Altcoin News

Mengenal Secret Network, Kripto Diklaim Pesaing Ethereum & Polkadot

Published

on

Berbicara soal layanan DeFi (decentralized finance), salah satu kekurangannya adalah permasalahan privasi. Namun, ada sebuah project blockchain yang bernama Secret Network bisa memberikan solusi terkait hal itu.

Secret Network adalah jaringan blockchain pertama dengan smart contract yang menjaga privasi. Saat ini, sebagian besar blockchain yang mendukung smart contract, seperti Ethereum, masih bersifat publik secara default, sehingga siapa saja dapat melacak dan melihat transaksi yang mungkin bisa disalah gunakan.

Melihat celah kekurangan itu, Secret Network meningkatkan smart contract tradisional dengan mendukung input dan output terenkripsi, sehingga privasi data untuk informasi sensitif dapat disimpan di blockchain.

Privasi sangat penting untuk keamanan dan adopsi Web3, dari DeFi hingga NFT dan seterusnya. Secret Network menghadirkan fungsionalitas privasi baru dan unik ke dalam jaringannya dan akan menjadi dasar bagi generasi berikutnya dari aplikasi Web3.

Melindungi Data Pengguna

Ilustrasi perlindungan data pengguna.

Secret Network dibangun sebagai jaringan komputer terdesentralisasi (secret nodes) yang memanfaatkan Trusted Execution Environments (TEEs) untuk memungkinkan komputasi yang aman melalui data terenkripsi. TEE berfungsi seperti “kotak hitam” untuk pemrosesan data dan digunakan di semua jenis platform, seperti smartphone dan konsol video game.

Karena data dienkripsi secara default, pengguna Secret Network memiliki ‘kunci’ untuk melihat data sensitif mereka. Kunci tersebut dapat dibagikan dengan pihak ketiga seperti auditor, wallet, dan lainnya. Ini memungkinkan pengguna untuk mempertahankan kontrol atas data mereka dan memutuskan apa yang dibagikan dengan siapa.

“Hanya privasi yang dapat diprogram memberi pengguna dan pengembang kontrol di dunia DeFi. Tanpa privasi yang dapat diprogram, DeFi tidak akan pernah mencapai adopsi massal,” kata Tor Bair, Pendiri Secret Foundation dikutip TechCrunch.

“Secret Network bermaksud untuk menjadi dasar bagi jenis aplikasi DeFi baru yang melindungi pengguna dengan lebih baik sekaligus memungkinkan institusi tradisional untuk berpartisipasi secara aman, dengan perlindungan untuk data sensitif.

Baca juga: 4 Jenis Stablecoin dan Perbedaannya dengan Aset Kripto Lain

Secret Network Pesaing Ethereum dan Polkadot

Ilustrasi Ethereum.

Secret Network mengklaim bahwa ini adalah salah satu blockchain pertama yang menampilkan kontrak pintar yang menjaga privasi, yang diluncurkan di Mainnet pada September 2020. Dikatakan ini berarti semua aplikasi terdesentralisasi yang dibangun di Secret Network memiliki privasi data secara default.

Blockchain Secret Network itu sendiri didasarkan pada Cosmos SDK/Tendermint, memberikan konsensus independennya sendiri, tata kelola on-chain, dan fitur seperti pemotongan dan delegasi. Ini berbeda dengan Ethereum.

Secret masih harus bersaing dengan banyak sekali proyek privasi yang sudah ada, misalnya di jaringan Ethereum, seperti Automata. Secret Network bisa menjadi blockchain mandiri dan masih membutuhkan komunitas pengembang untuk sukses, saingi Ethereum dan Polkadot, yang secara teknis memiliki awal yang lebih baik.

Koin Secret (SCRT)

Ilustrasi koin Secret (SCRT).

Secret Network memiliki native coin bernama Secret (SCRT). Ini seperti Ethereum (ETH) dan Bitcoin (BTC), yang bisa disimpan di wallet dan membelanjakannya saat ingin menggunakan jaringan Secret Network.

Sama seperti cara kerja ETH di Ethereum, SCRT digunakan untuk membayar semua biaya komputasi dan transaksi yang terkait dengan aplikasi di jaringan. Selain itu, dengan melakukan staking, SCRT bisa digunakan sebagai validator Secret Network untuk membantu mengamankan jaringan, tentu akan ada rewards SCRT.

Semua pemangku kepentingan yang memiliki koin SCRT dapat berpartisipasi dalam tata kelola Secret Network, membantu menentukan arah masa depan jaringan dan komunitas.

Baca juga: 5 Perempuan Hebat di Balik Industri Teknologi Blockchain Indonesia

Secret Network NFT

Ilustrasi Secret Network NFT.

Secret Network juga menjalankan project NFT. Berbeda dengan project lainnya, Secret NFT memungkinkan pembuat konten untuk memilih siapa yang memiliki akses penuh ke konten mereka.

Seorang seniman dapat memberikan teaser dari karya mereka atau dengan watermark, sehingga orang memiliki gambaran tentang apa yang mereka beli, tetapi versi resolusi penuh bersifat pribadi dan harus dibeli untuk melihatnya.

Dengan Secret NFT, validasi konten terjadi tanpa membuka verifikasi untuk semua orang. Dengan kata lain, kepemilikan barang dapat diverifikasi tidak harus bersifat publik. Di Secret Network, proses validasi terjadi tanpa mengorbankan data pribadi apa pun, termasuk bukti keaslian dan transfer.

Koin Secret (SCRT) Listing di Tokocrypto

Koin Secret (SCRT) kini sudah diperdagangkan di platform Tokocrypto sejak 1 Maret 2022. Pengguna sudah bisa langsung melakukan deposit dan trading dengan pairing SCRT/USDT, SCRT/BUSD, SCRT/BTC dan SCRT/ETH.

Peringkat SCRT di CoinMarketCap saat ini adalah #93, dengan kapitalisasi pasar langsung sebesar $ 722.223.721. Pasokan yang beredar 163.295.557 koin SCRT dan maksimal pasokan tidak tersedia.

Bagi pengguna yang ingin memulai investasi aset kripto bisa langsung membuat akun dan selesaikan KYC di Tokocrypto. Jangan lupa juga untuk gabung di komunitas Tokocrypto untuk tahu lebih banyak soal dunia aset kripto, ya!

Baca juga: Jurus Memulai Investasi Layaknya Pacaran & Menikah ala Aliyah Natasya

Disclaimer

Perdagangan aset kripto memiliki risiko yang tinggi. Harap lakukan perdagangan dengan hati-hati dan cermat. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas kerugian perdagangan yang dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular

Exit mobile version