Altcoin News

Tokocrypto Market Signal 23 Maret 2022: Kripto Tampil Menawan, Mulai Siuman?

Published

on

Para investor aset kripto mungkin bisa hidup dengan tenang pada pekan keempat bulan Maret ini. Pasalnya selama beberapa hari terakhir sejumlah aset kripto terutama yang berkapitalisasi pasar terbesar sejagat nyaman berada di zona hijau.

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono, mengatakan secara umum investor tengah melakukan aksi beli di berbagai exchange, untuk memanfaatkan fase volatilitas yang rendah dan minimnya volume perdagangan sejak awal pekan. Hanya saja, di saat yang sama, sebagian besar trader justru memanfaatkan masa-masa ini untuk melakukan posisi short untuk take profit.

Market aset kripto bisa dibilang masih dalam masa healing. Hanya saja, masih belum yakin bahwa tren ini akan terus berlanjut atau bisa berbalik arah kembali ke bear market. Hal ini mengingat kondisi pasar kripto yang terbilang volatil dan memiliki volume perdagangan harian yang belum maksimal,” jelas Afid.

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono.

Lebih lanjut, Afid mengungkap sentimen-sentimen positif pasar saat ini, mulai dari suku bunga The Fed, legalitas kripto di Ukraina hingga banyak institusi yang masuk ke industri, sejatinya belum menjadi dasar yang kuat untuk membantu performa pasar kripto ke depan. Pasalnya fundamental sejumlah aset kripto masih dalam tekanan.

Afid juga memberikan rincian sejumlah aset kripto yang berpotensi bullish dan bearish di pekan keempat bulan Maret ini. Simak selengkapnya di Tokocrypto Market Signal.

Daftar 5 Aset Kripto Bullish

1. PancakeSwap (CAKE)

Ilustrasi analisis teknikal PancakeSwap (CAKE).

PancakeSwap adalah pertukaran terdesentralisasi (DEX) yang dibangun di atas Binance Smart Chain (BSC) dengan biaya gas fee rendah dan transaksi yang cepat. Ini memungkinkan pengguna untuk menukarkan token BEP-20 dengan mudah.

CAKE adalah token asli dari PancakeSwap dengan standar BEP-20. CAKE ini berfungsi sebagai token tata kelola. PancakeSwap menghasilkan CAKE agar memberikan penghargaan kepada siapa saja yang ikut berkontribusi pada liquidity pools melalui berbagai metode.

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono, melihat CAKE tampaknya akan mengalami pergerakan yang positif pada pekan ini. Alasannya Binance akan mengintegrasikan PancakeSwap dengan aplikasi dan ekosistem Binance.

“Integrasi PancakeSwap dan Binance akan memungkinkan pengguna mendapatkan kemudahan dalam bertransaksi. Sentimen ini akan berdampak pada permintaan token CAKE di pasar. Di samping itu popularitas sektor keuangan DeFi juga sedang meningkat,” kata Afid.

Peringkat CAKE di CoinMarketCap pada Rabu (23/3) pukul 07.00 WIB adalah #57, dengan kapitalisasi pasar $ 1.907.080.689. Pasokan yang beredar 276.853.214 koin CAKE dan maksimal pasokan tidak tersedia.

2. Avalanche (AVAX)

Ilustrasi analisis teknikal Avalanche (AVAX).

Avalanche adalah blockchain yang dirancang Ava Labs sebagai jaringan terdesentralisasi yang aman dan terdistribusi secara global. Sementara, AVAX merupakan native token dari platform Avalanche yang digunakan sebagai alat tukar dalam ekosistem mereka. 

Pergerakan nilai AVAX bisa bullish pada pekan ini, karena Ava Labs telah secara resmi bergabung dengan Blockchain Association, sebuah organisasi non-profit yang mengadvokasi kebijakan publik blockchain dan aset kripto yang lebih baik dan transparan di Amerika Serikat.

