Connect with us

Blockchain

Mengenal Teknologi Hyperledger dalam Blockchain

Published

on

Ilustrasi blockchain.

Hyperledger adalah proyek open source yang dibuat untuk mendukung pengembangan buku besar terdistribusi berbasis blockchain. Hyperledger terdiri dari upaya kolaboratif untuk menciptakan kerangka kerja, standar, alat, dan perpustakaan yang dibutuhkan untuk membangun blockchain dan aplikasi terkait.

Sejak Hyperledger dibuat oleh Linux Foundation pada tahun 2016, proyek ini telah mendapat kontribusi dari organisasi seperti IBM,Intel, Samsung, Microsoft, Visa, American Express, dan startup berbasis blockchain seperti Blockforce. Secara keseluruhan, kolaborasi tersebut mencakup perbankan, manajemen rantai pasokan, internet of things (IoT), manufaktur dan bidang berbasis produksi.

Sejarah dan misi Hyperledger

Linux Foundation mengumumkan pembuatan Proyek Hyperledger pada tahun 2015, satu tahun sebelum peluncurannya. Brian Behlendorf ditunjuk sebagai direktur eksekutif. Behlendorf menyatakan bahwa proyek Hyperledger tidak akan pernah membangun cryptocurrency sendiri.

Pada tahun 2016, proyek ini juga mulai menerima proposal untuk inkubasi basis kode dan teknologi elemen inti lainnya. Dua dari basis kode kerangka kerja blockchain awal yang diterima adalah Hyperledger Fabric dan libconsensus. Kemudian, buku besar terdistribusi Intel, Sawtooth, diinkubasi.

Pada tahun 2018, Sawtooth 1.0 siap produksi ditambahkan. Pada tahun 2019, versi dukungan jangka panjang dari Hyperledger Fabric diumumkan.

manfaat blockchain

Ilustrasi teknologi blockchain.

Baca juga: Inilah 3 Brand Termahal di Dunia yang Mengadopsi NFT

Fungsi Hyperledger

Hyperledger bertindak sebagai hub untuk kerangka kerja dan perpustakaan buku besar terdistribusi yang berbeda. Dengan ini, bisnis dapat menggunakan salah satu kerangka kerja Hyperledger, misalnya, untuk meningkatkan efisiensi, kinerja, dan transaksi dalam proses bisnis mereka.

Hyperledger bekerja dengan menyediakan infrastruktur dan standar yang dibutuhkan untuk mengembangkan sistem dan aplikasi blockchain. Pengembang menggunakan Hyperledger Greenhouse (kerangka dan alat yang membentuk hyperledger) untuk mengembangkan proyek blockchain bisnis. Semua peserta jaringan saling mengenal dan dapat berpartisipasi dalam proses pembuatan konsensus.

Advertisement

Teknologi berbasis hyperledger bekerja menggunakan lapisan ini:

  • Lapisan konsensus, yang membuat kesepakatan tentang pesanan dan mengonfirmasi apakah transaksi dalam satu blok benar.
  • Lapisan smart contract, yang memproses dan mengotorisasi permintaan transaksi
  • Lapisan komunikasi, yang mengelola transportasi pesan peer-to-peer (P2P).
  • Application Programming Interface (API), yang memungkinkan aplikasi lain untuk berkomunikasi dengan blockchain.
  • Layanan manajemen identitas, yang memvalidasi identitas pengguna dan sistem.
Ilustrasi teknologi blockchain.

Ilustrasi teknologi blockchain.

Baca juga: 4 Game Ikan Populer, dan Ada Juga yang Berbasis NFT dari Indonesia, Lho!

Mengenal Hyperledger Fabric dan Sawtooth

Dua dari kerangka Hyperledger yang paling terkenal adalah Hyperledger Fabric dan Sawtooth.

Hyperledger Fabric

Fabric adalah salah satu proyek paling populer di Hyperledger. Hyperledger Fabric adalah infrastruktur blockchain yang diizinkan yang digunakan untuk membangun produk, perangkat lunak, dan aplikasi berbasis blockchain. Hyperledger Fabric dibuat bekerja sama dengan IBM dan Digital Asset. Hyperledger Fabric menyediakan arsitektur modular yang mendefinisikan peran antara node, pelaksanaan smart contract dan layanan konsensus yang dapat dikonfigurasi. 

Fitur Fabric termasuk penggunaan smart contract, serta protokol konsensus Hyperledger Fabric yang dapat diaplikasikan. Fabric juga mendukung berbagai bahasa pemrograman melalui pemasangan modul. Hyperledger Fabric digunakan dengan proyek integrasi yang membutuhkan buku besar terdistribusi.

Hyperledger Sawtooth

Sawtooth adalah platform blockchain modular yang diizinkan dan disumbangkan oleh Intel. Organisasi menggunakan Sawtooth untuk menyebarkan, menjalankan, dan membangun big book yang didistribusikan. Hal ini dapat membantu bisnis yang mengalami kesulitan bekerja dengan teknologi blockchain. 

Fitur Sawtooth meliputi: Dynamic Consensus, Transaction Famillies. Proof of Elapsed Time (sejenis algoritma konsensus), Parallel Transaction Execution (yang memungkinkan pembuatan rantai inpidual) dan Private Transaction (Transaksi Pribadi). Hyperledger jenis ini juga mendukung Smart Contract Ethereum. Software Development Kit (SDK) untuk Python, Go, JavaScript, Rust, Java, dan C++ juga tersedia. Sawtooth dimaksudkan untuk bisnis yang membutuhkan platform blockchain yang diizinkan dan modular.

Ilustrasi server blockchain.

Ilustrasi server blockchain.

Baca juga: Ekosistem Teknologi Blockchain Bisa Atasi Perubahan Iklim

Alat dan Proyek Hyperledger Lainnya

Hyperledger Fabric dan Sawtooth bukan hanya dua proyek yang dimiliki Hyperledger. Hyperledger menawarkan beberapa proyek dan alat yang saat ini aktif atau dalam inkubasi, yang berarti mereka memerlukan kriteria keluar tertentu sebelum dinyatakan aktif dan siap produksi. Beberapa proyek tersebut antara lain:

Advertisement

Hyperledger Iroha 

Kerangka kerja blockchain yang digunakan untuk berintegrasi dengan jaringan yang ada. Iroha memiliki desain modular, akses berbasis kontrol, akses ke banyak perpustakaan, serta manajemen aset dan identitas. Ini digunakan di bidang-bidang seperti layanan keuangan, perawatan kesehatan dan pendidikan.

Hyperledger Indy 

Kerangka kerja yang dibuat untuk identitas yang terdesentralisasi. Muncul dengan komponen, set alat dan perpustakaan. Ini juga mencakup kedaulatan diri, yang secara aman menyimpan semua dokumentasi berbasis identitas.

Hyperledger Besu 

Basis kode Ethereum open source yang dapat berjalan pada platform yang diizinkan secara pribadi atau jaringan publik Ethereum. Ini fitur Ethereum Virtual Machine (EVM), algoritma konsensus, API yang dihadapi pengguna dan pemantauan.

Ilustrasi blockchain.

Ilustrasi blockchain.

Hyperledger Caliper 

Alat benchmark blockchain. Caliper digunakan untuk mengevaluasi kinerja implementasi blockchain. Namun, itu tidak datang dengan standar yang telah ditentukan karena implementasi blockchain semuanya mungkin memerlukan set standar yang berbeda.

Hyperledger Explorer

Alat utilitas dasbor yang memungkinkan pengguna untuk memantau, mencari, dan memelihara blockchain dan data yang terkait. Dengannya, masyarakat ataupun organisasi dapat memeriksa node, blok, transaksi, dan smart contract. Ini juga memungkinkan pengguna untuk membuat perubahan kode.

Cello Hyperledger

Toolkit blockchain sebagai layanan yang digunakan untuk membuat, menghentikan, dan mengelola layanan blockchain.

Hyperledger Burrow

Node blockchain kontrak pintar Ethereum yang diizinkan. Ini menangani transaksi dan eksekusi kode kontrak pintar pada EVM.

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular