Connect with us

Blockchain

4 Tokoh dan Artis Indonesia yang Ikut Tren NFT

Published

on

illustrasi nft

Non-Fungible Token (NFT) bisa diartikan sebagai karya seni yang memiliki orisinalitas dan sejarah yang dapat dipertanggungjawabkan. Aspek NFT inilah yang menjadikannya aset menarik bagi para seniman. Tak hanya itu, sederet artis dan tokoh Indonesia sudah berhasil mendapatkan keuntungan jutaan —bahkan milyaran Rupiah— lewat penjualan NFT.

Siapa saja bisa membuat dan memperdagangkan NFT karena tidak diperlukan keterampilan khusus. Contohnya saja seperti Ghozali Everyday yang menjual NFT berisikan selfie dirinya. Jadi, apa yang membuat para selebriti Indonesia tertarik dalam dunia NFT?

Perkembangan NFT hingga Digandrungi oleh Selebriti

Beeple, seorang digital artist dari Amerika Serikat, menjual koleksi yang diberi nama “Everydays: The First 5000 Days”. Koleksi tersebut berhasil meraup pendapatan sebesar $69 juta atau setara dengan Rp989 miliar, nominal fantastis yang mendongkrak popularitas NFT secara global.

Benar, siapa saja bisa melihat dan mengambil foto NFT yang dijual. Namun, hanya pembeli atau kolektor NFT tersebut yang benar-benar mendapatkan kepemilikan dari karya seni itu. Inilah mengapa NFT disebut sebagai media terbaru bagi seniman—dan siapa saja—untuk menjual karya mereka.

Euforia berjalan tak hanya sampai situ saja, sejumlah tokoh ternama dunia juga turut membuat dan menjual NFT buatan mereka sendiri. Di antaranya seperti Jack Dorsey (pendiri Twitter), Grimes (musisi), Eminem (rapper), hingga Paris Hilton (sosialita). Bahkan, brand-brand besar pun ikut meluncurkan NFT, seperti Warner Bros. dengan koleksi NFT Space Jams dan Nike. 

Para penggemar dari masing-masing tokoh, artis, maupun brand ini pastilah punya penggemarnya tersendiri yang akan rela merogoh kocek untuk pujaannya. Terlebih, tiap koleksi NFT tersebut pasti memiliki keunikan dan kelangkaannya sendiri. Dan, ya, ini bisa menjadi cara investasi baru bagi mereka. Hal inilah yang membuat NFT yang dikeluarkan oleh artis atau brand bisa laku terjual di pasaran saat ini. 

Baca juga: Inilah 3 Brand Termahal di Dunia yang Mengadopsi NFT

Advertisement

Deretan Tokoh dan Artis NFT Indonesia 

Tak hanya di negara luar, popularitas NFT pun kian meningkat di Indonesia. Semakin banyak orang tergiur dengan profitabilitas NFT, termasuk para selebriti dan tokoh Indonesia yang terjun ke dunia NFT.  Ini dia daftarnya! 

1. Syahrini

nft artis indonesia syahrini

Source by princessyahrini on Instagram

Dahulu, Syahrini dikenal dari gaya rambutnya yang menghebohkan. Pasti Anda ingat dengan “Jambul Khatulistiwa” milik penyanyi ini, bukan? Kini, Syahrini terkenal sebagai seorang business woman yang berhasil meluncurkan koleksi NFT pertamanya, yakni Syahrini’s Metaverse Tour.

Berisikan 18 ribu NFT, Syahrini menampilkan karya seni digital berupa avatar dirinya di berbagai backdrop cantik dengan tatanan warna lilac dan ungu. Syahrini bekerja sama dengan PT Anak Gaul Jaksel dan NFT Kings Pro untuk membuat koleksi NFT tersebut.

Menariknya, “Metaverse” menjadi NFT pertama di dunia yang menampilkan wanita berhijab! NFT karya Syahrini ini sudah habis terjual dalam beberapa jam saja. NFT yang dibanderol dengan harga $20 atau setara dengan Rp287.000 ini menghebohkan dunia entertainment Indonesia dan menjadi salah satu alasan mengapa NFT kian populer di tanah air.

2. Luna Maya

Jika biasanya NFT dijual dalam jumlah ribuan item, berbeda halnya dengan koleksi NFT yang diluncurkan oleh Luna Maya. Secara mengagetkan, Luna Maya mengumumkan bahwa dirinya akan menjual NFT dalam jumlah yang sangat terbatas, yaitu hanya 10 item. Tidak sendiri, Luna Maya bekerja sama dengan Tokau, sebuah perusahaan Jepang yang sudah berpengalaman memproduksi karya digital untuk NFT selebritas Jepang. Penjualan NFT milik Luna Maya juga didukung oleh Gushcloud International. 

artis nft indonesia luna maya

Source by Binance.com

Selain itu, Luna Maya juga meluncurkan NFT bernama Queen of The Moon yang berformat mp4. Konsep NFT ini cukup unik karena merupakan video kompilasi kehidupan Luna Maya. Harga penawarannya pun mencapai 15 BNB atau sekitar Rp87 juta.

3. Denny JA

nft tokoh indonesia denny ja

Source by A Portrait of Denny JA on OpenSeaDenny Januar Ali atau Denny JA merupakan seorang penulis terkenal. Berkat koleksi NFT berjudul “A Portrait of Denny JA: 40 Years in the World of Ideas,” kini ia juga menjadi artis NFT Indonesia yang menghasilkan Rp1 miliar dari penjualan NFT.

Koleksi NFT ini berisikan sampul-sampul buku karya Denny JA selama 40 tahun menjadi penulis. Namun, jangan salah, NFT ini tidak dibuat oleh Denny JA, melainkan seniman Galam Zulfiki. Karya ini sudah dibeli oleh Denny JA, sehingga legal untuk dijual dalam bentuk NFT.

4. Ridwan Kamil

nft tokoh indonesia ridwan kamil

Source by Ridwan_Kamil Collection on OpenSea

Sang Gubernur Jawa Barat yang selalu up-to-date dengan perkembangan zaman ini juga tidak mau kalah dengan tren NFT. Ridwan Kamil berhasil menjual NFT berupa lukisan buatannya sendiri seharga 1 ETH atau Rp 45,9 juta. Hasil penjualan NFT yang diberi judul “Pandemic Self Portrait” ini disumbangkan ke yayasan yang membantu anak-anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal akibat COVID-19. 

Itulah beberapa tokoh dan artis NFT Indonesia yang sudah berhasil menjual NFT karya mereka. Apakah Anda akan menjadi artis NFT Indonesia selanjutnya? Buat dan jual NFT karya Anda hanya di TokoMall!

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular