni tahun ini. Salah satu kesepakatan yang dihasilkan dari kemitraan ini  adalah hadirnya format kualifikasi baru yang disebut Sprint Qualifying untuk menentukan posisi start pada sesi balapan. 

Selain itu, kesepakatan paling menarik dari kerja sama ini adalah Crypto.com akan menjadi mitra NFT (non-fungible token) bagi Formula 1. Nantinya Crypto.com akan mengembangkan NFT eksklusif di mana tujuannya sebagai cara baru dalam menghubungkan antara penggemar dengan olahraga. 

Advertisement

2. NFT Messi

NFT Sport - MessiLionel Messi, pesepakbola yang memiliki banyak fans ini turut meramaikan pasar NFT. Tepatnya pada 21 Maret 2021, Messi bersama Ethernity meluncurkan koleksi di NFT marketplace  bernama “Messiverse”. 

Peluncuran koleksi NFT ini menggaet dua seniman digital ternama, yaitu BossLogic dan Impossible Brief.  Adapun kelima keping NFT tersebut terdiri dari The Golden One, The Man From Tomorrow, The Man of The Past, The King Piece, dan The Magician. Nggak main-main, salah satu NFT bertajuk The Golden One berhasil ditawar dengan harga US$1.128.815. Wow! 

Baca juga : Yuk, Intip Koleksi NFT Art Messi yang Bertajuk ‘Messiverse’

3. NFT La Liga 

La Liga, salah satu liga sepakbola terbesar di dunia melakukan kemitraan NFT bersama Sorare pada 10 September 2021. Kerja sama keduanya menghasilkan peluncuran token yang tidak bisa ditukarkan bagi seluruh pemain. Sorare sendiri merupakan sebuah platform game sepak bola fantasi yang berjalan menggunakan teknologi blockchain Ethereum. 

Pada Sorare, pemain dapat membeli, menjual, berdagang serta mengelola tim virtual mereka menggunakan kartu pemain digital. Nantinya dengan penawaran ini, para fans, kolektor, dan juga player game fantasy Sorare dapat bebas berdagang dan bermain kartu digital pemain dari La Liga juga. 

4. NFT José Mourinho 

NFT Jose Mourinho

Berbicara sepakbola, rasanya nggak cuma para pemain yang memiliki daya tarik untuk fans-nya. Di sana, ada sosok figur pelatih yang juga punya fansnya tersendiri. Sebut saja salah satunya José Mourinho, pelatih klub sepakbola AS Roma.

Advertisement

Makanya hal inilah yang membuat Jose Mourinho bersama MasterCard telah mencetak NFT pertamanya yang berbentuk animasi sepakbola digital dengan tanda tangan Mourinho di salah satu panelnya. NFT ini tidak dijual bebas melainkan nantinya Mastercard akan memilih secara acak salah satu pemegangnya di Inggris untuk memenangkan NFT ini. 

5. NFT Kobe Bryant

NFT Kobe BryantTerakhir, ada NFT KB24 yang merupakan proyek yang terinspirasi oleh pemain basket legenda dunia Kobe Bryant. NFT ini mewakili 8 foto hitam putih milik Kobe Bryant yang diambil saat ia berusia muda di tahun 1999 silam. 

Nantinya NFT ini dilelang di NFT Cryptograph dengan nilai awal setiap NFT akan menjadi 0.08 ETH atau sekitar US$250. Adapun 10% dari hasil penjualan dari NFT ini akan disumbangkan ke Yayasan Mamba dan Mambacita Sports, sebuah yayasan yang dibuat untuk membantu anak-anak kurang mampu agar mampu berlatih atletik. 

Itulah beberapa proyek NFT sports yang pernah dilakukan. Tertarik untuk terjun langsung ke dunia NFT? Segera kunjungi TokoMall dan daftarkan diri Anda sebagai Official Partner atau Creator!

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular