Connect with us

NFT

Cara Posting dan Buat IG Stories NFT di Instagram

Published

on

Meta akhirnya rilis fitur Instagram NFT. Sumber: Meta Platforms, Inc.

Meta akhirnya meluncurkan fitur NFT di platform media sosia mereka, Instagram. Menariknya, Indonesia menjadi salah satu dari 100 negara yang kebagian fitur ini. Jadi bagaimana cara menggunakannya?

Pengguna Instagram di Indonesia harus bangga, karena bisa posting NFT di Feed dan Stories mereka untuk memamerkan koleksi yang dipunya. Instagram mendukung koneksi dengan wallet pihak ketiga termasuk Rainbow, MetaMask, Trust Wallet, Coinbase Wallet dan Dapper Wallet.

Sementara, untuk dukungan blockchain termasuk Ethereum, Polygon dan Flow. Meta mencatat bahwa tidak ada biaya dengan mem-posting atau berbagi NFT di Instagram. Pengguna dapat membagikan NFT di Instagram Feed, Stories, atau DM.

Fitur ini juga bisa sekaligus menjadikan NFT sebagai bentuk stiker Augmented Reality (AR) di Instagram Stories. Kreator dan kolektor NFT juga bisa di-tag secara otomatis sebagai atribusi atas karya NFT mereka.

Meta akhirnya rilis fitur Instagram NFT. Sumber: Meta Platforms, Inc.
Meta akhirnya rilis fitur Instagram NFT. Sumber: Meta Platforms, Inc.

Baca juga: Gucci Jadi Brand Besar Pertama Terima Pembayaran Kripto ApeCoin

Cara Koneksi Wallet NFT di Instagram

Sebelum mem-posting NFT di Instagram, pengguna harus tahu beberapa hal, seperti pengguna harus berpindah dari Akun Personal ke Akun Kreator.

Langkah yang harus dilakukan adalah hubungkan digital wallet, seperti Metamask atau Trust Wallet ke Instagram. Lalu, pengguna harus switch ke Akun Kreator, akun personal tidak ada akses fitur NFT.

Pengguna bisa mengkoneksikan satu atau beberapa digital wallet ke akun Instagram untuk berbagi koleksi NFT. Setiap wallet hanya dapat dihubungkan ke satu akun Instagram.

Advertisement
  • Masuk ke akun Instagram.
  • Klik foto profil di kanan atas, lalu klik “Settings.”
  • Klik “Digital Collectibles” di menu sebelah kiri.
  • Klik digital wallet yang ingin dihubungkan, lalu klik “Continue.”
  • Akan muncul notifikasi dan mungkin meminta password. Jika diminta, ikuti petunjuk di layar untuk aplikasi wallet yang pengguna instal.
  • Notifikasi kedua akan terbuka di layar. Klik “Sign” lalu pilih “Ok” untuk mengonfirmasi terkoneksi dengan digital wallet.
Meta akhirnya rilis fitur Instagram NFT. Sumber: Meta Platforms, Inc.
Meta akhirnya rilis fitur Instagram NFT. Sumber: Meta Platforms, Inc.

Baca juga: RansVerse dan Kaabaverse Berkolaborasi Hadirkan Simulasi Umrah & Haji di Metaverse

Cara Posting Gambar NFT di Instagram

Untuk mem-posting koleksi NFT pengguna Instagram bisa melakukannya dengan mudah. Jika sudah terkoneksi dengan digital wallet yang memiliki koleksi NFT, bisa ikuti langkah di bawah ini.

  • Masuk ke akun Instagram.
  • Tap bagian atas layar, lalu pilih “Post.”
  • Tap di atas library smartphone.
  • Tap digital wallet yang telah terhubung, pilih koleksi NFT yang ingin di-posting.
  • Pada layar “Digital Collectibles”, tap “Share to Feed” atau “Share to Stories.”
  • Tambahkan deskripsi, lalu tap “Share.”

Perlu diketahui saat ini fitur NFT di Instagram sedang dirilis secara bertahap, sehingga belum semua pengguna di Indonesia bisa langsung menggunakannya. Selamat membagikan karya-karya NFT kamu!

Popular