“Bergabungnya Avax Labs dengan organisasi Blockchain Association di AS, menjadi sentimen positif bagi token AVAX. Ini membuat para investor tertarik untuk berinvestasi dan merasa memiliki visi yang sama dengan Avax Labs untuk membangun industri kripto yang lebih baik,” ungkap Afid.

Peringkat AVAX di CoinMarketCap pada Rabu (23/3) pukul 07.00 WIB adalah #10, dengan kapitalisasi pasar $ 23.092.444.488. Pasokan yang beredar 267.279.532  koin AVAX dan maksimal pasokan tidak tersedia.

3. Ethereum Classic (ETC)

Ilustrasi analisis teknikal Ethereum Classic (ETC).

Ethereum Classic (ETC) diperkirakan akan mengalami peningkatan nilai dalam waktu dekat. Afid menjelaskan pengumuman kemitraan antara ETC Group dan HANetf yang ETF metaverse pertama di Eropa, karena berhasil listing di London Stock Exchange. ETF metaverse ini akan tersedia untuk diperdagangkan dengan METR sebagai simbol ticker-nya.

“Koin ETC diperkirakan akan bullish pada pekan ini, pasca pengumuman kemitraan antara ETC Group dan HANetf yang membawa ETF metaverse pertama di Eropa. Sentimen ini membuat investor tertarik pada koin ETC lebih lanjut dan melihat pengembangannya ke depan,” jelas Afid.

Ethereum Classic (ETC) adalah hard fork dari Ethereum (ETH) yang diluncurkan pada Juli 2016. Ethereum Classic telah berusaha untuk membedakan dirinya dari Ethereum, dengan peta jalan teknis kedua jaringan yang semakin menyimpang satu sama lain seiring waktu.

Peringkat ETC di CoinMarketCap pada Rabu (23/3) pukul 07.00 WIB adalah #29, dengan kapitalisasi pasar $ 5.770.353.020. Pasokan yang beredar 133.735.574  koin ETC dan maksimal pasokan 210.700.000 koin ETC.

Baca juga: Mengenal Contentos dan Biswap, Kripto Utilitas untuk Konten Digital & GameFi

4. Cardano (ADA)

Ilustrasi analisis teknikal Cardano (ADA).

Cardano (ADA) tetap menjadi salah satu aset berkinerja terbaik di 10 besar kripto berdasarkan kapitalisasi pasar selama 7 hari terakhir. Harga ADA, dengan Avalanche (AVAX), Ethereum (ETH), dan Solana (SOL), diperdagangkan dengan keuntungan lebih dari 15% selama periode waktu tersebut.

Afid melihat kenaikan harga Cardano dapat didorong oleh peningkatan jumlah proyek yang dibangun di ekosistemnya. Tidak hanya itu ada juga peningkatan terbaru yang diterapkan pada jaringan.

“Input Output Global (IOG) pengembang Cardano telah berfokus pada pengoptimalan dan peningkatan jaringan. mereka mengungkapkan proposal pembaruan terbaru untuk meningkatkan batas unit memori skrip Plutus per blok dari 56 juta menjadi 62 juta,” terang Afid.

Plutus adalah salah satu komponen terbaru Cardano saat jaringan melakukan transisi untuk mengimplementasikan kemampuan smart contract dan akan membantu skalabilitas jaringan.

Peringkat ADA di CoinMarketCap pada Rabu (23/3) pukul 07.00 WIB adalah #8, dengan kapitalisasi pasar $ 32.886.946.110. Pasokan yang beredar 33.713.396.046 koin ADA dan maksimal pasokan 45.000.000.000 koin ADA.

5. Polygon (MATIC)

Ilustrasi analisis teknikal Polygon (MATIC).

Polygon (sebelumnya Matic Network) adalah platform pertama yang terstruktur dengan baik dan mudah digunakan untuk penskalaan Ethereum dan pengembangan infrastruktur. Komponen intinya adalah Polygon SDK, kerangka kerja modular dan fleksibel yang mendukung pembuatan berbagai jenis aplikasi.

MATIC kemungkinan besar akan bullish pada pekan ini karena integrasi jaringan Mina Protocol dan Polygon. Ini bisa menyebabkan pertumbuhan harga MATIC yang stabil.

“Mina Protocol dan Polygon bekerja sama untuk mengimplementasikan dukungan untuk Mina di jaringan Polygon PoS. Jembatan ini akan memungkinkan pengembang membangun aplikasi di Polygon untuk memanfaatkan privasi dan keterverifikasian melalui protokol berbasis SNARK,” kata Afid.

Peringkat MATIC di CoinMarketCap pada Rabu (23/3) pukul 07.00 WIB adalah #17, dengan kapitalisasi pasar $ 11.647.666.128. Pasokan yang beredar 7.696.069.521 koin MATIC dan maksimal pasokan 100.000.000.000 koin MATIC.

Baca juga: Kecerdasan Buatan Bisa Digunakan untuk Investasi Aset Kripto

Daftar 5 Aset Kripto Bearish

1. ApeCoin (APE)

Ilustrasi analisis teknikal ApeCoin (APE).

ApeCoin memang sedang hype akhir-akhir ini. APE pernah mengalami ATH dengan kenaikan nilai yang fantastis saat listing perdana pada 17 Maret 2022. Dalam 24 jam, APE memiliki volume perdagangan lebih dari $9,2 miliar, menurut CoinMarketCap.

Tapi kini APE dibayangi oleh penurunan nilai. Afid melihat pertanyaan seputar tokenomics-nya telah banyak muncul. Ini membuat banyak orang mempertanyakan apakah APE benar-benar akan menjadi infrastruktur yang terdesentralisasi atau tidak.

“Sentimen negatif berasal dari pertanyaan soal tokenomics APE yang janggal. Melihat lebih dekat pada distribusi APE dengan 1 miliar token, mengungkapkan bahwa itu bisa lebih terkonsentrasi di tangan beberapa individu tertentu,” kata Afid.

Total pasokan ApeCoin secara permanen ditetapkan hanya 1 miliar token, semuanya dicetak sekaligus. Pada hari peluncuran, 17 Maret 2022, 30,25% akan beredar. Persentase ini akan terus meningkat setelah hari peluncuran secara berkala selama periode 48 bulan.

Dari jumlah tersebut, 9,75% kepemilikan akan diberikan ke Yuga Labs, 14% akan dipegang oleh pelanggan yang terlibat dalam peluncuran token, 8% akan diberikan kepada pendiri Yuga Labs, Wylie Aronow dan Greg Solano dan terakhir 6,25% akan didedikasikan untuk dana amal untuk Jane Goodall Legacy Foundation.

Peringkat APE di CoinMarketCap pada Rabu (23/3) pukul 07.00 WIB adalah #47, dengan kapitalisasi pasar $ 2.974.952.635. Pasokan yang beredar 277.500.000 koin APE dan maksimal pasokan 1.000.000.000 koin APE.

2. Anchor Protocol (ANC)

Ilustrasi analisis teknikal Anchor Protocol (ANC).

Anchor Protocol (ANC) masih terjebak dalam fase bearish yang kemungkinan akan berkelanjutan pada pekan ini. Afid menjelaskan sentimen penolakan proposal pemotongan hasil oleh pemegang token ANC terus menekan harganya. 

“ANC sudah overbought dan banyak investor telah take profit, sehingga akan membuat harganya terkoreksi. Ditambah, reaksi penolakan terhadap proposal pemotongan hasil yang menawarkan hingga 20% pada deposito stablecoin membuat nilai ANC tertekan,” katanya.

Anchor Protocol adalah protokol pinjam meminjam di blockchain Terra. ANC adalah token utilitas dan tata kelola asli protokol yang memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi dalam tata kelola, pinjam meminjam, dan mendapatkan bunga dengan aset digital mereka menggunakan model jaminan berlebih.

Peringkat ANC di CoinMarketCap pada Rabu (23/3) pukul 07.00 WIB adalah #101, dengan kapitalisasi pasar $ 701.207.651. Pasokan yang beredar 266.641.076 koin ANC dan maksimal pasokan 1.000.000.000 koin ANC.

