Connect with us

Altcoin News

Tokocrypto Market Signal 20 April 2022: Pasar Merangkak Naik, Sudah Bullish?

Published

on

Ilustrasi Tokocrypto Market Signal 20 April 2022.

Aset kripto Bitcoin dan altcoin utama lainnya diperdagangkan stabil pada hari Rabu (20/4). Secara keseluruhan market tampaknya mulai merangkak naik dan menuju zona hijau selama pekan ketiga bulan April ini.

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono, menjelaskan secara umum, kinerja aset kripto yang mulai cerah pada pekan ini disebabkan oleh aksi borong trader di market, seiring niatan mereka untuk melakukan price actions. Aktivitas trader di pasar kripto juga sangat tergantung dengan sentimen kabar mengenai suku bunga acuan AS.

“Pelaku pasar yang jenuh dengan kondisi market kripto yang sideways ini dimanfaatkan oleh trader untuk inisiatif mengambil strategi melakukan price actions dengan menimbun aset kripto. Trading price action adalah salah satu metode terpopuler dan sering digunakan trader, karena mudah dan akurat dalam memprediksi pergerakan harga pasar,” kata Afid.

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono.
Trader Tokocrypto, Afid Sugiono.

Afid menambahkan market secara keseluruhan masih akan mengalami penurunan yang signifikan yang dimulai sejak awal April. Bitcoin masih menjadi patok untuk pergerakan koin lainnya. Saat ini BTC, sedang mencoba untuk pullback setelah harga mengalami titik jenuh. 

“Pada pekan ini, harga BTC masih tertahan di area support kuatnya, yaitu kisaran $ 39.000-$ 40.000. Kalo area ini mengalami breakdown skenario terburuknya harga BTC bisa terus anjlok menyentuh ke $ 38.000-$ 37.000. Sementara, skenario bullish BTC harus bisa menembus resistensi harga di $ 43.000-$ 44.000,” jelas Afid.

Menurut laporan Be[In]Crypto Research, minat investor pada Bitcoin (BTC) mengalami penurunan tajam pada kuartal pertama tahun 2022. Volume perdagangan BTC pada kuartal pertama tahun 2022 masih di bawah dua setengah kali kuartal pertama tahun 2021. 

Baca juga: Tahilalats Rilis Koleksi NFT Mindblowon Universe, Apa Keunikannya?

Tren bearish di pasar crypto secara keseluruhan menyebabkan penurunan volume perdagangan harian dan terutama dapat dikaitkan dengan penurunan minat investor terhadap Bitcoin. 

Advertisement

Saat ini, kapitalisasi pasar kripto global diperdagangkan lebih tinggi pada angka $ 1,89 triliun, melonjak sekitar 2 persen dalam 24 jam terakhir. Total volume perdagangan aset kripto meningkat sekitar 60 persen menjadi $ 96,13 miliar.

Di sisi lain, Afid memberikan rincian sejumlah aset kripto yang berpotensi bullish dan bearish di pekan ketiga bulan April ini. Simak selengkapnya di Tokocrypto Market Signal.

Daftar 5 Aset Kripto Bullish

1. Kava (KAVA)

Ilustrasi analisis teknikal Kava (KAVA).

Kava adalah platform DeFi yang memungkinkan pengguna untuk pinjam-meminjam aset kripto mereka tanpa melibatkan lembaga keuangan dan perantara lainnya. KAVA sebagai token utilitas dan native token governance yang diciptakan oleh ekosistem DeFi Kava, yang terkenal dengan kapasitas pinjamannya. 

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono, mengatakan harga KAVA bisa bullish akibat peluncuran Kava Foundation yang dipercepat ke akhir April dan bersamaan dengan itu akan ada Mint Token Launch.

“Kava Network meluncurkan Kava Foundation yang kemungkinan besar terjadi pada tanggal 30 April mendatang. Bersamaan dengan itu akan ada Mint Token Launch yang dinantikan pada holders KAVA. Kabar ini membuat pergerakan KAVA naik pada pekan ini dan para investor sudah bersiap untuk masuk menaikan harga KAVA,” kata Afid.

Peringkat KAVA di CoinMarketCap pada Rabu (20/4) pukul 10.00 WIB adalah #96, dengan kapitalisasi pasar $ 771.386.381. Pasokan yang beredar 176.497.770 koin KAVA dan maksimal pasokan tidak tersedia.

2. Terra (LUNA)

Ilustrasi analisis teknikal Terra (LUNA).

Terra adalah sebuah blockchain yang dibangun dengan tujuan menciptakan ekosistem pembayaran digital yang terdesentralisasi menggunakan aset kripto stablecoin, LUNA. 

Menurut Afid, LUNA mendapatkan sentimen positif dari pemberitaan bahwa koin kripto tersebut sekarang menjadi stablecoin terbesar ketiga berdasarkan kapitalisasi pasar. LUNA baru-baru ini mengalahkan BUSD untuk mengeklaim tempat di tiga besar.

Stablecoin Terra telah bergerak dalam tren naik sejak November 2021. LUNA kini juga telah menjadi stablecoin terbesar ketiga kripto pada hari Senin (18/4) setelah pemompaan besar-besaran selama 6 bulan lalu. Investor senang dengan kabar ini sehingga membuat aksi beli lebih banyak,” jelas Afid.

Advertisement

Peringkat LUNA di CoinMarketCap pada Rabu (20/3) pukul 10.00 WIB adalah #8, dengan kapitalisasi pasar $ 33.227.565.199. Pasokan yang beredar 353.958.856 koin LUNA dan maksimal pasokan tidak tersedia.

3. Reserve Rights (RSR)

Ilustrasi analisis teknikal Reserve Rights (RSR).

Reserve Rights adalah platform stablecoin token ganda yang diluncurkan pada Mei 2019. Pengaturan token ganda Reserve Rights mencakup stablecoin yang dikenal sebagai Reserve stablecoin (RSV). 

Token kedua adalah token Reserve Rights (RSR), yang digunakan untuk menjaga RSV stabil pada target harga $ 1 melalui sistem peluang arbitrase. RSR adalah sebuah token utilitas yang memungkinkan pemegang untuk memberikan hak suara atau voting pada proposal tata kelola.

Afid melihat pergerakan RSR masih akan bullish pada pekan ini. Hal tersebut dampak dari kabar Mainnet Launch yang akan dilaksanakan pada 30 April mendatang.

“RSR masih akan bullish pada pekan ini karena sentimen positif dari Mainnet Launch yang digelar 30 April mendatang tetap terasa efeknya. Para holders RSR sudah tidak sabar untuk dapat keuntungan,” kata Afid.

Peringkat RSR di CoinMarketCap pada Rabu (20/4) pukul 10.00 WIB adalah #259, dengan kapitalisasi pasar $ 206.791.981. Jumlah koin yang beredar 14.801.148.904 koin RSR dan maksimal pasokan 100.000.000.000 koin RSR.

Baca juga: Mengenal Aset Kripto Metal (MTL) dan TokenClub (TCT), Apa Utilitasnya?

4. Mines of Dalarnia (DAR)

Ilustrasi analisis teknikal Mines of Dalarnia (DAR).

Selain RSR, token kripto DAR juga kemungkinan besar akan kembali bullish pada pekan ini. Peningkatan nilai DAR masih berdampak dari kabar peluncuran Mines of Dalarnia Mainnet dan dibukanya penjualan tanah virtual Mines of Dalarnia Land.

“Mines of Dalarnia masih dipengaruhi oleh sentimen positif dari peluncuran Mainnet pada 26 April mendatang. Analisis teknikal melihat akan ada peningkatan 15% dari harga sekarang di kisaran $ 1,2,” ungkap Afid.

Advertisement

Mines of Dalarnia adalah game petualangan dengan konsep play-to-earn dan para pemainnya akan mendapatkan NFT sebagai rewards. Token asli dalam game MoD adalah DAR dan memainkan peran kunci dalam mengelola ekonomi dalam permainan, mendorong pemain dan juga menjaga ekonomi di dunia Dalarnia tumbuh secara berkelanjutan.

Peringkat DAR di CoinMarketCap pada Rabu (20/4) pukul 10.00 WIB adalah #252, dengan kapitalisasi pasar $ 219.234.954. Jumlah koin yang beredar 185.566.667 koin DAR dan maksimal pasokan 800.000.000 koin DAR.

5. Kyber Network Crystal v2 (KNC)

Ilustrasi analisis teknikal Kyber Network Crystal v2 (KNC).

Kyber adalah protokol likuiditas on-chain yang dapat diimplementasikan pada semua blockchain smart contract. Protokol ini memungkinkan pertukaran token yang didesentralisasi dan dapat diintegrasikan ke dalam aplikasi apa pun, dan berjalan dengan mulus antara semua pihak dalam suatu ekosistem.

Token dari Kyber Network ini yaitu KNC akan digunakan sebagai bagian dari transaksi untuk memfasilitasi operasi sistem yang sedang berlangsung pada network. Menurut Afid, KNC akan berpotensi bullish. Faktor utama dalam kenaikan harga KNC yang tajam adalah penguatan pusat perdagangan dan likuiditas, Kyber.

“Jaringan Kyber telah reli selama beberapa bulan terakhir karena memperkuat pusat perdagangan dan likuiditasnya. Proyek ini baru-baru ini mengumumkan integrasi dukungan untuk sepuluh jaringan blockchain yang terpisah. Dari teknik analisisnya, pekan ini KNC rata-rata akan mengalami kenaikan 15%,” tutur Afid.

Peringkat KNC di CoinMarketCap pada Rabu (20/4) pukul 10.00 WIB adalah #97, dengan kapitalisasi pasar $ 758.652.418. Pasokan yang beredar 177.809.350 koin KNC dan maksimal pasokan tidak tersedia.

Daftar 5 Aset Kripto Bearish

1. JasmyCoin (JASMY)

Ilustrasi analisis teknikal JasmyCoin (JASMY).

JasmyCoin adalah token kripto asli dari jaringan Jasmy, platform Internet of Things (IoT) yang bertujuan untuk mengembangkan infrastruktur yang memungkinkan siapa saja menggunakan data dengan aman. Token JASMY dapat digunakan untuk membayar penyimpanan data dan jenis layanan serupa lainnya yang ditawarkan oleh jaringan Jasmy.

JasmyCoin didasarkan pada standar ERC 20. Token juga dapat digunakan oleh sejumlah individu dan bisnis yang tidak ditentukan untuk mentransfer token menggunakan perangkat digital sebagai bukti pertukaran nilai atau pembayaran untuk layanan. Dengan tidak membatasi kegunaannya, token dapat memiliki berbagai tujuan.

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono, menjelaskan JASMY kemungkinan besar akan masuk ke fase bearish pada pekan ini. “JASMY sudah membentuk pola reverse cup and handle. Penurunan terjadi sekitar 28% dengan nilai terendah sampai $0,02.”

Advertisement

Peringkat JASMY di CoinMarketCap pada Rabu (20/4) pukul 10.00 WIB adalah #372, dengan kapitalisasi pasar $ 108.617.783. Pasokan yang beredar 4.754.930.780 koin JASMY dan maksimal pasokan 50.000.000.000 koin JASMY.

Baca juga: 5 Crypto Potensial Pekan Ini: XRP, BNB, EOS, SNP dan OXY

2. Origin Protocol (OGN)

Ilustrasi analisis teknikal Origin Protocol (OGN).

Origin Protocol (OGN) adalah token Ethereum yang mendukung platform Origin, yang bertujuan untuk memperkuat pasar yang terdesentralisasi dan peer-to-peer. OGN dapat digunakan untuk mempertaruhkan, mengatur dan beriklan di platform Origin.

Menurut Afid, OGN bisa tersungkur ke fase bearish pada pekan ini. “Nilai OGN diperkirakan akan turun pada pekan ini. Namun, akan terkoreksi naik sedikit, tapi tetap akan terus anjlok.”

Peringkat OGN di CoinMarketCap pada Rabu (20/4) pukul 10.00 WIB adalah #186, dengan kapitalisasi pasar $ 256.778.472. Pasokan yang beredar 388.570.733 koin OGN dan maksimal pasokan 1.000.000.000 koin OGN.

3. Frax Share (FXS)

Ilustrasi analisis teknikal Frax Share (FXS).

Frax Protocol adalah sistem stablecoin algoritma pecahan pertama di jaringan blockchain. Frax memiliki sifat open-source, mudah digunakan, dan sepenuhnya on-chain yang saat ini diimplementasikan di Ethereum.

Frax Shares (FXS) adalah token tata kelola yang menghasilkan biaya, pendapatan seigniorage, dan nilai agunan berlebih. Token FXS adalah token tata kelola yang menghasilkan semua nilai FRAX baru yang dicetak, biaya, dan agunan berlebih. FXS adalah aset investasi dan tata kelola sementara FRAX adalah token mata uang.

Afid melihat dari analisis teknikal FXS kemungkinan masuk fase bearish pada pekan ini. Terlihat FXS akan mengalami peningkatan sedikit atau koreksi, namun akan terus tersungkur hingga 16%. 

Peringkat FXS di situs CoinMarketCap pada Rabu (20/4) pukul 10.00 WIB adalah #120, dengan kapitalisasi pasar langsung sebesar $ 563.320.876. Ini memiliki pasokan yang beredar dari 16.209.405 koin FXS dan maksimal pasokan tidak tersedia.

Advertisement

4. Astar (ASTR)

Ilustrasi analisis teknikal Astar (ASTR).

Astar Network adalah hub dApp multi-rantai di Polkadot. Platform ini menawarkan kepada pengguna berbagai fitur yang mencakup staking dApps, solusi L2, dan X-VM (Cross Virtual Machine) yang kompatibel dengan Ethereum Virtual Machine (EVM).

ASTR adalah token utilitas dan tata kelola Astar, digunakan untuk kasus penggunaan biaya transaksi, tata kelola, network staking, dApp staking dan implementasi layer-2. ASTR kemungkinan besar masuk ke fase bearish. Afid menerangkan ASTR akan mengalami penurunan sekitar 15%, meski akan terkoreksi dalam waktu singkat.

Peringkat ASTR di situs CoinMarketCap pada Rabu (20/4) pukul 10.00 WIB adalah #218, dengan kapitalisasi pasar langsung sebesar $ 673.152.756. Ini memiliki pasokan yang beredar dari 3.086.033.508 koin ASTR dan maksimal pasokan tidak tersedia.

Baca juga: Inilah 5 Deretan NFT Marketplace Buatan Indonesia!

5. Uniswap (UNI)

Ilustrasi analisis teknikal Uniswap (UNI).

Uniswap adalah perdagang terdesentralisasi (DEX) terbesar yang beroperasi di blockchain Ethereum. Ini memungkinkan pengguna di mana saja di dunia untuk berdagang kripto tanpa perantara. UNI, token tata kelola yang memungkinkan pengguna untuk memberikan suara pada perubahan protokol utama.

Uniswap (UNI) adalah token Ethereum yang mendukung Uniswap, penyedia likuiditas otomatis yang dirancang untuk memudahkan pertukaran token Ethereum (ERC-20). Tidak ada buku pesanan atau fasilitator pusat di Uniswap. Sebagai gantinya, token ditukar melalui kumpulan likuiditas yang ditentukan oleh smart contract.

Afid menjelaskan UNI bisa masuk ke fase bearish pada pekan ini dilihat dari analisis teknikal akan terjadi penurunan hingga 7%. Pergerakan UNI juga sudah membentuk pola reverse cup and handle yang berarti kemungkinan besar akan masuk zona bearish. 

Peringkat UNI di situs CoinMarketCap pada Rabu (20/4) pukul 10.00 WIB adalah #24, dengan kapitalisasi pasar langsung sebesar $ 6.527.235.661. Ini memiliki pasokan yang beredar dari 690.496.925 koin UNI dan maksimal pasokan 1.000.000.000 koin UNI.

Disclaimer:

Konten ini bersifat informatif, bukan ajakan/anjuran membeli dan atau menjual aset kripto. Segala bentuk perdagangan aset kripto ditanggung pelanggan dengan segala risikonya karena merupakan keputusan pribadi. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas segala resiko yang terjadi, baik keuntungan maupun kerugian dari perdagangan aset kripto.

Advertisement

Popular