Connect with us

Crypto

Elon Musk ingin Beli Manchester United, Nilai Token MUFC Palsu Melonjak

Published

on

Nilai token Manchester United palsu melonjak akibat tweet Elon Musk. Foto: Jim Watson/AFP via Getty Images.

Orang terkaya di dunia, Elon Musk lagi-lagi bikin heboh. Dia melontarkan pernyataan sedang membeli klub sepak bola asal Inggris, Manchester United (MU). Menariknya, ungkapan itu membuat token kripto MUFC meroket, padahal itu palsu.

Dilaporkan Cointelegraph. Fan Token Manchester United (MUFC) adalah kripto palsu dan tidak terkait dengan klub sepak bola arahan pelatih Erik ten Hag itu, tetapi satu tweet Elon Musk sudah cukup untuk menghidupkannya kembali dan melonjak harganya.

Nilai Token MUFC Tinggi Akibat Tweet Elon Musk

MUFC bukan token kripto resmi Manchester United. Itu buat oleh tim programmer yang mengaku sebagai penggemar berat Manchester United dan membuat token MUFC pada Agustus 2021. Mereka mengeklaim MUFC sebagai Fan Token, bahwa para pemegangnya akan memberikan pengaruh pada keputusan klub sepak bola.

CEO Tesla, Elon Musk. Foto: Getty Images.
CEO Tesla, Elon Musk. Foto: Getty Images.

Baca juga: Tokocrypto Market Signal 17 Agustus 2022: Kripto Gerak Perkasa di HUT RI ke-77

Tim kemudian melakukan putaran “airdrop” 10.000.000.000 MUFC pada November 2021, berjanji untuk memberikan 10.000 MUFC kepada pengguna yang mengikuti akun media sosial resminya. Prospek mendapatkan token MUFC gratis membantu harga naik hingga US$ 1.

Tetapi proyek tersebut ternyata adalah jebakan penipuan, yang pada akhirnya membuat MUFC turun 100% setelah November silam. MUFC dianggap punah sampai sebuah tweet dari Elon Musk pada 17 Agustus menghidupkannya kembali dari ‘kuburannya.’

Token Manchester United Palsu Melonjak 3.000%

Meski, tweet CEO Tesla itu ada lelucon lama, tapi banyak berpengaruh. Pesan tersebut mengirim aset keuangan yang terkait dengan Manchester United melonjak, termasuk sahamnya MANU, yang naik 1,97% dalam pre-market trading, dan Tezos (XTZ), blockchain resmi dan mitra klub, yang market cap-nya melonjak sebesar $ 138,85 juta.

Bahkan, token kripto resmi Manchester City (CITY) melonjak hampir 14% mencapai US$ 7 per keping setelah tweet Musk, meskipun Manchester City adalah klub sepak bola yang berbeda dan rival abadi Manchester United.

Advertisement
Ilustrasi Fan Token MUFC yang palsu.
Ilustrasi Fan Token MUFC yang palsu.

Baca juga: Apa Itu Burning Coin dan Apa Tujuannya?

Di sisi lain, token MUFC melonjak lebih dari 3.000% setelah tweet Musk tentang membeli Manchester United, menurut data yang diambil oleh CoinPaprika.com. Namun, reli MUFC tampaknya merupakan manipulasi harga karena likuiditas dan volume yang sangat buruk.

Pergerakan Likuiditas MUFC

Khususnya, dalam 24 jam terakhir, MUFC hanya melakukan perdagangan terhadap dua aset kripto: WBNB dan USDT. Sementara, likuiditas untuk pasangan WBNB/MUFC hanya US$ 106,84, itu bahkan lebih rendah untuk pasangan USDT/MUFC di sekitar US$ 10, menurut data dari PancakeSwap, pertukaran terdesentralisasi.

Sementara itu, volume bersih yang mendukung reli 3.000% MUFC adalah sekitar US$ 39.000 dalam 24 jam terakhir, menunjukkan lebih sedikit trader di belakang pergerakan naik utama.

Dengan demikian, sejumlah kecil spekulan kemungkinan menggunakan likuiditas MUFC yang buruk untuk memompa token secara artifisial. Jumlah pedagang yang membeli narasi terbalik palsu masih belum jelas, tetapi mengingat bahwa MUFC telah turun 50% dari puncak lokalnya, prospek bahwa tarifnya akan kembali ke nol.

Popular