3. Filecoin (FIL)

Ilustrasi analisis teknikal Filecoin (FIL).

Filecoin adalah sebuah jaringan peer-to-peer yang bergerak di bidang penyimpanan data dengan sistem yang terdesentralisasi. Melalui jaringan ini, pengguna dapat menyimpan file di internet menggunakan blockchain dan perlu membayar pada storage miners.

Afid mengungkap rendahnya tingkat aktivitas pembangunan membuat pergerakan token FIL mengarah bearish yang berkepanjangan. Investor mulai tidak tertarik melihat potensi FIL yang cenderung stagnan.

Token FIL tidak memiliki banyak pengembangan. kinerja tokennya juga tidak mengesankan, banyak investor memilih untuk tidak melakukan cut loss. Investor yang membeli FIL di bear market pada September 2021 pasti merasa bersalah sekarang,” kata Afid.

Peringkat FIL di CoinMarketCap pada Rabu (23/3) pukul 07.00 WIB adalah #42, dengan kapitalisasi pasar $ 3.323.482.372. Pasokan yang beredar 180.226.874 koin FIL dan maksimal pasokan tidak tersedia.

Baca juga: Kelas Kripto: Memahami Perbedaan Koin dan Token

4. Shiba Inu (SHIB)

Ilustrasi analisis teknikal Shiba Inu (SHIB).

Jumlah pemegang koin Shiba Inu (SHIB) terus meningkat selama tiga bulan terakhir. Namun, SHIB baru saja dilaporkan mengalami kerugian signifikan lebih dari 32.000 holders dalam satu hari.

Afid melihat jumlah pemegang SHIB turun 32.832 pada hari Jumat (18/3), setelah kenaikan stabil selama tiga bulan. Selain itu, minat Google terhadap kata kunci “Beli koin Shiba Inu” telah menurun.

“Tanda-tanda pertama penurunan minat pada Shiba Inu muncul pada awal Februari, ketika memecoin itu kehilangan lebih dari 4.000 wallet penyimpanan antara 28 Januari dan 3 Februari 2022. Pamor SHIB saat sedang turun dan belum ada sentimen positif yang bisa menggerakan harganya,” kata Afid.

Peringkat SHIB di CoinMarketCap pada Rabu (23/3) pukul 07.00 WIB adalah #15, dengan kapitalisasi pasar $ 12.975.166.858. Pasokan yang beredar 549.063.278.876.302 koin SHIB dan maksimal pasokan tidak tersedia.

5. Spell Token (SPELL)

Ilustrasi analisis teknikal Spell Token (SPELL).

Spell Token (SPELL) adalah aset kripto dan beroperasi pada platform Ethereum. SPELL kini sudah dikenal luas di dunia kripto dengan status sebagai aset yang sangat menjanjikan. Namun, dalam beberapa waktu status sedang merana.

“Dalam beberapa waktu terakhir nilai SPELL terus turun tajam. Penurunannya di pekan ini bahkan diperkirakan akan mencapai -26 persen,” ungkap Afid.

Di sisi lain, banyak ahli aset kripto percaya bahwa harga Spell akan naik tajam di masa depan. Namun, kembali lagi pasar kripto sangat fluktuatif. Kenaikan harga yang besar dan penurunan harga dapat terjadi dalam jangka pendek.

Peringkat SPELL di CoinMarketCap pada Rabu (23/3) pukul 07.00 WIB adalah #146, dengan kapitalisasi pasar $ 399.227.444. Pasokan yang beredar 91.675.898.945 koin SPELL dan maksimal pasokan 96.008.739.620 koin SPELL.

Disclaimer:

Konten ini bersifat informatif, bukan ajakan/anjuran membeli dan atau menjual aset kripto. Segala bentuk perdagangan aset kripto ditanggung pelanggan dengan segala risikonya karena merupakan keputusan pribadi. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas segala resiko yang terjadi, baik keuntungan maupun kerugian dari perdagangan aset kripto.

Baca juga: Daftar Kripto Diklaim Punya Fundamental yang Aman

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular

Exit mobile version