Connect with us

NFT

Square Enix Rilis NFT Game Final Fantasy VII Edisi Khusus

Published

on

Square Enix rilis NFT game Final Fantasy VII edisi khusus.

Developer game, Square Enix akhirnya masuk ke industri blockchain dan web3 dengan mengumumkan proyek NFT (non-fungible token). Perusahaan telah bekerja sama dengan Enjin untuk membuat NFT untuk koleksi digital untuk game legendaris, Final Fantasy VII edisi khusus ulang tahun ke-25.

Enjin mengatakan akan membuat brand tokenized menggunakan Efinity Network, yang merupakan jaringan blockchain lintas-rantai terdesentralisasi yang dirancang untuk membuat NFT lebih mudah diakses.

Langkah ini tidak mengejutkan, karena Square Enix mengisyaratkan akan melakukan investasi dalam teknologi inovatif seperti blockchain bahkan saat mereka menjual studio game Western.

Developer game Final Fantasy VII, Square Enix.
Developer game Final Fantasy VII, Square Enix.

Baca juga: Yuk, Kenalan dengan Game MMORPG MIR4 yang Berbasis NFT

NFT Kunci Bisnis Masa Depan

Beberapa gamer mungkin akan membenci langkah ini, karena mereka mengaitkan NFT dengan penipuan, pemborosan energi dan skema monetisasi. Tapi, Square Enix telah mengisyaratkan bahwa NFT adalah kunci model bisnis masa depan.

Koleksi digital NFT Final Fantasy VII dapat diakses oleh publik pada tahun 2023. Namun, mulai Kamis (20/7), publik akan dapat memesan di action figure fisik yang dilengkapi dengan kode yang dapat ditukarkan dengan NFT digital. Nantinya, juga akan ada kartu perdagangan fisik yang juga memiliki komponen NFT digital yang tersedia untuk pre-order akhir tahun ini.

Saat ini, tidak ada gambar yang tersedia tentang seperti apa bentuk action figure atau NFT serta berapa harganya. Dalam lingkungan di mana NFT terkait game sering kali mendapat reaksi cepat, namun tidak diketahui apakah NFT FFVII ini akan memiliki nilai atau utilitas lainnya di dunia nyata, selain faktor sentimental.

Ilustrasi NFT Game Final Fantasy VII.
Ilustrasi NFT Game Final Fantasy VII.

Baca juga: Kompas Rilis Koleksi NFT Tampilkan Arsip Halaman Muka Koran

NFT Menuju Netral Karbon

Square Enix menggunakan blockchain Efinity dan toolkit Enjin Open Platform untuk mengintegrasikan, mengelola, dan meluncurkan penawaran koleksi digitalnya dengan mulus. Blockchain Efinity menawarkan kepada penggunanya manfaat efisiensi dan kinerja baik.

Advertisement

Enjin mengatakan teknologi NFT-nya untuk koleksi Square Enix di jaringan blockchain Efinity adalah ramah lingkungan, menggunakan NFT.io dan Enjin Wallet sebagai pasar sekunder non-eksklusif dan solusi wallet untuk pengguna, dan Enjin Beam untuk keunikan dan sistem distribusi NFT kode QR yang dapat diakses.

Jaringan Efinity, blockchain generasi berikutnya untuk NFT yang didukung oleh Enjin untuk menyediakan tujuan alternatif untuk pengembang, investor, dan pengguna blockchain yang sadar lingkungan. Koleksi didukung oleh rangkaian produk lengkap Enjin, yang menurut perusahaan menyediakan solusi ramah lingkungan untuk membangun produk game terdesentralisasi.

Enjin telah menyatakan bahwa mereka berkomitmen untuk NFT netral karbon pada tahun 2030 dan sedang membangun fondasi Efinity di jaringan paling hemat karbon, Polkadot. Sebagai penandatangan Crypto Climate Accord, Enjin berjuang untuk industri aset kripto yang terdekarbonisasi dan berkelanjutan.

Popular